Ini Dia Deretan Cilok Kekinian yang harus Kamu Coba

Orang Bandung atau orang yang pernah ke Bandung pasti tahu cilok. Ini merupakan salah satu makanan ringan populer di kalangan masyarakat Jawa Barat, lebih tepatnya jajanan anak-anak sekolah. Sekarang, cilok sudah menjadi jajanan orang tua juga. Apalagi cilok kekinian memiliki banyak variasi rasa yang membuatnya diburu para pecinta kuliner tradisional.

Cilok sangat mudah dikenali dari bentuknya yang bulat. Ukurannya relatif kecil dengan diameter sekitar 2 – 3 cm. Kata cilok sendiri merupakan kependekan dari “aci dicolok”. Aci merupakan kata dalam Bahasa Sunda yang berarti tepung tapioka. Sedangkan dicolok juga merupakan kata dalam Bahasa Sunda yang berarti ditusuk. Cilok memang terbuat dari aci atau tepung tapioka sebagai bahan utamanya, di samping tepung terigu. Sedangkan kata dicolok mengacu pada cara memakannya.

Cilok terasa lengket di tangan dan lengket dengan sesama cilok, sehingga digunakan tusuk sate atau garpu untuk memudahkan mengambilnya. Ada juga penjual yang menyajikan cilok layaknya sate, beberapa buah cilok ditusuk dengan sebuah tusuk sate. Cilok enak dinikmati saat masih hangat, dengan tambahan bumbu kacang atau saus tomat.

Cilok tradisional tidak memiliki isian. Kalaupun ada, sebatas pada sebiji kacang tanah atau secuil lemak daging yang dalam Bahasa Sunda disebut gajih. Meski tanpa isi atau ada isi tapi sedikit, rasa cilok tetap enak karena tepung aci sudah diberi bumbu saat proses pembuatan.

Kini cilok sudah mengalami transformasi, dari jajanan sekolah atau jajanan pasar menjadi jajanan istimewa di sentra wisata kuliner populer. Di tangan orang-orang kreatif, muncullah cilok kekinian dengan beragam rasa dan aroma. Berikut di antaranya:

1. Cilok Isi

Cilok isi daging ayam
Cilok isi daging ayam. Sumber foto: IG @anitajoyo

Cilok isi keju dan abon
Cilok isi keju dan abon. Sumber foto: https://mulpix.com/qotrunnadashop

Cilok kekinian ditambahi variasi isi seperti keju, daging cincang, serta telur puyuh.  Cilok isi sangat mudah ditemui baik di pedagang kaki lima maupun di cafe. Cilok isi merupakan perpaduan kuliner tradisional dengan kuliner internasional. Keju termasuk makanan populer di kalangan generasi sekarang dan sangat disukai sebagai bahan isian aneka makanan. Cilok keju sedang digemari di samping cilok daging cincang dan cilok telur puyuh.

2. Cilok Bumbu Rujak

Cilok dengan sambal rujak rasanya mantap
Cilok dengan sambal rujak rasanya mantap. Sumber foto: http://www.justtryandtaste.com

Cilok bumbu rujak pedas merona
Cilok bumbu rujak pedas merona. Sumber foto: https://mulpix.com/kulinerbandung

Cilok umumnya disajikan atau dinikmati dengan guyuran saus tomat atau sambal kacang. Tapi kini cilok nikmat juga disantap dengan bumbu rujak. Bumbu rujak yang disajikan dengan cilok sama seperti bumbu rujak yang biasa disantap dengan rujak buah. Yaitu terbuat dari gula merah dan rawit pedas. Ada juga yang ditambahi sedikit terasi dan asam jawa, tergantung si penjual membuatnya.

Cilok bumbu rujak paling nikmat dimakan saat masih hangat. Bumbu rujak bisa ditempatkan pada wadah terpisah dari ciloknya, bisa juga langsung disiramkan di atas ciloknya. Cilok bumbu rujak sangat cocok bagi penggemar kuliner pedas.

3. Cilok Bumbu Saus Lada Hitam

Cilok saus lada hitam gaya minimalis
Cilok saus lada hitam gaya minimalis. Sumber foto: https://kokidol.blogspot.co.id

Cilok bumbu saus lada hitam bumbu kental
Cilok bumbu saus lada hitam bumbu kental. Sumber foto: IG @cilok_cepot

Cilok bumbu saus lada hitam tengah naik daun. Ini adalah cara lain menikmati kenyalnya cilok. Saus lada hitam lebih dikenal sebagai saus bumbu steak daging sapi. Aroma wangi saus lada hitam dan rasanya yang mewah, membuat cilok si makanan murah meriah terasa seperti makanan mewah.

4. Cilok Salju

Cilok salju Mang Bonju tanpa bahan pengawet
Cilok salju Mang Bonju tanpa bahan pengawet. Sumber foto: IG @kulineratjeh

Cilok salju bumbu kacang
Cilok salju bumbu kacang. Sumber foto: http://cirengsalju.com/cuanki-salju/

Cilok salju merupakan varian cilok kekinianlainnya yang sedang trendy. Dinamakan cilok salju karena cilok ini ditaburi tepung kanji berwarna putih sehingga tampak seperti bersalju. Taburan tepung kanji berfungsi untuk menghindari saling lengket pada cilok dalam kemasan. Cilok salju dijual dalam kondisi mentah siap dimasak. Cara memasaknya bisa dengan dikukus atau direbus.

Saat sudah matang, tampilan cilok sama seperti cilok biasa tapi sudah memiliki rasa dari bumbu dan bahan lainnya seperti ikan atau daging.Cilok salju hangat bisa dinikmati dengan taburan atau cocolan bumbu kacang, bumbu rujak, maupun bumbu favorit lainnya. Cilok salju bisa diperoleh di gerai penjual cilok maupun toko online.

5. Cilor

Cilor telur gulung combo
Cilor telur gulung combo. Sumber foto: IG @jktfoodbang

Cilor sederhana pedas gurih
IG @jktfoodbang

Cilor merupakan singkatan dari aci telor. Ada juga yang menyebutnya cilok telor karena makanan ringan ini adalah variasi lain dari cilok. Cilor adalah cilok yang digoreng dengan balutan telur. Cilok matang yang sudah direbus atau dikukus, dicelupkan ke dalam telur ayam yang sudah dikocok sebelumnya. Kemudian digoreng di atas api kecil hingga telur yang menyelimuti cilok berwarna kuning kecoklatan. Cilor sangat nikmat dimakan selagi hangat. Balutan telurnya terasa renyah dan kriuk saat digigit.

6. Ciber

Cilok beranak isi telur puyuh
Cilok beranak isi telur puyuh. Sumber foto: http://poup.org/media

Cilok beranak saus pedas
Cilok beranak saus pedas. Sumber foto: https://mulpix.com/jktfoodbang

Ciber merupakan singkatan dari cilok beranak. Ada juga yang menyebutnya ciciber sebagai singkatan dari cimol cilok beranak atau ciciber. Dikatakan beranak karena cilok ini tampak seperti beranak, mengeluarkan cilok-cilok kecil dari dalam perutnya.

Ciber sebenarnya sama seperti cilok biasa, hanya disajikan dengan cara unik, yaitu ada cilok besar sebagai induk cilok yang beranak. Cilok berukuran besar ini di dalamnya diisi beberapa cilok kecil. Sehingga jika cilok besar ini dibelah, akan keluarlah cilok-cilok kecil sebagai anak-anaknya. Cilok kekinian ini disajikan dengan bumbu kacang ataupun saus tomat asam manis pedas.

7. Cibay

Cibay isi ayam suwir berbumbu
Cibay isi ayam suwir berbumbu. Sumber foto: https://mulpix.com/bogoreatery

Cibay Tasikmalaya
Cibay Tasikmalaya. Sumber foto: http://resepmasakanalternatif.blogspot.co.id

Cibay merupakan singkatan dari aci ngabarabay. Ada juga yang menyebutnya aci lebay dan aci ngambay. Makanan ini berasal dari Tasikmalaya yang memiliki bahasa ibu Bahasa Sunda. Kata ngabarabay berarti menjuntai panjang. Kata ini digunakan mengacu pada sifat tepung aci yang lengket dan elastis saat diolah menjadi makanan.

Cibay terbuat dari adonan tepung aci yang dicampur aneka bumbu. Ada yang menambahkan daging ayam atau bahan lainnya untuk memperkaya rasa. Adonan ini kemudian dibungkus kulit lumpia yang dilipat menjadi persegi. Cibay kemudian digoreng dan ditaburi cabe bubuk atau keju bubuk.

Jadi kamu mau mencicipi cilok kekinian yang mana?