4 Restoran Chef Terkenal Indonesia yang Siap Bikin Lidah Terpesona

Memasak ternyata tidak sekadar mengolah bahan mentah menjadi matang siap santap. Memasak juga memiliki seni dan keterampilan tertentu yang menunjang cita rasa masakan yang dibuat. Kita bisa melihat dalam acara kompetisi memasak Master Chef Indonesia di layar televisi, bagaimana para chef terkenal Indonesia unjuk kebolehannya dalam meracik makanan. Baik makanan yang dihasilkan maupun teknik memasaknya, membuat kita terkagum-kagum dan ngiler. Jika penasaran ingin mencoba hasil karya para chef terkenal Indonesia, cobalah untuk mengunjungi restoran yang mereka kelola. Berikut beberapa di antaranya.

1. Jack Rabbit Jakarta oleh Chef Juna

Interior restoran Jack Rabbit
Interior restoran Jack Rabbit. Sumber foto: http://www.asia-bars.com

Vietnamese-style sandwich
Vietnamese-style sandwich. Sumber foto: http://www.jakarta100bars.com

Variasi menu di Jack Rabbit
Variasi menu di Jack Rabbit. Sumber foto: http://urbanouteaters.com

Chef Juna termasuk chef terkenal Indonesia yang digandrungi karena tidak hanya jago masak, tapi juga ganteng. Ia mendirikan restoran Jack Rabbit pada akhir tahun 2010. Pengunjungnya banyak yang dari kalangan ekspatriat. Chef Juna memang jago membuat hidangan dari berbagai negara.

Ada menu apa saja di sini? Varian menunya sangat banyak. Mulai dari hidangan pembuka, utama, hingga penutup. Ada yang khas Nusantara, juga mancanegara. Yang unik antara lain adalah Nachos Grande khas Meksiko, keripik yang ditimpa daging cincang, keju parut, jalapeno, paprika, tomat, dan sour cream. Ada Gruyere Truffle Fries, kentang goreng bumbu keju Italia. Ada Lamb Fettucine, Short Ribs, Seared Duck Breast, Fried Calamari Spaghetti Vodka, Mocktails Apple Honey Smoothies, Bailey’s and Kahlua Tiramisu, dan masih banyak lagi.

Alamat Jack Rabbit:
Jalan HR Rasuna Said X 5 no 13, Jakarta.
Telepon 021 – 2902 1357.
Buka setiap Senin – Minggu pukul 11.00 – 01.00. Khusus Rabu – Sabtu tutup pukul 02.00.

2. Mars Kitchen oleh Chef Marinka

Mars Kitchen - Fatmawati
Mars Kitchen – Fatmawati. Sumber foto: https://www.foody.id

Tempatnya cozy banget
Tempatnya cozy banget. Sumber foto: http://nisaquin.blogspot.co.id

Healthy Chicken dan Vegetarian Curry
Healthy Chicken dan Vegetarian Curry. Sumber foto: http://nisaquin.blogspot.co.id

Cold Pressed Juices
Cold Pressed Juices. Sumber foto: http://nisaquin.blogspot.co.id

Penggemar Master Chef Indonesia tentu sangat familiar dengan Chef Marinka. Wanita cantik yang menjadi juri dalam acara tersebut mengedepankan faktor kesehatan dalam setiap masakannya. Ia senang mengedukasi dalam setiap kesempatan tentang pentingnya healty food. Keseriusannya dibuktikan dengan membuka restoran Mars Kitchen di Jakarta. Restoran ini merupakan pembuktian kepada masyarakat luas bahwa makanan sehat juga bisa selezat masakan biasa.

Nama Mars Kitchen merupakan singkatan dari Marinka’s Kitchen. Restoran ini telah beroperasi sejak awal tahun 2015 silam. Konsep yang diusungnya adalah healthy food. Semua makanan yang tersedia di resto ini terbuat dari bahan-bahan organik dan bebas gluten. Siapa saja bisa makan di restoran ini, termasuk penyandang autis. Jangan khawatir memesan makanan yang tampak seperti junk food, karena sesungguhnya inilah healthy food.

Ada apa saja di Mars Kitchen? Pilihannya sangat banyak dan semuanya adalah makanan sehat dari bahan organik. Namun yang paling disukai antara lain Organic Chicken Burger, Sweet Potato Fries, Chicken Curry, dan Red Velvet Cupcakes. Kue-kue di sini meskipun rasanya manis dan berwarna warni, tapi tidak mengandung pewarna dan pemanis buatan.

Alamat Mars Kitchen :
Jalan RS Fatmawati no 14B, Fatmawati, Jakarta.
Telepon 0813 1166 5788.

3. Cafe Degan oleh Chef Degan  Septoadji Suprijadi

Interior Cafe Degan
Interior Cafe Degan. Sumber foto: http://baligo.co

Cafe Degan Crispy Duck
Cafe Degan Crispy Duck. Sumber foto: http://idreamofbali.com

Daging Sambal Hijau
Daging Sambal Hijau. Sumber foto: http://baligo.co

Es Teh Khas Jawa
Es Teh Khas Jawa. Sumber foto: http://baligo.co

Cafe Degan menyediakan hidangan khas Indonesia dan Thailand. Interiornya dibuat bernuansa Jawa yang nyaman dan asri dengan dominasi ornamen kayu. Bentuk atapnya khas rumah joglo dengan lampu-lampu hias khas Jawa. Cafe milik chef terkenal Indonesia Degan Septoadji Suprijadi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Ini menandakan bahwa hidangan Chef Degan bisa diterima oleh lidah dan perut orang bule sekalipun.

Ada menu apa saja di sini? Pilihannya sangat banyak. Untuk makanan utama ada yang tradisional Indonesia, Thailand, dan perpaduan keduanya. Menu Nusantara yang menjadi andalan dan laris dipesan pengunjung antara lain bebek tumis cabai, ikan panggang kemangi, daging sambal hijau, sate kambing, ikan asam pedas, daging sapi sambal matah khas Bali, dan masih banyak lagi. Sedangkan menu khas Thailand antara lain gaeng kiaw wan gai (ayam bumbu kari hijau), gai phat met mamuang himmapaon (ayam goreng tepung bumbu mete, bombay, paprika, jamur, dan cabai).

Alamat Cafe Degan:
Jalan Petitenget no 9, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali.
Telepon 0813 3728 1281.

4. Pipe and Barrel oleh Chef Ken

Area depan pintu Pipe & Barrel
Area depan pintu Pipe & Barrel. Sumber foto: http://www.iborntobite.com

Lokasi outdoor
Lokasi outdoor. Sumber foto: https://thebiggerchef.wordpress.com

Menu Pipe and Barrel
Menu Pipe and Barrel. Sumber foto: https://www.tripadvisor.co.id

Salah satu menu di Pipe & Barrel
Salah satu menu di Pipe & Barrel. Sumber foto: http://www.iborntobite.com

Spicy Tuna Spaghetti and The Signature Bubble Gum Cotton Candy
Spicy Tuna Spaghetti and The Signature Bubble Gum Cotton Candy. https://thebiggerchef.wordpress.com

Chef Ken mudah dikenal karena penampilan kepalanya yang botak plontos, namun memelihara kumis dan janggut. Ia mendirikan restoran Pipe and Barrel pada November 2014. Restoran ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada akhir pekan. Mayoritas pengunjung adalah kawula muda karena konsep resto ini sendiri memang menyasar kalangan muda.

Interior resto ini berkonsep ala Amerika tahun 1970an. Sesuai namanya, kursi dan mejanya ada yang berbentuk barel atau tong kayu yang biasa digunakan untuk minumana anggur di Amerika. Dinding luar dihiasi graviti bertema street style khas Amerika. Tempatnya instagramable dan sangat nyaman untuk berlama-lama kumpul bersama kawan.

Ada menu apa saja di sini? Ini yang bisa membuat kamu penasaran. Menu di sini tidak tetap. Chef Ken selalu berinovasi menyediakan menu-menu baru. Sehingga jika kamu datang dan memesan menu tertentu, kamu mungkin tidak akan menemukan lagi menu itu pada kunjungan berikutnya. Ya, daftar menu di sini selalu berkembang dan berganti.

Pipe and Barrel menyediakan pilihan paket nasi, salad, burger, sandwich, dan aneka makanan ringan. Menu yang paling sering dipesan pengunjung di resto ini antara lain adalah Salmon Pesto Fettuccine, Grandmas’s Creamy Fetuccine, Spicy Tuna Spaghetti, Thai Beef Salad, Sriraca Chicken Burger, Madras Curry Rice, dan masih banyak lagi. Untuk hidangan ringan ada Blueberry Cheese Cake, Bubble Gum Candy Cutton, dan Panna Cotta aneka rasa.

Alamat Pipe and Barrel:
Jalan Polisi Istimewa no 22, Surabaya.
Telepon 031 – 5683275.
Buka pada hari Senin – Minggu, pukul 10.00 – 23.00. Khusus malam Minggu tutup pukul 01.00.