Yuk, Cicipi 7 Kuliner Maknyus ala Presiden-Presiden Indonesia Berikut!

Presiden juga manusia. Mereka juga memiliki hasrat untuk mencicipi berbagai kuliner yang lezat. Apalagi, seorang presiden kerap berkunjung ke berbagai tempat. Tidak terkecuali adalah para Presiden Republik Indonesia. Ditambah lagi, Indonesia terkenal dengan sajian kuliner yang lezat. Menariknya, setiap Presiden Republik Indonesia memiliki langganan tempat kulinernya tersendiri. Masing-masing lokasi pun punya cita rasa yang unik. Penasaran dengan kuliner favorit presiden RI tersebut? Simak nih ulasannya.

1. Bakmi Jawa Pak Minto

Warung Bakmi Jawa
Warung Bakmi Jawa. Sumber foto: http://ajang-berita.blogspot.co.id

Bakmi Jawa Goreng
Bakmi Jawa Goreng. Sumber foto: http://www.gandhianwar.com

Bakmi Jawa Kuah
Bakmi Jawa Kuah. Sumber foto: Twitter @Bakmi_H_Minto

Bakmi Jawa Pak Minto menjadi pilihan kuliner favorit Presiden Soeharto dan Megawati. Kedua mantan presiden tersebut tergila-gila dengan bakmi jawa yang menggunakan kuah gulai tongseng di sini. Apalagi, mi di sini terkenal dengan teksturnya yang lembuat. Mi yang disajikan dengan kecap ini juga terasa manis, yang nampaknya cocok dengan lidah kedua mantan presiden tersebut.

Untuk mencicipi Bakmi Jawa Pak Minto, Anda pun tidak perlu bepergian jauh. Tempat makan favorit ini berada di Jakarta, tepatnya di kawasan Stasiun Gondangdia. Bakmi yang telah berdiri sejak tahun 1964 ini menawarkan berbagai pilihan menu. Bisa memilih mi dengan suwiran daging ayam, daging sapi, ataupun kambing.

Bakmi Jawa Pak Minto
Alamat : Stasiun Gondangdia, Jl. KH. Wahid Hasyim, RT.8/RW.9, Kebon Sirih, Menteng, RT.10/RW.5, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10340

2. Oasis Jakarta

Salah satu spot di dalam restoran Oasis Jakarta
Salah satu spot di dalam restoran Oasis Jakarta. Sumber foto: http://bullyyourbelly.com

Appetizers
Appetizers. Sumber foto: http://bullyyourbelly.com

Varian Menu di Restoran Oasis Jakarta
Varian Menu di Restoran Oasis Jakarta. Sumber foto: https://gastronomy-aficionado.com

Oasis Jakarta menjadi pilihan kuliner favorit Presiden Indonesia berikutnya. Tercatat, empat presiden menjadi langganan restoran ini, yakni Presiden Soeharto, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, serta Joko Widodo. Sebagai tambahan, tamu negara seperti Bill dan Hillary Clinton, Pangeran Belanda H.R.H Prince Bernhard, ataupun Queen Sofia dari Spanyol juga pernah dijamu di sini.

Restoran Oasis Jakarta memang sangat istimewa, hadir dengan desain klasik. Restoran ini pun memiliki sejarah yang panjang, berdiri sejak tahun 1968. Selain itu, Anda akan merasakan suasana interior ruangan yang Indonesia banget di sini. Buktinya, terdapat berbagai pajangan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Terdapat ukiran serta topeng yang berasal dari Kalimantan, Jawa, Bali, ataupun Papua.

Restoran Oasis Jakarta
Alamat : Jl. Raden Saleh Raya no 47, Jakarta Pusat

3. Sari Bundo Juanda

Restoran Sari Bundo Juanda
Restoran Sari Bundo Juanda. Sumber foto: http://danielfooddiary.com

Varian Menu
Varian Menu. Sumber foto: http://danielfooddiary.com

Bumbu kuah khas Sari Bundo Juanda
Bumbu kuah khas Sari Bundo Juanda. Sumber foto: http://danielfooddiary.com

Presiden BJ Habibie memang bukan orang Padang, melainkan kelahiran Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Meski begitu, pria yang tercatat sebagai presiden ketiga Indonesia tersebut jatuh cinta dengan kuliner khas Padang yang disajikan oleh Restoran Sari Bundo Juanda. Bahkan, beliau secara khusus memperoleh julukan sebagai tamu favorit di sini.

Restoran Sari Bundo Juanda ini juga memiliki usia yang sangat panjang. Telah berdiri sejak tahun 1967. Para menteri yang berada di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto pun turut serta menjadi pelanggan restoran ini. Apalagi, lokasi dari restoran ini tidak jauh dari Istana Negara. Hal itu pun memberi kemudahan bagi para pejabat tinggi untuk mengaksesnya.

Sari Bundo Juanda
Alamat : Jl. Ir Juanda No. 27, RT.1/RW.3, Kb. Klp., Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10120

4. Gado-Gado Direksi

Warung Gado-Gado Direksi
Warung Gado-Gado Direksi. Sumber foto: http://foto.okezone.com

Gado-Gado Direksi
Gado-Gado Direksi. Sumber foto: http://foto.okezone.com

Gado-Gado Direksi siap disantap
Gado-Gado Direksi siap disantap. Sumber foto: http://www.doyankuliner.com

Kedai yang satu ini memang sederhana, berada di pinggir jalan dengan ukuran tidak lebih dari 20 meter persegi. Meski begitu, cita rasa dari Gado-Gado Direksi yang beralamat di Jalan Pintu besar Selatan 2 berhasil menjadi kuliner favorit Presiden Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, dua presiden pernah mencicipi kuliner gado-gado di sini, yakni Abdurrahman Wahid alias Gus Dur serta Megawati Soekarnoputri.

Hanya saja, Presiden Gus Dur tidak pernah berkunjung ke kedai ini secara langsung. Pun halnya dengan Megawati. Saat masih menjabat sebagai presiden, Gus Dur menugaskan ajudannya untuk membeli gado-gado di sini. Jumlahnya pun cukup banyak, bisa mencapai 20 hingga 30 porsi. Sementara itu, Megawati lebih memilih untuk mengirim orang dekatnya untuk membawakan kuliner dari Gado-Gado Direksi.

Gado-Gado Direksi
Alamat : Jl. Pintu Besar Selatan 2, Glodok, Tamansari, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11180

5. Sate Bu Bejo

Warung Sate Bu Bejo
Warung Sate Bu Bejo. Sumber foto: https://mysukmana.net

Pembakaran Sate Bu Bejo
Pembakaran Sate Bu Bejo. Sumber foto: https://mysukmana.net

Sate Bu Bejo yang menggiurkan
Sate Bu Bejo yang menggiurkan. Sumber foto: https://mysukmana.net

Reputasi yang membanggakan juga dimiliki oleh Warung Sate Bu Bejo yang terletak di Lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo. Warung sederhana yagn satu ini kerap menjadi persinggahan makan Presiden Joko Widodo. Bahkan, beliau menjadi langganan warung ini sejak menjabat sebagai Walikota Solo. Tidak jarang, Presiden Indonesia tersebut pun menyempatkan waktunya untuk datang ke sini bersama anggota keluarga lainnya.

Warung Sate Bu Bejo
Alamat : Jl. Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah 57199

6. Restoran Cahaya Kota

Interior Restoran Cahaya Kota
Interior Restoran Cahaya Kota. Sumber foto: http://www.cahayakota.com/

Salah satu menu steak
Salah satu menu steak. Sumber foto: http://www.cahayakota.com/

Menu Favorit Presiden Soekarno
Menu Favorit Presiden Soekarno. Sumber foto: https://www.tripadvisor.co.id

Restoran yang menyajikan menu Tionghoa ini menjadi kuliner favorit Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno. Beliau pun kerap menghabiskan waktunya bersama keluarga untuk menyantap sajian berbagai menu restoran yang beralamat di Jalan KH Wahid Hasyim nomor 9, Menteng tersebut.

Presiden Soekarno bukanlah satu-satunya yang menjadi langganan di restoran ini. Tercatat, mendiang Soeharto dan Susilo Bambang Yudhoyono juga kerap terlihat menyantap makanan di sini. Berbagai menu pun siap dihidangkan. Mulai dari gurame asam manis, udang mutiara, hingga sapo seafood. Menariknya, menu di restoran favorit para presiden ini ternyata tidak terlalu mahal, berada di kisaran Rp100 ribuan.

Restoran Cahaya Kota
Alamat : Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 9, RT.12/RW.9, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10340

7. Rumah Makan Padang Sederhana

Rumah Makan Padang Sederhana yang khas dengan atap Padangnya
Rumah Makan Padang Sederhana yang khas dengan atap Padangnya. Sumber foto: http://www.mapio.net

Menu beragam dari Rumah Makan Padang Sederhana
Menu beragam dari Rumah Makan Padang Sederhana. Sumber foto: http://www.bisnisfirzi.com

Gus Dur ternyata tidak hanya menjadi langganan di Gado-Gado Direksi. Pria yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum PBNU tersebut juga kerap mencicipi berbagai sajian makanan padang yang ada di Rumah Makan Sederhana. Lokasi favoritnya adalah Rumah Makan Padang Sederhana yang beralamat di Jalan Raden Saleh nomor 29.

Di tempat ini, berbagai menu pun kerap dicoba oleh Gus Dur. Secara khusus, beliau menyukai tiga menu yang ditawarkan oleh restoran Padang tersebut, yakni dendeng batako, limpa gulai, serta otak sapi gulai. Sebagai tambahan, Gus Dur juga kerap memilih minuman pendamping berupa es teh tawar dan jus alpukat.

Restoran Sederhana Cikini
Alamat : Jalan Raden Saleh No. 29, Cikini, Menteng, RT.2/RW.3, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330

Nah, dari 7 tempat tersebut, kuliner mana saja yang pernah Anda cicipi?