Inilah 7 Kuliner Non Halal Terlezat di Bali

Bali! Salah satu destinasi wisata di Indonesia yang paling asyik! Salah satu hal yang menjadikan Bali sangat asyik adalah kulinernya! Kuliner Bali terkenal enak. Kita juga dapat menemukan banyak kuliner non halal di Bali, salah satunya tentu saja adalah Babi Guling. Hmm, yummy! Buat Anda yang menyantap makanan non halal, berikut rekomendasi 7 kuliner non halal terlezat di Bali!

1.    Sate Babi Bawah Pohon

Sate babi bawah pohon
Sate babi bawah pohon

Inilah salah satu kuliner non halal terlezat di Bali: Sate Babi Bawah Pohon! Dinamakan Sate Bawah Pohon karena memang lokasi jualannya di bawah sebuah pohon rindang. Sate babi bawah pohon ini terkenal dengan dagingnya yang empuk, dengan rasa gurih bumbu bakaran yang meresap hingga ke bagian dalam daging. Ada dua jenis sate yang bisa Anda pesan, yaitu sate daging dan marus. Marus ini adalah darah babi yang dibekukan. Satenya dihidangkan dengan bumbu taburan garam dan cabe rawit. Anda juga bisa menyantap sate babi bawah pohon ini bersama nasi atau tipat (sebutan kupat di Bali). Sate Babi Bawah Pohon berlokasi di lapangan parkir Gelora Trisakti, Jl. Patih Jelantik, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Buka setiap hari pukul 09.00 – 18.00.

2.    Babi Guling Pak Dobiel

Babi Guling Pak Dobiel
Babi Guling Pak Dobiel

Buat kamu yang menyantap makanan non halal, wajib banget untuk mencicipi babi guling saat travelling ke Bali. Ada banyak babi guling yang enak di Bali, salah satunya adalah Babi Guling Pak Dobiel. Katanya, Babi Guling Pak Dobiel ini memiliki rasa yang masih original Bali. Hmm, penasaran kan? Selain itu, Pak Dobiel juga melayani pemesanan babi guling ekoran. Harga satu ekor babi guling ini tergantung dari ukuran babi. Biasanya, pesanan babi guling ekoran ini ramai saat hari raya keagamaan umat Hindu. Warung Babi Guling Pak Dobiel berlokasi di Jalan Srikandi, Siligita Nusa Dua. Buka setiap hari pukul 08.00 – 16.00.

Baca juga: Mari Berburu 10 Warung Babi Guling Terenak di Bali!

3.    Naughty Nuri’s

Naughty Nuri's
Naughty Nuri's

Jika sedang berada di daerah Ubud, sempatkan untuk bersantap di Naughty Nuri’s. Naughty Nuri’s adalah salah satu tempat kuliner non halal terlezat di Bali. Naughty Nuri’s ini sangat terkenal dengan pork ribs dan sosis babinya. Nama Nuri ini berasal dari nama pemiliknya yang justru berasal dari Yogyakarta, yaitu Mbak Nuri. Karena sangat terkenal, Anda harus bersiap untuk mengantri jika ingin bersantap di Naughty Nuri’s ini. Naughty Nuri’s saat ini sudah memiliki beberapa cabang. Naughty Nuri’s yang berada di kawasan Ubud berlokasi di Jl. Raya Sanggingan, Kedewatan, Ubud, Kabupaten Gianyar. Buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00.

4.    Siobak Singaraja Khe Lok

Siobak Khelok
Siobak Khelok

Siobak adalah salah satu kuliner khas Bali asal Singaraja. Siobak terbuat dari jeroan babi yang diolah dengan berbagai bumbu rempah untuk menghilangkan bau amis jeroan babi. Siobak ini lalu disajikan dengan kuah kental yang diolah bersama gula merah, ngo hyong, dan tauco. Siobak ini memiliki citarasa gurih dari daging dan jeroan babi, serta citarasa manis dari kuah kentalnya. Siobak yang terkenal di Bali adalah Siobak Khe Lok. Nama Khe Lok ini diambil dari pemiliknya, yaitu Tan Khelok. Tan Khelok pertama kali memulai usaha siobak ini di Singaraja pada tahun 1964. Setelah Tan Khelok meninggal pada tahun 1971, usaha siobak ini diteruskan oleh anak-anaknya. Salah satu tempat di mana Anda dapat menikmati Siobak Khe Lok ini adalah di Jl Surapati No 66, Singaraja, Bali. Buka setiap hari pukul 07.00 – 20.00. 

5.    Wahaha Ribs

Wahaha Ribs
Wahaha Ribs

Selain Naughty Nuri’s, ada pork ribs lainnya yang juga terkenal di Bali, yaitu Wahaha Ribs. Porsi yang disajikan di Wahaha Ribs ini sangat besar. Dagingnya empuk dengan tekstur yang juicy dan bumbu barbeque yang meresap. Pork Ribs-nya disajikan bersama kentang goreng, salad segar, dan sepotong jagung manis. Ukuran porsi di Wahaha Ribs ini bisa disantap untuk berdua. Wahaha Ribs ini bertempat di sebuah restoran yang cukup luas di daerah Seminyak. Restorannya nyaman dengan tempat parkir yang juga luas. Lokasi tepatnya adalah di Jl. Sunset Road Barat no 1689, Seminyak-Bali. Buka setiap hari pukul 11.00 – 22.00.

6.    Arena Ribs

Pork Ribs dari Arena Pub & Restaurant
Pork Ribs dari Arena Pub & Restaurant

Kuliner non halal terlezat di Bali lainnya dapat Anda temukan di Arena Pub & Restaurant. Arena Pub & Restaurant ini aslinya adalah sebuah restoran jerman. Jangan terkejut bila Anda melihat ada begitu banyak expatriate saat berkunjung ke restoran ini. Salah satu menu favorit di Arena Pub & Restaurant ini adalah pork ribs-nya. Pork Ribs di Arena ini memiliki citarasa nikmat yang khas dengan bumbu yang lebih meresap. Tekstur dagingnya pun lembut dan mudah terlepas dari tulangnya. Arena Pub & Restaurant ini terletak di Jl. By Pass Ngurah Rai no 115 Sanur. Buka setiap hari pukul 12.00 – 00.00.

7.    Lawar Warung Nasi Lukluk

Lawar babi Warung Lukluk
Lawar babi Warung Lukluk

Anda tahu lawar? Lawar ini adalah salah satu kuliner non halal terlezat di Bali. Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging babi cincang yang diberi bumbu dan kelapa. Bahkan, ada beberapa jenis lawar yang pengolahannya menggunakan darah babi sehingga rasanya lebih lezat. 100% haram deh pokoknya! Jika ingin mencicipi lawar yang lezat, Anda bisa datang ke Warung Nasi Lukluk. Warung Nasi Lukluk ini adalah salah satu rumah makan legendaris di Bali. Anda bisa mencoba lawar babi dengan sop kuah babi dan jeroan goreng. Lawar Warung Nasi Lukluk ini terkenal saking enaknya! Warung Nasi Lukluk berlokasi di Jalan Raya Kapal penghubung Denpasar – Negara. Buka setiap hari pukul 07.30 – 15.00.

Baca juga: 10 Makanan Tradisional Khas Bali

Nah, Klikers, itulah 7 kuliner non halal terlezat di Bali. Buat Anda yang hanya menyantap makanan halal, Bali juga punya segudang makanan halal yang lezat, kok! Yuk, tungguin di tulisan saya yang selanjutnya :-). Salam kuliner!