7 Tempat Wisata Untuk Liburan Keluarga di Bali

Banyak sekali tempat wisata di Bali yang menarik untuk dikunjungi. Namun, ketika liburan keluarga ke Bali bersama keluarga dan membawa anak-anak, merencanakan tempat yang akan dikunjungi terkadang membingungkan. Tidak semua tempat wisata cocok dan untuk anak-anak, apalagi bila anak Anda mudah bosan dan moody. Untungnya, seiring dengan perkembangan pariwisata Bali yang pesat, objek wisata untuk liburan keluarga di Bali kini semakin banyak pilihan. Beberapa diantaranya adalah 7 tempat wisata berikut ini:

1. Bali Bird Park & Reptile Park

liburan keluarga di bali
Sumber foto: www.bali-bird-park.com

Kalau liburan bersama keluarga ke Bali, tentunya Bali Bird Park & Reptile Park harus masuk daftar tempat yang akan Anda kunjungi. Tak hanya sekedar rekreasi, anak-anak juga mendapat manfaat edukasi. Di tempat liburan keluarga di Bali yang luasnya 2 hektar ini, Anda dan keluarga bisa melihat lebih dari 1000 burung dari 25 spesies dari berbagai penjuru dunia. Areanya pun dibuat seperti habitat asli burung tersebut. Beberapa burung yang ada di taman ini antara lain kasuari, cendrawasih, kakatua, bangau, pelikan Australia, dan jalak Bali.

liburan keluarga di bali
Bali Bird Park (sumber foto: expedia.com.au)

Setiap harinya, di taman burung ini diadakan berbagai pertunjukan seru, seperti:

  • PAPUA RAINFOREST FEEDING, pukul 09.30 – 17.30 (WITA)
  • LORY FEEDING, pukul 09.45 & 12.45 (WITA)
  • PELICAN FEEDING, pukul 10.00 & 13.15 (WITA)
  • BASIC INSTICT (Bird of Prey Show), pukul 11.30 & 15.00 (WITA)
  • MEET THE BIRD STARS at Bali Starling Restaurant, pukul 12.00, 13.30, & 16.30 (WITA)
  • BALI RAINFOREST Free Flight Show, pukul 10.30 & 16.30 (WITA)
  • GUYU-GUYU CORNER (Hands on Birds), pukul 09.00 & 17.30 (WITA)
  • 4D CINEMA, pukul 10.00, 11.00, 12.00, 12.30, 13.00, 13.00, 14.00, 14.30, 15.30, 16.30, & 17.00 (WITA)
  • THE KOMODO EXPERIENCE, setiap Selasa pukul 11.00 WITA & Jumat pukul 14.30 WITA

Tak hanya burung, Bali Bird Park & Reptile Park juga memiliki koleksi reptil yang jumlahnya paling banyak se-Asia Tenggara. Koleksi yang akan membuat Anda terkagum antara lain ular piton yang panjangnya 8 meter dan komodo dragon yang hanya ada di Indonesia. Tertarik mengunjungi Bali Bird Park & Reptile Park? Anda bisa datang langsung ke Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Kabupaten Gianyar.

2. Bali Zoo

liburan keluarga di bali
Sumber foto: masbalitour.com

Dibuka sejak tahun 2002, Bali Zoo atau Kebun Binatang Bali telah menjadi rumah lebih dari 350 spesies hewan yang terdiri dari mamalia, unggas, dan reptil, yang beberapa diantaranya merupakan hewan langka. Area kebun binatang pun dibuat menyerupai habitat asli hewan-hewan tersebut. Banyak juga aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Tak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa.

liburan keluarga di bali
Petting zoo (sumber foto: bali-zoo.com)

Bali Zoo juga menyediakan wahana khusus anak-anak, yaitu Miniapolis Jungle Waterplay, Petting Zoo, dan Pony Ride. Wahana lainnya juga tak kalah menyenangkan, antara lain safari dengan gajah, berjelajah dengan Bali Zoo Shuttle Bus, hingga bermalam di Bali Zoo. Serunya lagi, di sini juga terdapat restoran unik, yaitu Elephant View Restaurant, yang lokasinya di tengah-tengah kawasan kebun binatang. Lokasi Bali Zoo berada di Desa Singapadu, Kab. Gianyar, tak jauh dari Bali Bird Park & Reptile Park.

3. Bali Safari & Marine Park

liburan keluarga di bali
Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park didirikan oleh Taman Safari Indonesia dengan menempati lahan seluas 40 hektar di Kab. Gianyar, tepatnya di Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra Km. 19,8. Tempat ini merumahi lebih dari 60 spesies hewan, yang kebanyakan berasal dari Indonesia, India, dan Afrika. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di tempat ini. Anda bisa bersafari dengan bus atau gajah, melihat elephant show, bermain dengan bayi orangutan, melihat anak hiu di akuarium, melihat pertunjukan komodo, dan bahkan melihat beruang Himalaya. Selain itu, Bali Safari & Marine Park memiliki Ranthambore yang merupakan replika benteng kuno di kota Rajasthan (India) lengkap dengan harimau putih yang menjadi binatang khasnya, dan ada juga Kampung Gajah.

liburan keluarga di bali
Mara River Safari Lodge (sumber foto: indonesia.tripcanvas.co)

Di area Waterpark & Funzone, terdapat berbagai wahana seru untuk segala usia, seperti naik perahu layar mengitari hutan, Clumbing Car, dan Go Go Bouncer. Jika ingin bermalam, pengunjung juga dapat menginap di Mara River Safari Lodge. Penginapan ini menawarkan pemandangan yang benar-benar beda karena atmosfirnya seperti safana Afrika lengkap dengan hewan-hewan khasnya. Tentunya, ini memberikan pengalaman liburan keluarga yang menyenangkan, berkesan, serta penuh wawasan.

4. Waterbom Bali

liburan keluarga di bali
Waterbom Bali (sumber foto: baligo.co)

Pilihan destinasi liburan keluarga di Bali selanjutnya adalah Waterbom Bali, yang terletak di Jl. Kartika, Tuban, Kuta. Anak-anak pasti akan senang di bawa ke tempat ini, karena wahananya banyak. Apalagi cuaca Bali yang gerah, pastinya enak main sambil ngadem di sini. Di waterpark paling TOP di Asia ini, terdapat aneka wahana air mulai dari wahana ramah anak-anak seperti Funtastic (kolam renang dengan wahana khusus anak-anak), Lazy River, Flow Rider Double, hingga wahana ekstrim yang menantang adrenalin, seperti berseluncur di "Climax" dari ketinggian 16 meter atau berseluncur di pipa memutar "Pipeline" dengan ketinggian 20 meter.

liburan keluarga di bali
Flow Rider Double (sumber foto: bali-indonesia.com)

Tak hanya main air, di Waterbom Bali juga terdapat fasilitas untuk para ibu-ibu memanjakan diri. Ada tempat refleksi, fish spa therapy, dan nail treatment. Soal isi perut, Anda pun akan dimanjakan berbagai hidangan dari Wantilan Food Court, Bali Banana Café, Thaitalian, The Shack, dan Pool Bar.

5. The Pirates Bay

liburan keluarga di bali
The Pirates Bay (sumber foto: bali-indonesia.com)

Unik, anti mainstream dan instagrammable… Itulah kata-kata yang cocok untuk The Pirates Bay, yang merupakan kafe dan restoran bertemakan bajak laut pertama di Indonesia. Berlokasi di pinggiran pantai Nusa Dua, di resto ini terdapat kapal kayu ala bajak laut yang terdampar lengkap dengan pernak-pernik khasnya. Tempat makannya ada yang berupa rumah pohon, tenda dan meja/kursi kayu. Soal makanan, The Pirates Bay menyediakan aneka menu Asia dan Western, yang kebanyakan berbahan dasar seafood.

liburan keluarga di bali
The Pirates Bay (sumber foto: bali-indonesia.com)

Tentunya sangat asyik bersantai bersama keluarga sambil bersantap dan menikmati keindahan pantai. Apalagi tak hanya sekedar bersantap, banyak hal menarik lain yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari sewa kostum bajak laut untuk berfoto ria, belajar memasak, camping,, dan aktivitas outbound untuk anak-anak, seperti flying fox dan rope walk.

6. Bali Treetop Adventure Park

liburan keluarga di bali
Bali Treetop (sumber foto: balilives.com)

Untuk membangun quality time bersama anak-anak, Anda juga bisa mengikuti aktivitas petualangan ala Bali Treetop Adventure Park. Yup, sesuai namanya, di sini Anda akan diajak untuk berpetulangan di atas pohon. Di sini tersedia 7 Adventure Circuit dengan ketinggian mulai dari 2 meter sampai 20 meter, yang menyambung dari satu pohon ke pohon lainnya.

liburan keluarga di bali
Bali Treetop (sumber foto: balitravelvoucher.com)

Selain itu, terdapat juga 72 rintangan, seperti Spider Nets, Flying-Fox, Suspended Bridges, Tarzan Jumps, Flying Swings dan rintangan lainnya. Aktivitas petualangan di Bali Treetop Adventure Park bisa diikuti oleh anak yang telah berusia lebih dari 4 tahun. Tenang saja, aktivitas di sini aman kok karena setiap peserta akan diberi tali pengaman. Permainannya pun disesuaikan dengan umur dan berat anak. Bali Treetop Adventure Park ini berlokasi di Kebun Raya Bedugul, Kab. Tabanan.

7. Pulau Penyu, Tanjung Benoa

liburan keluarga di Bali
Glass bottom boat – Tanjung Benoa (sumber foto: plesiryuk.com)

Pulau Penyu juga rasanya sayang untuk dilewatkan jika Anda berlibur bersama anak-anak di Bali. Dengan menaiki glass bottom boat (kapal yang bagian bawahnya terbuat dari kaca bening), Anda dan keluarga akan diajak berlayar melihat akuarium bawah laut di kawasan pantai Tanjung Benoa tanpa harus menyelam. Anak-anak juga dapat memberi makan ikan-ikan laut lucu yang berenang di sekitaran.

liburan keluarga di Bali
Penyu – Tanjung Benoa (sumber foto: plesiryuk.com)

Setelah puas melihat dan memberi makan ikan, perjalanan akan dilanjutkan ke tempat penangkaran penyu hijau di Pulau Penyu. Anak-anak dapat melihat bagaimana penyu tersebut dilestarikan. Pulau Penyu juga menjadi tempat penangkaran binatang lainnya, seperti monyet, ular, elang, kakatua, dan kelelawar. Anda pun bisa berfoto bersama binatang-binatang tersebut.

Bagaimana? Tertarik untuk datang ke tempat libuaran keluarga di Bali yang keren-keren ini?

2 Comments

Comments are closed.