Bukan di Jogja, Tapi Ini Gurun Pasir di Pulau Bintan!

Memiliki bentang alam yang beragam, bicara keindahan alam Indonesia tak akan pernah ada habisnya. Tak cuma pantai, hutan dan pegunungan yang memukau, Indonesia juga memiliki memiliki gurun pasir. Eits… tebakan Anda salah jika mengira gurun pasir ini adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang ada di Yogyakarta. Kali ini, Klikhotel akan sedikit mengulas wisata ala gurun pasir baru yang belakangan hits di media sosial, yakni gurun pasir di pulau Bintan yang diberinama Gurun Pasir Busung. Ya, pulau Bintan, Kepulauan Riau!

gurun pasir di pulau bintan
Foto: IG @aprizal_ijal

Ketika mendengar nama pulau Bintan, banyak orang yang mengidentikkannya sebagai pulau wisata yang memiliki pantai-pantai eksotis serta banyak resort mewah yang dipenuhi turis asing. Ya, seperti halnya pulau Batam, pulau Bintan memang menjadi salah satu tempat liburan favorit turis dari negara tetangga, khususnya orang Singapura. Pulau Bintan memiliki pantai-pantai eksotis yang keindahannya bisa disandingkan dengan pantai-pantai menawan seperti di Lombok. Tak heran bila di sana banyak resort-resort ekslusif berstandar internasional. Namun, dibalik semua fakta itu, pulau Bintan masih menyimpan pesona lain yang mungkin belum diketahui banyak orang. Salah satunya Gurun Pasir Busung ini!

gurun pasir di pulau bintan
Foto: IG @harunarrr

Gurun Pasir Busung dulunya merupakan lokasi penambangan bauksit untuk diekspor ke luar negeri. Aktifitas penambangan akhirnya terhenti dan lokasinya dibiarkan begitu saja. Namun, karena lokasinya mudah di lihat dari tepi jalan, tak sedikit pejalan kaki yang tertarik untuk melihatnya dari dekat. Lokasi bekas tambang tersebut memang menarik perhatian karena bekas aktifitas penambangan yang lama dibiarkan itu membentuk gundukan-gundukan pasir yang tampak cantik nan eksotis. Gundukan-gundukan pasir tersebut menyuguhkan pemandangan seperti gurun pasir khas Timur Tengah.

Foto: IG @siti_baharin

Seiring waktu, Gurun Pasir Busung ini pun mulai terkenal di kalangan traveler lokal. Kepopuleran tempat yang dulunya dianggap biasa oleh warga sekitarnya ini tak lepas peran media sosial. Jika kita melihat foto-foto yang diunggah ke Instagram, Gurun Pasir Busung ini memang instagenik. Karenanya, tak heran bila gurun pasir ini membuat banyak traveler penasaran akan pemandangan cantiknya. Gurun pasir tersebut sebetulnya belum diberi nama khusus. Namun, warga sekitar menyebutnya Gurun Pasir Busung. Mungkin karena alamatnya yang memang berada di Desa Busung, tepatnya di Jl. Raya Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan.

gurun pasir di pulau bintan
Foto: IG @msuhadaalkahfi

Gundukan-gundukan di Gurun Pasir Busung didominasi kerikil-kerikil yang sedikit kasar. Ini membuat gundukan-gundukan pasir di sana tidak “hancur” saat dipijak. Uniknya lagi, warna pasir di sana berwarna coklat keputih-putihan dan keungu-unguan. Saat langit cerah, warna pasirnya akan tampak merona ketika diabadikan dalam jepretan kamera. Adanya danau yang berwarna kehijauan semakin menambah keeksotisan gurun pasir ini. Area sekelilignya pun masih banyak pepohonan hijau dan rerumputan.

gurun pasir di pulau bintan
Foto: IG @noviindriyani__

Akses ke Gurun Pasir Busung tidak terlalu sulit karena lokasinya persis di pinggir Jl. Raya Busung. Jaraknya sekitar 47 km dari Tanjungpinang. Sayangnya, lokasi gurun pasir ini tidak dilalui angkutan umum. Jadi, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk Anda yang berencana liburan ke pulau Bintan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan dan pihak swasta setiap tahunnya bekerja sama untuk menyelenggarakan berbagai event besar guna menarik perhatian wisatawan untuk datang ke pulau Bintan. Diantaranya Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Color Run, Sail Indonesia to Bintan, dan Bintan Kite Surf Festival. Tidak ada salahnya merencanakan perjalanan ke pulau Bintan ketika acara-acara tersebut. Dan jangan lupa untuk menambahkan Gurun Pasir Busung dalam itinerary Anda!