Terpukau Indahnya Gardens By The Bay Singapura

Saat ini, sering sekali berbagai maskapai penerbangan di Indonesia menawarkan tiket murah ke Singapura. Tentu hal ini bukan tanpa alasan mengingat Singapura kini telah menjadi salah satu destinasi liburan luar negeri favorit orang Indonesia. Selain jaraknya yang tak terlalu jauh, Singapura yang merupakan negara paling maju di Asia Tenggara ini memang menyediakan banyak pilihan liburan dan didukung infrastruktur yang memadai. Bicara tentang liburan ke Singapura, tempat mana saja yang pernah Anda kunjungi? Apakah Anda pernah ke Gardens By The Bay?

gardens by the bay singapura
Gardens By The Bay & Marina Bay Sands tower

Melancong ke Singapura rasanya belum sempurna kalau tidak mengunjungi Marina Bay Sands. Banyak hal yang bisa dinikmati di kawasan wisata terpadu tersebut. Selain akan takjub dengan penampakan 3 tower Marina Bay Sands yang megah, di sini pun Anda bisa melihat indahnya taman kota raksasa, yaitu Gardens By The Bay yang lokasinya berada tepat di belakang hotel Marina Bay Sands.

Resmi dibuka tahun 2012, Gardens By The Bay merupakan perwujudan taman kota yang menyuguhkan panorama unik perpaduan antara habitat tanaman dan teknologi canggih buatan manusia. Taman yang luasnya lebih dari 100 hektar ini dihadirkan sebagai bentuk upaya penghijauan dan menjadi tempat pelestarian ribuan jenis flora. Bahkan, tanaman kaktus yang habitatnya di padang pasir juga dapat Anda lihat di taman ini. Siapa pun yang berkunjung ke sini pasti akan takjub akan kemegahannya. Terdapat banyak spot instagrammable yang sayang bila tak diabadikan lewat jepretan kamera.

gardens by the bay singapura
Flower Dome

Gardens By The Bay memiliki dua buah konservatori yang dinamai Flower Dome dan Cloud Forest. Flower Dome merupakan kubah konservatori yang merumahi sekitar 200 ribu tanaman dari berbagai penjuru dunia. Setiap kelompok tanaman ditata begitu apik sehingga menciptakan perpaduan warna yang indah. Di tiap tanaman juga terdapat penjelasan singkat tentang nama dan asal usulnya. Memang, di sini tak banyak yang bisa dilakukan karena isinya bunga saja, tapi pasti siapa pun yang datang ke sini akan tercengang. Terdapat begitu banyaknya koleksi bunga langka di sini dan suasananya pun dibuat begitu sejuk. Tak terbayang teknologi seperti apa yang digunakan untuk mengatur suhu di ruangan konservatori yang luasnya lebih dari 1 hektar ini.

gardens by the bay singapura
Bunga-bunga di Flower Dome

gardens by the bay singapura
Bunga-bunga di Flower Dome

Ketakjuban tak berhenti di Flower Dome saja, kubah konservatori lainnya, yaitu Cloud Forest punya air terjun buatan setinggi 35 meter. Air terjun di dalam ruangan lho! Air terjun tersebut mengalir di tebing buatan yang sekelilingnya ditanami tanaman merambat. Suasana di sini pun dibuat begitu sejuk sama seperti di Flower Dome.

gardens by the bay singapura
The Fall – Cloud Forest

Hebatnya lagi, para pengunjung dapat mencapai puncak air terjun dengan naik lift lalu mengikuti jalur jembatan membundar yang sengaja dibuat dekat air terjun. Dari sana pun akan terlihat pemandangan kota khas Singapura yang begitu cantik. 

gardens by the bay singapura
Puncak air terjun

Selain 2 kubah di atas, Supertree Grove juga menjadi ikon dari Gardens By The Bay. Supertree Grove ini merupakan pohon-pohon beton berkanopi dengan tinggi 25-50 meter yang ditutupi tanaman merambat. Rupanya, pohon tersebut tak hanya sebagai pajangan, melainkan diciptakan dengan teknologi canggih untuk fungsi ekologis, seperti menampung air hujan dan menyerap tenaga surya. Malam hari tampaknya adalah waktu paling pas untuk menikmati keindahan sambil berpotret bersama Supertree Grove ini karena akan penuh cahaya lampu. 

gardens by the bay singapura
Supertree Grove

Jika ingin melihat Supertree Grove lebih dekat dari ketinggian, pengunjung bisa naik ke OCBC Skyway. Sekali lagi Anda akan tercengang dengan teknologi di Gardens By The Bay ini. OCBC Skyway ini merupakan jembatan yang berada di atas ketinggian 22 meter dari permukaan tanah. Dari jembatan ini, Anda bisa menikmati pemandangan Gardens By The Bay dan tower Marina Bay Sands dari ketinggian.

gardens by the bay singapura
Supertree Grove & OCBC Skyway

Masih banyak spot lain di Gardens By The Bay yang menarik untuk ditelusuri, seperti Heritage Gardens dan Dragonfly & Kingfisher Lakes. Area timur taman difungsikan sebagai ruang terbuka yang sering digunakan penduduk Singapura untuk olahraga, dan bahkan banyak juga turis yang sekedar duduk-duduk di sana. Ada pula taman bermain khusus anak-anak. Rasanya tak cukup sehari untuk menjelajah semua spot yang ada di sini.

Kalau cuma jalan-jalan di area taman, pengunjung tidak kenakan tiket alias gratis. Asyik kan? Tapi, kalau penasaran dengan Flower Dome dan Cloud Forest, atau ingin naik OCBC Skyway, harus bayar tiket masuk. Dijamin gak akan nyesel kok! Siapa pun pasti terpukau akan keindahan dan kecanggihan teknologi yang dihadirkan di Gardens By The Bay Singapura ini. Rasanya semua sudut di taman ini tak boleh luput dari jepretan kamera. Bagi Anda yang seorang penikmat arsitektur, pastinya berkunjung ke Gardens By The Bay dapat menambah wawasan tentang arsitektur taman.

Kalau Anda berencana melancong ke Negeri Singa untuk pertama kalinya, wajib sekali menjadikan Gardens By The Bay Singapura sebagai salah satu tempat yang akan dikunjungi. Pastikan juga Anda telah tahu tata tertib yang harus dipatuhi di Singapura ya!

Baca: 11 Tata Tertib di Singapura yang Harus Anda Tahu