Jelajah Kuliner Lombok dan Rasa Pedas Lombok

Lombok, yang juga merupakan sinonim dari kata cabai, merupakan pulau yang memiliki kuliner pedas dan segar. Idaman bagi pencinta kuliner, Lombok memberikan bahan yang terbaik dan dimasak secara sederhana namun istimewa. Penasaran dengan makanan yang bisa dijelajahi di Pulau Lombok? Berikut ini kuliner Lombok yang harus dicoba saat dikunjungi klikers:

  1. Ayam Taliwang

 Kuliner Lombok

Ayam Taliwang adalah masakan Lombok yang paling terkenal dan bukan tanpa alasan. Ayam kampung muda yang diberi bumbu terasi, santan dan sambal lalu dibakar dengan batok kelapa ini begitu harum, pedas dan lezat. Ayam yang digunakan adalah ayam muda sehingga dagingnya masih begitu lembut. Ayam kampung yang tidak dikandangi membuat rasa dagingnya sendiri sudah memberikan rasa yang lebih gurih, lalu diberi bumbu terasi dan santan. Gurih dan enaknya ayam taliwang akan membuat lidah Anda tidak akan bosan menikmatinya.

  1. Plecing Kangkung

 Kuliner Lombok

Plecing Kangkung, terbuat dari kangkung segar yang direbus dan diberi sambel terasi, tauge, kacang dan perasanan limau. Rasanya yang begitu segar dan pedas menjadikan teman terbaik untuk dimakan dengan nasi hangat. Keistimewaannya tidak lain adalah sayur kangkung Lomboknya. Berlimpahnya mata air yang mengalir menjadikan Lombok merupakan tempat terbaik di Indonesia dalam menghasilkan kangkung. Kangkung yang  gemuk, hijau dan tidak elastis membuat setiap gigitan kangkung begitu renyah dan segar.

  1. Sate Tanjung

 satetanjung

Sate Tanjung ini namanya diperoleh dari lokasi tempat dijualnya, yaitu di kecamatan Tanjung di Lombok Utara. Terbuat dari ikan cakalang, lalu dipotong kecil-kecil dan dipisahkan dari tulang. Ikan tersebut lalu diberi bumbu rempah-rempah, santan dan jeruk limau. Untuk mencari sate Tanjung ini sangat mudah, pergilah ke Lombok Utara di pasar Tanjung dari pukul 14.00 hingga 21.00 malam. Anda akan melihat para Ibu-ibu sedang membakar dan menyediakan sate tanjung di pinggir jalan.

  1. Nasi Puyung

 todo_culinary_puyung

Nasi Puyung ini mungkin hanya bisa dijumpai di pulau Lombok. Namun begitu Anda coba, bisa-bisa langsung ketagihan. Nasi puyung ini dibungkus dengan daun pisang, isinya terdapat cabai kering, urap, kedelai goreng dan suwiran ayam. Begitu dibuka, rasa pedas dan gurih sudah langsung menyengat. Rasa pedasnya dijamin bikin Anda tidak dapat berhenti makan. Nasi Puyung ini terletak di Kampung Puyung di Lombok Tengah, namun bisa juga ditemui di kota Mataram.

  1. Beberuk

 20120513_Beberok-Terong

Makanan khas Lombok ini dibuat dari irisan terong, kacang panjang dan dibanjur dengan sambal terasi yang pedas dengan irisan bawang merah  Makanan yang sederhana ini begitu dekat dengan masyarakat Lombok, apapun makananya biasa ditemani oleh beberuk. Irisan terong dan kacang panjangnya masih mentah sehingga kesegarannya begitu terasa.

  1. Bebalung

 1057359bebalunggg780x390

Arti dari kata bebalung ini dapat bermacam-macam makna, bisa juga bermakna tulang ataupun tenaga. Nama yang tidak salah, bebalung merupakan sop yang terbuat dari tulang dan digunakan oleh orang Sasak sebagai penambah tenaga. Terbuat dari iga sapi, sop ini juga berisi dengan rempah-rempah dan plecing dan rasanya asam dan pedas. Dimasak dengan cukup lama, membuat dagingnya begitu lembut ditambah kuah kaldu dari tulang dan rempah yang begitu menggoda. Makanan ini tidak hanya untuk memuaskan rasa lapar, namun juga sebagai makanan yang disajikan untuk upacara dan hajatan masyarakat Sasak.

  1. Sate Daging Rembiga

 saterembiga

Untuk merasakan nikmatnya daging sapi Lombok yang khas, paling cocok jika telah dibuat sate rembiga. Daging sapi di lombok tidak dipelihara di dalam kandang namun dibiarkan merumput di padang rumput. Daging segar diolah dengan ditumbuk agar tidak keras saat ditusuk dan empuk saat dikunyah. Dagingnya direndam selama 3 jam dalam bumbu cabai kering, terasi, bawang putih dan gula merah. Sate rembiga biasanya disajikan dengan lontong bulayak, nasi yang digulung daun aren.

  1. Ares

wisata kuliner sayur aresMakanan ini merupakan makanan khas Lombok yang bisa dibilang unik, Ares terbuat dari pelapah pisang dan melewati proses pembuatan yang rumit. Pemilihan bahan yang baik merupakan tahap yang penting, biasanya dicari pelapah pisang yang masih muda yang belum memiliki bunga. Pelapah pisangnya tersebut diiris tipis-tipis, digarami dan dibumbui. Makanan ini begitu lekat untuk orang Sasak karena disajikan pada pesta pernikahan

  1. Ayam Rarang

ayamrarang

Ayam Rarang ini rasa pedasnya tidak kalah dengan yang lain. Berasal dari Lombok Timur di desa Rarang, ayam rarang ini dibuat dari ayam suwir yang dicampur dengan sambal plecing yang pedas. Ayam rarang ini masih dibuat di tunguk menggunakan kayu bakar, dan menggunakan ayam muda untuk memastikan kualitasnya. Ayam rarang ini disediakan dengan pasangan kacang kedelai goreng, sayur bening dan sate ati empela. Rasanya ayamnya begitu lembut dan dibanjur oleh kuah yang berminyak, pedas dan kaya rempah.

  1. Tahu Tek-tek

 Pecel_Hariadhi

Lombok juga memiliki kuliner yang khas yaitu tahunya. Tidak jarang tahu lombok ini menjadi oleh-oleh yang dibawa para pelancong. Tahu lombok, berwarna putih dan padat, membuat pencinta tahu selalu mengincar tahu lombok. Jika Anda ingin menikmati rasa tahu goreng yang digoreng lalu diberi dengan bumbu petis dan kacang lalu kangkung Lombok dijamin pasti ketagihan. Warung tahu tek-tek ini bisa ditemui di warung-warung Mataram.

(KsanaKsini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *