GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

5 Gili di Lombok Timur yang Membuat Ingin Segera Liburan

Bertetangga dengan Bali, Lombok juga menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia. Selain memiliki Geopark Rinjani, wisata unggulan di Lombok lainnya adalah wisata gili (pulau kecil). Nama Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang letaknya berdekatan di Lombok Barat, sudah terkenal di kancah pariwisata dunia. Karena ketiga gili tersebut sudah dibahas beberapa waktu lalu (baca di sini), kali ini mari kita menjelajahi gili di Lombok Timur yang tak kalah eksotis. Jauh dari keriuhan, Anda bisa merasakan sensasi liburan seperti di pulau pribadi ketika berkunjung ke 5 gili di Lombok Timur ini:

1. Gili Petagan

Masuk ke dalam wilayah Sambelia, Gili Petagan menjadi bagian dari Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD). Gili di Lombok Timur yang luasnya 50 hektar ini memiliki hutan bakau yang telah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Uniknya lagi, di sini terdapat padang lamun (rumput luat) yang berpadu dengan terumbu karang dan berbagai jenis ikan laut yang cantik. Selain itu, Gili Petagan juga memiliki beberapa spot snorkeling di perairan dangkalnya dengan jarak pandang yang tidak terlalu dalam karena perairan di sini masih jernih. Terdapat pula spot untuk diving dengan kedalaman hingga 20 meter.

gili di lombok timur
Kawasan hutan mangrove Gili Petagan. Foto: caderabdul.wordpress

gili di lombok timur
Gili Petagan. Foto: IG @lombokexperience

Lalu, bagaimana cara untuk sampai ke Gili Petagan? Anda bisa memulai perjalanan dari Mataram menuju Labuan Pandan (Sambelia) dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Setelah tiba di kawasan Labuan Pandan, Anda bisa menyeberang dari Pondok Gili Lampu menggunakan perahu menggunakan kapal nelayan dengan waktu tempuh perjalanan laut sekitar 30 menit.

2. Gili Kondo

Selain Gili Petagan, Gili Kondo adalah gili tak berpenghuni lainnya yang masuk ke dalam KKLD. Gili di Lombok Timur dengan pantai berpasir putih ini sudah dilengkapi dengan penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam. Gili ini memang dulunya sempat dikelola oleh pihak swasta. Memiliki alam bawah laut yang indah, snorkeling adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan Gili Kondo. Perairan di gili ini memiliki taman bawah laut yang dihuni beragam jenis biota laut dan dijadikan sebagai tempat konservasi terumbu karang. Selain snorkeling, Anda juga bisa melakukan island hopping dan melihat fenomena pulau pasir di tengah laut yang disebut Gili Kapal saat air laut sedang surut.

Baca Juga:  Tempat Wisata Populer di Ciwidey, Bandung

gili di lombok timur
Gili Kondo underwater. Foto: IG @amirasydan

gili di lombok timur
Gili Kapal. Foto: wisatadilombok.com

Untuk sampai ke Gili Kondo, Anda bisa menyeberang dari Pondok Gili Lampu menggunakan kapal nelayan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

3. Gili Bidara

Berjarak sekitar 500 meter dari pantai timur Gili Kondo, Anda bisa menyeberang ke Gili Bidara hanya dengan jalan kaki dari Gili Kondo ketika air laut sedang surut. Gili ini sering dipakai oleh nelayan lokal sebagai tempat beristirahat setelah mencari ikan. Oleh karenanya, di sini terdapat rumah gubuk sederhana sebagai tempat berlindung dari teriknya sinar matahari dan hujan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

gili di lombok timur
Pantai di Gili Bidara. Foto: IG @jw_mardiant

gili di lombok timur
Gili Bidara underwater. Foto: hellolombokku.com

Gili Bidara juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang indah. Perairannya pun masih sangat jernih dan pantainya memiliki hamparan pasir putih yang indah. Tak jauh dari sisi pantai, di gili ini juga terdapat spot snorkeling dengan kedalaman 1,5-3 meter. Kehidupan laut di bawahnya tampak begitu hidup. Ada pula spot karang tempat tinggal gerombolan nemo (ikan badut) yang lucu dan bintang laut warna biru yang mulai langka.

4. Gili Sulat

Terbatasnya fasilitas pendukung membuat para wisatawan yang berlibur ke Lombok Timur lebih memilih mengunjungi Gili Kondo dan Gili Petagan ketimbang Gili Sulat. Di Gili Sulat memang tidak ada rumah atau warung. Di sini hanya terdapat pos jaga serta jalan masuk ke hutan mangrove yang panjangnya tak sampai satu kilometer. Keuntungannya, alam di Gili Sulat ini masih sangat alami. Hutan mangrove di Gili Sulat ini dihuni berbagai jenis burung. Tak hanya itu saja, alam bawah laut di Gili Sulat tak kalah cantik dengan gili di Lombok Timur lainnya. Bahkan perairan di sekitar hutan mangrove juga sangat jernih sehingga cukup jelas untuk menerawang terumbu karang dan biota laut lainnya.

Baca Juga:  Menikmati Amfiteater Alam Raksasa dari Tebing Panenjoan

gili di lombok timur
Hutan mengrove Gili Sulat. Foto: lombokgeographic.com

gili di lombok timur
Gili Sulat underwater. Foto: IG @pei_ye

Untuk sampai ke Gili Sulat, Anda bisa menyeberang dari pelabuhan yang ada di Desa Tekalok, Kecamatan Sambelia. Jika Anda memulai perjalanan dari Mataram, waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam. Dari pelabuhan, Anda harus menempuh perjalanan laut sekitar 30 menit.

5. Gili Lawang

Gili Lawang letaknya bersebelahan dengan Gili Sulat, yang berjarak sekitar 500 meter ke arah tenggara. Di sini pun terdapat hutan mangrove yang menutupi 90 persen permukaan pulau. Sisanya adalah hamparan pasir putih yang indah lengkap dengan perairan lautnya yang jernih. Saking jernihnya, tak sulit menerawang terumbu karang di Gili Lawang.

gili di lombok timur
Hutan mangrove Gili Lawang. Foto: IG @aira_iraifed

Keindahan bawah laut Gili Lawang ini bisa Anda nikmati dengan snorkeling. Di perairan sekitar Gili Sulat dan Gili Lawang juga terdapat beberapa spot diving. Jika Anda tertarik untuk diving, Anda bisa meminta bantuan komunitas diving club yang ada di desa terdekat.

gili di lombok timur
Gili Lawang underwater. Foto: IG @amenkardian

Yuk, liburan ke Lombok! Segera booking hotel dan tiket pesawatnya. Dan ingatlah untuk selalu jadi traveler cerdas dan bertanggung jawab yang tidak merusak alam!

Facebook Comment

Related Post

One Comment

Comments are closed.

More in diving, Gili Air, gili bidara, gili kapal, gili kondo, Gili Meno, gili petagan, Gili Trawangan, hutan mangrove, pulau pasir, snorke, wisata bahari
5 Spot Wajib Saat Liburan di Karimunjawa

Pesona yang ditawarkan Taman Nasional Karimunjawa sudah tak perlu dipertanyakan lagi di kancah wisata bahari Indonesia. Taman nasional yang terletak...

Close