7 Festival Tahunan di Jogja yang Paling Ditunggu

Selain alam yang indah dan kuliner khas yang lezat, budaya masyarakat lokal yang masih begitu kental juga menjadi daya tarik wisata dari Yogyakarta. Jadi, rasanya kurang lengkap berkunjung ke kota yang akrab disebut Jogja ini kalau tak menikmati budayanya. Selain keberadaan Keraton Yogyakarta, identitas budaya Jogja semakin diperlihatkan dengan banyaknya festival atau event bernuansa budaya yang bisa Anda nikmati. Ada banyak festival tahunan di Jogja yang dalam penyelenggaraannya tiap tahunnya selalu semarak. Dari sekian banyaknya festival di Jogja, berikut adalah festival tahunan di Jogja yang paling ditunggu:

1. Festival Grebeg Maulud (Sekaten)

Festival Grebeg Maulud yang juga disebut Sekaten merupakan festival yang berakar tradisi tahunan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Pusat diadakannya acara ini adalah di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Salah satu rangkaian acara dari festival ini adalah diadakannya Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang biasanya berlangsung sampai satu bulan. Di sana akan ditampilkan berbagai jenis hiburan, mulai dari ratusan stand kuliner dan suvenir hingga aneka permainan khas pasar malam.

festival tahunan di jogja
Grebeg Maulud. Foto: wonderfulpart.blogspot.co.id

Puncak dari festival tahunan di Jogja ini adalah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah bertepatan dengan hari kelahiran Nabi, di mana selalu diadakan Grebeg Maulud. Yang khas dari acara syukuran yang diadakan Keraton Yogyakarta ini adalah gunungan-gunungan yang terdiri dari berbagai jenis hasil panen. Gunungan tersebut akan diarak ke Alun-alun untuk kemudian dibagikan kepada warga sekitar. Banyak orang dari berbagai daerah berkumpul untuk memperebutkan isi dari gunungan tersebut. Prosesi saat gunungan diantarkan oleh pada abdi dalem Keraton Yogyakarta dengan pakaiannya yang khas jadi potret langka yang tak boleh luput dari jepretan kamera.  

2. Festival Kesenian Yogyakarta

Datang ke Jogja bertepatan dengan Festival Kesenian Yogyakarta adalah momen yang tepat untuk belajar lebih banyak tentang kesenian Jogja di tengah suasana yang istimewa. Festival tahunan di Jogja yang diadakan antara bulan Juni hingga September ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY sebagai salah satu upaya melestarikan tradisi di tengah modernisasi.

festival tahunan di jogja
Festival Kesenian Yogyakarta. Foto: Instagram @fitrianasr_

Semaraknya festival ini diisi oleh para pelajar dan komunitas seni dengan mengadakan berbagai macam kegiatan, seperti pertunjukan seni, pemutaran film, pasar kuliner, dan pasar barang antik, yang diselenggarakan di tempat yang berbeda-beda, namun terpusat di jantung kota Jogja. Rangkaian acara di Festival Kesenian Yogyakarta setiap tahunnya selalu ramai kunjungan, baik itu para penikmat kesenian Jogja maupun dari luar kota dan mancanegara.

3. Ngayogjazz

Bagaimana jadinya musik jazz dipadukan dengan kultur Jogja? Kalau penasaran, berarti Anda harus mengagendakan untuk hadir di event Ngayogjazz! Festival tahunan di Jogja yang tema utamanya musik jazz ini rutin diselenggarakan sejak tahun 2007, biasanya pada bulan November. Ngayogjazz selalu menawarkan sesuatu yang beda karena panggungnya didirikan pedesaan dan tempat penyelenggaraannya setiap tahun selalu beda.

festival tahunan di jogja
Ngayogjazz. Foto: jarwadi.me

Tujuan diadakannya Ngayogjazz ini tak hanya melestarikan budaya, tapi juga memberdayakan ekonomi lokal. Oleh karenanya, masyarakat lokal diajak terlibat langsung dalam penyelenggaran acara ini. Tidak hanya menikmati musik jazz dan kesenian lokal, Anda juga bisa berburu kuliner dan suvenir di Pasar Jazz. Ngayogjazz juga kerap diramaikan musisi asing, selain musisi lokal. Pertunjukan para musisi tersebut dapat dinikmati secara cuma-cuma alias gratis. Penikmatnya juga tak hanya turis yang kebetulan sedang berada di Jogja, tapi juga pecinta musik dan budaya yang sengaja datang dari luar kota dan bahkan dari berbagai negara.

4. Festival Gamelan Yogyakarta

Festival tahunan berikutnya yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Festival Gamelan Yogyakarta. Dari namanya kita sudah tahu kalau festival ini menyuguhkan atraksi musik gamelan. Namun, penyajiannya lebih “segar” dengan gaya yang lebih kontemporer. Festival Gamelan Yogyakarta tak hanya diisi oleh pemain gamelan lokal, ada juga warga asing dari berbagai negara yang berpartisipasi. Bahkan, rupanya banyak warga asing yang lebih mahir memainkan gamelan ketimbang orang Indonesia. Bagi Anda penyuka musik ataupun penikmat budaya, Festival Gamelan Yogyakarta yang biasanya diadakan bulan Juli ini tentu wajib diagendakan.

festival tahunan di jogja
Festival Gamelan Yogyakarta. Foto: seputarevent.com

5. Pasar Kangen

Pasar Kangen memang sengaja dihadirkan untuk mengingatkan Anda kembali nuansa Jogja tempo dulu. Festival tahunan di Jogja ini biasanya diadakan di Taman Budaya Yogyakarta dan dalam setiap penyelenggaraannya selalu diramaikan banyak stand kuliner dan kerajinan serta pertunjukan seni tradisional. Yang selalu dinanti dari Pasar Kangen adalah berburu barang-barang kuno, seperti buku kuno, kaset kuno, uang kuno, dan bahkan piringan hitam. Anda juga bisa menikmati aneka kuliner lawas. Berbagai atraksi kesenian tradisional, seperti wayang kulit, ndolalak, angguk dan kesenian lainnya juga menjadi tontonan khas yang sayang untuk Anda lewatkan. Event Pasar Kangen ini diselenggarakan selama sepekan antara bulan Juli – Agustus.

festival tahunan di jogja
Pasar Kangen. Foto: Instagram @biiimaa

6. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Jika Anda datang ke Jogja menjelang perayaan Imlek, Anda bisa melihat semaraknya Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta yang berpusat di pecinan Kampung Ketandan, kawasan Malioboro. Anda akan dimanjakan berbagai atraksi budaya oriental, seperti wayang Po Tay Hee, Liong, dan Barongsai. Berbagai kesenian lokal dari Jogja maupun luar daerah juga turut dipentaskan untuk membuat acara makin meriah. Ada pula bazar yang biasanya diisi lebih dari 100 stand kuliner maupun pernak-pernik. Berbagai kuliner Tiongkok langka pun dapat Anda temukan di sana. Berbagai perlombaan juga jadi tontonan seru yang sayang untuk dilewatkan, seperti lomba menyanyi lagu Mandarin, lomba puisi Mandarin dan lomba fotografi.

festival tahunan di jogja
Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

7. Festival Jajanan Kekoenoan dan Kekinian

Festival kuliner selalu menjadi event menarik untuk dikunjungi. Kalau di Jogja, salah satu festival kuliner yang wajib Anda kunjungi adalah Festival Jajanan Kekoenoan dan Kekinian yang biasanya diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) selama sepekan antara bulan Oktober – November. Di sana Anda bisa berburu aneka jajanan kuno yang akan mengobati rasa rindu masa lalu. Aneka jajanan yang sedang hits juga akan membuat kunjungan ke festival ini makin seru dan pastinya bikin kekenyangan!

festival tahunan di jogja
Festival Jajanan Kekoenoan. Foto: pewartayogya.com

Itulah beberapa festival tahunan di Jogja yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Yuk agendakan dari sekarang smiley