Crab Paradise, Restoran Seafood Rasa Thailand Asli

Kata siapa makan seafood harus mahal? Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menulis tentang seafood yang murah-meriah di Jakarta.  Murah-meriah juga tak berarti harus bersantap di kaki lima. Kemarin, saya menemukan restoran seafood yang harganya terjangkau, bahkan bisa dibilang cukup murah untuk harga santap di restoran seafood. Restoran yang saya ceritakan ini adalah restoran Crab Paradise. Dari namanya, sudah ketahuan banget kalau menu spesial mereka adalah kepiting. Oh ya, Crab Paradise ini berbeda dengan restoran seafood lainnya karena mereka menyajikan Thai Seafood. Hmmm, saya doyan banget nih makanan thailand!

(Baca juga: Murah Meriah 7 Kuliner Kaki Lima Seafood di Jakarta )

Crab Paradise
Crab Paradise

Crab Paradise ini menempati sebuah bangunan ruko di daerah Greenville yang sudah terkenal sebagai salah satu pusat kuliner di daerah Jakarta Barat. Lokasi tepatnya adalah di Green Ville Blok BK No. 1, Jalan Raya Ratu Kemuning, Jakarta Barat. Begitu kita melangkah masuk ke dalam restoran, kita akan disambut dengan akuarium-akuarium berukuran besar tempat mereka “memelihara” kepiting, ikan, dan juga udang. Citarasa Thailand pun kental terasa pada ornamen-ornamen yang menghiasi restoran. Sebuah patung Thailand tampak terpajang di samping patung sebuah sebuah kepiting raksasa. Persis di belakang patung tersebut, ada sebuah meja yang menyajikan salad mangga khas Thailand. Asoy! Di sudut ruangan juga tampak etalase yang menjual beberapa produk asli thailand, seperti minuman kemasan, snack, dan juga sabun mandi.

Ada 4 paket Family yang bisa kita pilih
Ada 4 paket Family yang bisa kita pilih

Salah satu saran saya: datanglah ke Crab Paradise ini bersama keluarga. Mengapa? Karena Crab Paradise ini menyediakan menu paket untuk berempat. Harga per paketnya Rp 250.000,00 net. Kalau dihitung-hitung, berarti satu orang hanya bayar Rp 62.500,00. Harga ini sudah termasuk empat porsi nasi putih, empat macam masakan, dan minuman. (Bayangkan: kalau lagi ngafe, duit Rp 60.000,00 itu cuma dapat satu macam main course). Kemarin, karena saya banyakan bersama keluarga, kami memilih paket Family A dan Family B (lihat gambar). Jadi, ada menu Lumpia Thai, Tom Yum Seafood, ikan gurame asam manis, cumi saus telur asin, ayam pandan, dan cah kangkung. Yuk simak ulasan rasanya! 🙂

Lumpia Thai
Lumpia Thai

Lumpia Thai ini digoreng crispy dan disajikan dengan saus thailand yang rasanya manis asam pedas. Isiannya adalah sayur-sayuran, soun, dan daging ayam suwir. Benar-benar jadi makanan pembuka yang menggugah selera. Untuk hal citarasa, Crab Paradise ini mengklaim bahwa mereka menyajikan rasa makanan Thailand yang autentik. Saya percaya karena makanan thailand di Crab Paradise ini di-manage oleh Iron Chef Chumpol Jangprai. Beliau dikenal sebagai “The Best New Generation IRON CHEF in Thai Cooking”.

Gurame Asam Manis
Gurame Asam Manis

Berikutnya yang saya santap adalah ikan gurame asam manis. Saya doyan banget dengan citarasa manis asam pedasnya. Kerasa banget khas Thailand. Tekstur ikan guramenya tidak terlalu berminyak dan dagingnya pun tidak berbau amis. Ukuran ikannya juga besar – cukup besar untuk disantap berempat.

Cumi Telur Asin
Cumi Telur Asin

Buat yang doyan masakan dengan saus telur asin, berarti Anda harus mencoba cumi telur asin dari Crab Paradise ini. Cuminya dipotong ukuran kecil dan digoreng crispy hingga terasa kriuk-kriuk dan saus telur asinnya juga terasa legit dan gurih. Rasa-rasanya, Cumi Telur Asin ini juga mantap untuk dijadikan cemilan. Saat nasi di piring sudah habis, saya masih tidak bisa berhenti nyomot cumi telur asin ini.

Ayam Pandan
Ayam Pandan

Tapi, menu juara favorit saya di Crab Paradise adalah Ayam Pandan. Saya doyan banget dengan ayamnya yang empuk, gemuk dan terasa manis gurih. Apalagi ditambah dengan cocolan sausnya. Bungkus pandannya pun gampang banget dibukanya. Karena tekstur daun pandannya sudah digoreng hingga kering, Anda bisa menyobek bungkusannya dengan sendok. Anyway, ini point penting buat saya karena saya ini tipikal orang yang kurang suka kalau tangannya jadi kotor saat bersantap. Lol.

Tom Yum Seafood (source gambar: crabparadise.com)
Tom Yum Seafood (source gambar: crabparadise.com)

Tom Yum Seafood dari Crab Paradise ini memiliki citarasa yang tidak terlalu pedas. Citarasanya lebih dominan masam dibandingkan pedas. Pas banget dengan selera saya. Bukan berarti bahwa rasa Tom Yum Seafood ini tidak autentik lho, ya! Berdasarkan pengalaman saya saat berlibur ke Thailand, sebenarnya tidak ada standar baku tentang level pedas dan masam dari semangkok tom yum. Saya menemukan tom yum yang rasanya sangat pedas, tapi ada pula yang rasanya tidak terlalu pedas. Itu semua tergantung tangan kokinya. Tapi, saya doyan dengan Tom Yum Seafood-nya Crab Paradise. Rempah-rempahnya pun kerasa banget.

Tiga macam saus dari Crab Paradise ini juga perlu banget untuk dicoba. Tiga macam saus ini antara lain adalah saus manis, saus bangkok, dan saus mint. Saya paling doyan dengan saus mint-nya yang berwarna hijau. Rasanya yang pedas masam mengingatkan saya pada saus chutney yang biasa kita temukan di restoran india.

Thai Tea
Thai Tea

Habis makan yang asin-asin dan pedas-pedas, biasanya kita jadi pengen yang manis-manis. Jadilah saya memutuskan untuk memesan Thai Tea. Karena minuman yang disediakan di paket adalah es teh tawar. Thai Tea-nya enak. Layak untuk dicoba.

Theater Room for Kids
Theater Room for Kids

Overall, Crab Paradise ini adalah tempat bersantap yang pas banget untuk mereka yang doyan seafood, doyan thai food, dan untuk mereka yang ingin bersantap ramai-ramai baik bersama keluarga ataupun teman-teman. Tempatnya yang luas juga cocok banget untuk mengadakan berbagai event, mulai dari acara ulang tahunan, acara lamaran nikah, dan juga meeting. Crab Paradise ini menyediakan fasilitas function room, VIP Room, dan juga Mini Theater Room. Mini Theater Room ini khusus untuk anak-anak. Anak-anak bisa menonton film khusus anak-anak di Mini Theater Room tersebut. Jadi, para emak-bapak pun bisa lebih anteng bersantap sembari ngobrol-ngobrol.