Mengenal 10 Hidangan Khas Natal dari Berbagai Negara

Yeay! Natal sebentar lagi, lho! Pusat-pusat perbelanjaan sudah menghias diri dengan berbagai ornamen natal, lagu-lagu natal pun sudah berkumandang. Ah, saya selalu setuju bahwa Natal adalah “the most wonderful time of the year”. Natal tak hanya milik mereka orang kristiani, namun milik semua orang di dunia ini. Selain ornament dan lagu natal, hal yang tak boleh ketinggalan adalah hidangan khas Natal. Kali ini, saya ingin mengajak Klikers untuk mengenal 10 hidangan khas Natal dari berbagai negara. Yuk disimak!


1.    Roasted Turkey (Eropa)

Roasted Turkey

Roasted Turkey alias Kalkun Panggang adalah salah satu hidangan khas Natal yang terkenal di Eropa.
Roasted Turkey ini juga terkenal sebagai menu khas Thanksgiving. Karena ukurannya yang besar, Roasted Turkey biasanya disantap bersama-sama keluarga.

2.    Chiles en Nogada (Meksiko)

Chiles en Nogada

Chiles en Nogada adalah hidangan khas Natal yang berasal dari Meksiko. Nogada sendiri berasal dari bahasa spanyol "nogal" yang artinya adalah pohon kenari. Chiles en Nogada ini adalah daging yang dimasak dengan poblano pepper dan aneka rempah lainnya yang disiram dengan saus yang terbuat dari krim walnut. Chiles en Nogada ini lalu ditaburi dengan butiran buah delima sebagai hiasan. Chiles en Nogada ini memiliki tiga warna, yaitu hijau dari cabai. putih dari krim walnut, dan merah dari buah delima. Hmmm. tampilannya benar-benar nuansa Natal banget, ya?

3.    Feast of Seven Fishes (Italia)

Feast of Seven Fishes

Sementara di Italia, saat natal mereka akan menyantap hidangan yang bernama Feast of Seven Fishes (atau disebut juga La Vigilia). Sesuai dengan namanya, hidangan ini terdiri dari tujuh macam seafood. Feast of Seven Fishes ini melambangkan penantian akan malam kelahiran Yesus Kristus. Menu ikan yang disajikan antara lain adalah seperti anchovy, lobster, sarden, ikan cod, cumi-cumi, gurita, udang, tiram, dan lainnya. Feast of Seven Fishes ini juga biasanya disajikan bersama pasta, sayuran, dan wine. 


4.    Figgy Pudding (Amerika Serikat)

Figgy Pudding

“Now bring us some figgy pudding… now bring us some figgy pudding… now bring us some figgy pudding… and a cup of good cheer…”

Itulah penggalan bait kedua lagu We Wish You A Merry Christmas. Figgy Pudding adalah salah satu hidangan khas natal yang berasal dari Inggris. Namun, kini Figgy Pudding lebih dikenal sebagai hidangan natal dari Amerika Serikat. Figgy Pudding sudah menjadi hidangan khas natal sejak tahun 1600-an. Figgy Pudding ini sebenarnya lebih mirip cake daripada pudding. Adonan Figgy Pudding ini dibuat dengan menggunakan campuran buah kering, rempah-rempah seperti pala dan kayu manis, rum dan cognac. Salah satu cara penyajian yang unik dari Figgy Pudding ini adalah dengan menyiramkan alcohol ke atas pudding lalu menyalakan api di atasnya. 

5.    Risgrynsgröt (Swedia)

 Risgrynsgröt

Dari Swedia, ada hidangan khas Natal yang bernama Risgrynsgröt. Risgrynsgröt ini adalah pudding beras yang memiliki rasa manis dengan warna putih. Risgrynsgröt ini akan dihidangkan selama natal untuk disantap bersama keluarga besar. Orang swedia percaya bahwa mereka yang mendapatkan Risgrynsgröt berisi almond akan mendapatkan keberuntungan. 

6.    Doro Wat (Ethiopia)

Doro Wat

Doro Wat adalah hidangan khas Natal yang berasal dari Ethiopia. Doro Wat ini juga kadang disebut Sik Sik Wat. Doro Wat ini adalah potongan daging ayam dengan roti injera yang memiliki tekstur seperti spons. Doro Wat ini diolah dengan cabai rawit, berbere (rempah khas Ethiopia), paprika, fenugreek, serta rempah-rempah khusus khas Ethiopia lainnya. Doro Wat ini memiliki rasa yang sangat pedas. Pada saat Natal, Doro Wat ini akan disajikan dalam mangkuk besar dan disantap bersama-sama tanpa menggunakan sendok. Tujuannya adalah agar rasa kekeluargaan lebih kental terasa. 

7.    Stollen Cake (Jerman)

Stollen Cake

Stollen Cake atau Christollen adalah hidangan kue natal khas Jerman yang terbuat dari adonan ragi diisi dengan buah kering, kacang dan marzipan serta taburan gula. Stollen Cake yang memiliki rasa manis ini mulai dikenal sejak tahun 1329. Stollen sendiri artinya adalah terowongan. Kue Stollen yang memiliki bentuk panjang dan lonjong seperti bentuk terowongan ini sebenarnya melambangkan bayi Yesus yang terbungkus lampin putih. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa filosofi Stollen Cake yang memiliki permukaan tak rata ini sebagai lambang punuk unta yang membawa hadiah untuk Bayi Yesus. 

8.    Yule Log (Prancis)

Yule Log

Yule Log (atau ada juga yang menyebutnya Buche de Noel) adalah salah satu kue khas Natal dari Prancis. Yule Log ini memiliki bentuk seperti batang pohon. Yule Log ini berasal dari tradisi masyarakat prancis yang menebang pohon Yule. Bagian atas pohon Yule akan dijadikan pohon natal sementara bagian bawahnya digunakan untuk kayu perapian. Yule Log ini dipercaya akan memberikan perlindungan dari kebakaran jika sisa Yule Log yang dibakar bersama kayu perapian disimpan sepanjang tahun. 

Baca juga: 10 Kue Khas Natal dari Belanda dan Negara Eropa Lainnya

9.    Kurisumasu Keiki (Jepang)

Kurisumasu Keiki

Walaupun mayoritas penduduk Jepang bukan beragama Kristen, namun natal dirayakan cukup meriah di Jepang, lho! Hidangan khas Natal dari Jepang yang cukup terkenal adalah Kurisumasu Keiki. Kurisumasu adalah “Christmas” dalam bahasa jepang. Kurisumasu Keiki ini secara harafiah memiliki arti “Christmas Cake”. Kurisumasu Keiki ini pertama kali dijual di Ginza pada tahun 1910. Kurisumasu Keiki ini mirip dengan kue ulang tahun. Kurisumasu Keiki ini pada dasarnya adalah strawberry sponge cakes dengan whipped cream dan buah strawberry. Hmm, enak banget nih kayaknya, Klikers! 

10.    Eggnog (Eropa)

Eggnog

Eggnog adalah minuman khas Natal yang populer di Eropa sejak abad ke-17. Diperkirakan, Eggnog dibawa masuk ke Amerika Utara oleh para imigran dari Eropa. Eggnog yang memiliki rasa manis ini terbuat dari kuning telur yang dikocok dengan air dan gula atau susu. Eggnog ini juga bisa dibuat dengan tambahan brendi, rum, atau wiski. Butuh waktu cukup lama untuk mengolah eggnog agar rasa alkohol bisa meresap ke telur. 

Klikers, itulah 10 hidangan khas Natal dari berbagai negara. Hmm. kalau hidangan khas natal di Indonesia apa saja hayo? 🙂