Jawa Banget! Inilah 5 Wisata Kuliner Yogyakarta yang Terbaik!

Yogyakarta memiliki kekhasan rasa kuliner yang patut dicoba. Bumbu dan rempahnya benar-benar menyatu dalam setiap rasa makanan, sehingga membuat wisata kuliner Yogyakarta benar-benar cocok di lidah. Berikut ini beberapa wisata kuliner Yogyakarta yang patutu Anda coba, jika Anda berkunjung ke Yogyakarta.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon Mbah Prapto Jalan Janturan, Yogyakarta
Gudeg Pawon Mbah Prapto Jalan Janturan, Yogyakarta. Sumber foto: https://www.gudeg.net

Gudeg Pawon
Gudeg Pawon. Sumber foto: http://jajanjogja.com

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Gudeg adalah daging nangka muda yang dimasak yang dicampur dengan bumbu khas Indonesia serta dicampurkan santan menjadikan gudeg selalu menjadi makanan favorit orang Yogyakarta. Banyak penjual gudeg yang enak di Yogyakarta, namun yang khas dan yang pertama adalah Gudeg Pawon. “Pawon” yang berarti “dapur” dan memang tempat ini melayani pelanggannya langsung dari dapur. Sehingga konsumen yang ingin mencicipi gudeg pawon dapat langsung melihat tungku sederhana dan beberapa peralatan lainnya yang sederhana untuk memasak gudeg. Berdiri sejak tahun 1958 membuat gudeg pawon memiliki banyak pengalaman dalam meramu bumbu dan memiliki banyak pelanggan.

 Sekedar mengetahui kalau gudeg pawon buka mulai jam buka 22.30 hingga gudegnya habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda yang merencanakan ingin menikmati gudeg Pawon ada baiknya datang lebih awal, karena dikhawatirkan gudeg ini akan habis, karena banyaknya pelanggan gudeg pawon yang berdatangan, silih berganti.

2.  Angkringan Lik Man

Gerai Angkringan Lik Man
Gerai Angkringan Lik Man. Sumber foto: Yogyes.com

Santapan di Angkringan Lik Man
Santapan di Angkringan Lik Man. Sumber foto: Yogyes.com

Angkringan bukanlah hal yang baru di kota Yogyakarta, banyak angkringan yang tersedia di Yogyakarta dengan tetap mengandalkan menu angkringan seperti sego (nasi kucing), sate telur puyuh dan aneka gorengan. Namun, diantara semua angkringan, ada satu yang istimewa di Yogyakarta yaitu Angkringan Lik Man. Angkringan ini telah berdiri sejak tahun 1969 dan merupakan angkringan pertama di kota pelajar ini.

Angkringan Lik Man terdapat di kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta dan mulai buka pukul 18.00 hingga habis semua makanan yang ditawarkan. Kalau kita lihat lebih jauh lagi, ternyata angkringan Lik Man juga memiliki keistimewaan lain yaitu dapat menyantap Kopi Joss dengan harga yang bersahabat.

Nama kopi Joss sendiri berasal dari arang yang dimasukkan ke dalam kopi, sehingga menimbulkan suara “Joss” ini lah cikal-bakal pemberian nama kopi Joss. Konon katanya, arang yang dicampurkan ke kopi dapat menyeimbangkan kafein sehingga kopi yang Anda konsumsi akan aman bagi kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, di tempat ini dapat menikmati kuliner dengan harga murah, cukup merogoh kocek  Rp.10.000-Rp.15.000, Anda sudah bisa nongkrong di angkringan Lik Man dan menikmati udara malam yang dingin beserta pembicaraan hangat seputar olahraga hingga politik.

3. Sate Klathak Pak Pong

Gerai Sate Klathak Pak Pong
Gerai Sate Klathak Pak Pong. Sumber foto: kotajogja.com

Sate Klathak Pak Pong
Sate Klathak Pak Pong. Sumber foto:IG: @sforsons

Bagi penikmat sate, utamanya sate kambing Anda dapat mencicipi Sate Klathak Pak Pong yang terletak di Yogyakarta tepatnya di Jalan Imogiri Bantul. Terbuat dari daging kambing dan bumbu yang sederhana yaitu perpaduan antara garam, merica, dan kecap membuat  rasa sate Klathak Pak Pong meleleh nikmat di lidah.

Selain itu, sate klathak Pak Pong disajikan dengan cara yang unik, yaitu menggunakan tusuk dari jeruji besi sepeda, bukan dari tusuk bambu seperti biasanya. Konon katanya, penggunaan jeruji besi untuk menusuk daging sate, akan memiliki kematangan yang lebih merata dibandingkan penggunaan tusuk bambu.

4. The House of Raminten

Restoran The House of Raminten
Restoran The House of Raminten. Sumber foto: https://latitudes.nu (By: Paksi Sandang Prabowo)

Beberapa menu di The House of Raminten
Beberapa menu di The House of Raminten. Sumber foto: http://www.siwimars.com

The House of Raminten merupakan salah satu wisata kuliner Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan. Seperti namanya, The House of Raminten benar-benar menyajikan makanan sesui dengan adat jawa yang kental. Mulai dari dekorasi ruangan hingga menu-menu yang disajikan. Saat di bagian luar rumah makan saja, Anda sudah dapat menemukan kereta kuda.

Di dalam restoran, Anda disuguhi pemandangan ragam arsitektur jawa ditambah dengan bau dupa yang khas. Selain itu, saat Anda menikmati santapan Anda di the house of Raminten, suara alat musik gending jawa akan memanjakan telinga dan perasaan Anda. Pelayan yang memakai kemben jawa, ditambah dengan kentongan di meja makan untuk memanggil pelayan, membuat suasana tradisional Jawa semakin terasa. Menu yang disajikan juga merupakan menu tradisional Khas Yogyakarta, seperti cunduk, brongkos, nasi kucing, sate lilit, tahu bola, dan wedang sereh.

Jika ingin mencoba bersantap di The House of Raminten Yogyakarta, beralamat di Jalan FM Noto 7 Kota Baru Yogyakarta. Kabar baiknya, rumah makan ini buka 24 jam, sehingga kapanpun Anda sedang ingin menyantap makanan khas Yogyakarta, datang saja ke The House of Raminten.

5. Kalimilk Yogyakarta

Kedai Kalimilk Yogyakarta
Kedai Kalimilk Yogyakarta. Sumber foto: https://intaninchan.wordpress.com

Susu Sapi di Kalimilk Yogyakarta
Susu Sapi di Kalimilk Yogyakarta. Sumber foto: www.pakettourjogja.com (By: steffi.angelina)

Cafe yang menghidangkan pelanggan dengan beragam jenis kopi sudah menjamur dimana-mana, namun bagaimana dengan cafe yang menyediakan beragam jenis susu? Yah, kafe seperti ini hanya dapat Anda temukan di Yogyakarta. Kalimilk Yogyakarta menawarkan beragam rasa susu, bagi Anda penikmat susu. Susu dengan rasa cookies, cokelat dan durian dapat memanjakan lidah Anda penyuka susu. Di samping itu Kalimilk Yogyakarta juga menyediakan ragam snack yang dapat dinikmati sebagai pendamping susu.

Uniknya pelanggan cafe ini disebut neneners. Begitulah mereka menyebut pelanggannya. Terletak di Jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta dan mulai beroperasi pukul 11.00 hingga menu yang ditawarkan habis. Selain itu, di Kalimilk Anda dapat memesan susu dengan porsi medium dan gajah. Jika Anda memesan dengan porsi gajah, pastikan perut Anda benar-benar kosong karena porsi gajah memang benar-benar porsi yang luar biasa banyak. Jadi, ingin ke Kalimilk menikmati beragam rasa susu?

Wisata kuliner Yogyakarta memang memiliki ragam dan khas yang patut dicoba. Beberapa wisata kuliner lain Yogyakarta juga dapat Anda nikmati di Aman Jiwo Resort, Bale Raos Restaurant, Pasar Legi Kota Gede, Via-via Yogyakarta, Klinik Kopi, Produksi tempe Borobudur, dan lain sebagainya. Silahkan berkunjung ke Yogyakarta dan jangan lupa untuk tidak melewatkan wisata kuliner Yogyakarta yang khas.