7 Hal Menarik Saat Perayaan Nyepi di Bali

hal menarik saat nyepi di bali
Suasana ruas jalan Pantai Kuta saat Nyepi (sumber foto: jurnalasia.com)

Daya tarik wisata Bali tak hanya karena alamnya yang indah, tapi juga budaya dan adat istiadatnya yang dijunjung tinggi. Tak salah pula kalau Bali dijuluki Pulau Dewata, karena masyarakat Bali yang mayoritasnya beragama Hindu hampir setiap hari menyelanggarakan ritual keagamaan. Bahkan, ketika menyambut Tahun Baru Saka, para pelancong dari mancanegara tak kehilangan minat untuk datang ke Bali meskipun sedang Nyepi. Justru, suasana Bali yang hening seperti pulau mati di kala Nyepi adalah hal yang dinanti-nanti oleh turis asing. Pasalnya, Nyepi dianggap spesial karena tak bisa dijumpai di negara lain.  Selain itu, banyak pula hal menarik saat Nyepi di Bali. Apa saja?

1. Catur Brata Penyepian

Ketika memperingati hari raya Nyepi, masyarakat Bali harus melaksanakan Catur Brata Penyepian, yaitu amati geni (tiada menyalakan api atau cahaya), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang). Catur Brata Penyepian dimulai sejak matahari terbit atau biasanya pada pukul 06.00 pagi hingga pukul 06.00 pagi esok hari. Aturan-aturan tersebut diberlakukan di seluruh Bali termasuk hotel, jalan tol, dan instansi pemerintahan. Bali akan sepi tanpa lalu lalang kendaraan dan tidak diperkenankan pula menyalakan kompor, pemantik api ataupun lampu. Lampu jalanan dan papan iklan juga dipadamkan. Bahkan, TV dan radio juga tidak siaran.

hal menarik saat nyepi di bali
Pecalang (polisi adat Bali)

Rumah sakit tetap buka guna antisipasi bila ada masyarakat yang memerlukan penanganan medis. Namun, kendaraan yang diperbolehkan bepergian hanya ambulans. Pecalang (polisi adat Bali) akan berkeliling di wilayahnya masing-masing untuk memantau agar Catur Brata Penyepian tidak dilanggar guna tertibnya pelaksanaan Nyepi di Bali. Jika ada yang melanggar, akan ditegur atau diberi sanksi adat.

2. Bandara tutup 24 jam

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai juga tidak akan beroperasi selama pelaksaan Nyepi di Bali. Jadwal seluruh penerbangan domestik dan internasional ditiadakan selama 24 jam. Tidak ada pula penjualan tiket pesawat bandara. Suasana bandara yang biasanya super sibuk akan sangat kontras karena menjadi sepi. Namun, tetap ada petugas yang berjaga untuk antisipasi penerbangan darurat.

hal menarik saat nyepi di bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai

Berhentinya operasional bandara di Bali saat Nyepi memang sudah lumrah setiap tahunnya. Maskapai penerbangan atau travel agent pun sudah memiliki strategi tersendiri agar sistem reservasi online-nya meniadakan jadwal penerbangan saat hari Nyepi.

Bila Anda berencana liburan di Bali saat Nyepi, pilih penerbangan maksimal di H-1 sebelum Nyepi. Sebaiknya pilih juga penerbangan dengan jadwal kedatangan pagi, karena di sore harinya mulai diadakan perayaan sehingga akses jalan pun ditutup dan kendaraan umum pun mulai tidak beroperasi.

3. Mesin ATM dimatikan

Semua mesin ATM di berbagai sudut Bali juga akan dimatikan H-1 sebelum Nyepi mulai pukul 18.00 WITA. Bagi Anda yang liburan di Bali saat Nyepi, pastikan ada stok uang tunai yang cukup. Beli juga makanan, minuman, dan obat-obatan secukupnya karena toko-toko maupun restoran juga tutup saat Nyepi.

4. Beragam perayaaan unik

Peringatan Nyepi juga diiringi berbagai perayaan yang unik dan menarik yang hanya ada pada saat Nyepi. Diantaranya Melasti, yaitu upacara pensucian diri yang biasanya dilakukan 3 atau 2 hari sebelum Nyepi, lalu ada pawai Ogoh-ogoh untuk mensucikan lingkungan dan alam dari sifat jahat yang dimiliki manusia. Setiap tahunya pawai ini selalu semarak dan menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Ogoh-ogoh itu sendiri merupakan patung raksasa yang menggambarkan sosok Bhuta Kala, yang besar dan menyeramkan.

hal menarik saat nyepi di bali
Pawai Ogoh-ogoh (sumber foto: avillabali.com)

Seiring perkembangan zaman, tema Ogoh-ogoh pun semakin bervariasi. Ada yang dibuat mirip orang-orang terkenal, mulai dari artis hingga politikus. Hampir setiap desa atau banjar memiliki Ogoh-ogoh tersendiri. Oleh karenanya, jalanan akan ditutup saat perayaan ini berlangsung karena seluruh masyarakat akan mengarak Ogoh-ogoh yang mereka miliki berkeliling daerahnya masing-masing agar kekuatan negatif yang ada di sekitar ikut bersama Ogoh-ogoh. Setelah diarak, Ogoh-ogoh kemudian dibakar untuk membersihkan segala bentuk keburukan yang melekat pada manusia sehingga siap memulai hari baru untuk hidup sebagai manusia yang lebih baik.

Selain Ogoh-ogoh, ada pula Omed-omedan, yaitu tradisi cium-ciuman setelah Nyepi yang dilakukan oleh muda-muda di Desa Adat Sesetan, Denpasar.

5. Tidak ada check in & check out selama Nyepi

Hotel-hotel di Bali juga menerapkan aturan bahwa tidak ada tamu yang diperkenankan check in ataupun check out selama Nyepi. Hotel-hotel juga mengantisipasi ini dari jauh-jauh hari dengan menyertakan pemberitahuan di sistemnya bahwa tidak ada reservasi selama hari Nyepi. Jadi, jika Anda liburan di Bali saat Nyepi, hotel-hotel akan memberlakukan aturan lama menginap minimal 2 malam, yaitu mulai H-1 hingga H+1.

6. Banyak hotel yang menawarkan Paket Nyepi

Karena minat wisatawan mancanegara maupun turis lokal untuk menikmati Nyepi di Bali cukup tinggi, banyak hotel yang menyediakan paket khusus Nyepi. Pemerintah setempat tidak melarang hal ini, dengan catatan tidak mengganggu umat Hindu yang sedang melaksanakan Catur Brata Penyepian. Selama Nyepi, wisatawan tidak diperbolehkan keluar dari lingkungan hotel. Pasalnya, hotel-hotel yang menjual paket Nyepi tersebut juga akan diawasi secara ketat oleh para pecalang agar tidak mengganggu pelaksanaan Nyepi masyarakat Bali.

hal menarik saat nyepi di bali
Hotel di Bali – The Lerina Nusa Dua

Paket khusus Nyepi di hotel sebetulnya ditujukan untuk wisatawan dari luar Bali, namun cukup banyak pula warga lokal non-Hindu yang tertarik dengan paket ini. Orang-orang yang merantau ke Bali biasanya memanfaatkan Nyepi untuk mudik, namun ada pula yang memilih untuk tetap di Bali dan bersantai di hotel menikmati paket khusus Nyepi.

7. Bebas polusi

Peringatan Nyepi yang dilaksanakan seharian secara otomatis membuat Bali selama beritirahat selama 24 jam. Dampaknya ini sangat luar biasa. Lingkungan bebas dari polusi suara maupun udara sehingga mengurangi emisi gas karbondioksida. Suasana malam Bali yang biasanya ramai dan terang lampu jalanan akan menjadi gelap gulita sehingga langit terlihat bersih dan bintang-bintang pun terlihat jelas. Nyepi di Bali juga turut menghemat pengeluaran negara dari penggunaan listrik, air, bensin, dan gas yang seharinya memakan biaya milyaran rupiah. Bahkan, diresmikannya 21 Maret sebagai World Silent Day oleh PBB juga terinspirasi dari perayaan Nyepi di Bali.

hal menarik saat nyepi di bali
Langit malam yang bersih (sumber foto: avillabali.com)

Klikers, itulah 7 hal menarik saat perayaan Nyepi di Bali. Banyak hikmah yang diperoleh dari perayaan ini. Nyepi bisa menjadi momen yang tepat untuk merefleksi diri ataupun meditasi. So, tidak ada salahnya berlibur ke Bali saat Nyepi 🙂

One Comment

Comments are closed.