Murah-Meriah 7 Kuliner Kaki Lima Seafood di Jakarta

Lanjutan dari: Selalu Mantap: 8 Restoran Seafood di Jakarta

Kuliner seafood identik dengan harganya yang tidak murah. Apalagi jika Anda memesan seafood seperti kepiting atau lobster saat bersantap di restoran seafood. Siap-siap saja untuk merogoh isi dompet lebih dalam. Buat Anda yang memiliki budget kuliner yang lebih besar, mungkin tidak masalah. Buat saya pribadi, kadang pusing juga kalau harus keluarin uang terlalu besar untuk kulineran. Tapi, pengen makan enak juga, nih! Nah, lho? Solusinya: cari kulineran yang murah meriah. Kulineran seafood pun tak selalu mahal. Anda bisa bersantap seafood murah meriah di kaki lima. Berikut 7 kuliner kaki lima seafood di Jakarta yang selalu laris manis:

1.    Kerang Kiloan Pak Rudi

Kerang Kiloan Pak Rudi
Kerang Kiloan Pak Rudi
beberapa jenis kerang yang bisa kita nikmati di Kerang Kiloan Pak Rudi
beberapa jenis kerang yang bisa kita nikmati di Kerang Kiloan Pak Rudi

Buat Anda yang doyan kerang, Anda wajib banget mencoba kuliner kaki lima seafood di Jakarta yang satu ini. Tapi, sebaiknya Anda jangan datang sendirian karena (sesuai namanya), kerang di Kerang Kiloan Pak Rudi ini dijual kiloan. Kerang Kiloan Pak Rudi ini menyediakan 11 macam kerang dengan berbagai macam saus. Varian kerangnya antara lain adalah kerang kepa, kerang tiram, kerang hijau, kerang dara, kerang kampak, kerang bambu, kerang batik, kerang madu, kerang bulu, kerang salju, dan kerang simping. Untuk pilihan sausnya, ada Saus Ala Pak Rudi, saus mushroom, saus padang, saus barbeque, saus nanas, dan lainnya. Anda tinggal memilih sesuai dengan selera favorit Anda. Tapi, Anda minimal membeli 1 kilogram, yah! Kerang yang disajikan di sini juga fresh. Kerang Kiloan Pak Rudi berlokasi di Jalan Patiunus No.9, Kebayoran Baru, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120. Mulai buka jam 16.00 hingga 00.00 (atau sold out).

2.    Seafood 94 Mulyono Kalimati

Seafood 94 Mulyono
Seafood 94 Mulyono

seafood-94-mulyono

Kalimati adalah salah satu daerah di Jakarta yang terkenal dengan street food-nya di sore hari. Salah satunya yang sangat terkenal adalah Seafood 94 Mulyono Kalimati. Pilihan menunya cukup banyak, mulai dari cumi, udang, ikan, kepiting, kerang, hingga cah kangkung. Seafood-nya juga bisa dimasak asam manis, lada hitam, saus tiram, saus mentega, saus padang, dan lainnya. Hal yang membuat Seafood 94 Mulyono Kalimati ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk kuliner seafood di Jakarta – selain rasanya yang sedap –  adalah tempatnya yang luas sehingga cukup nyaman dan pelayanannya yang sigap. Anda yang membawa kendaraan pribadi juga tak akan kesulitan mencari tempat parkir karena tersedia lahan parkir yang luas.  Seafood 94 Mulyono Kalimati ini berlokasi di Jl. Hidup Baru, Kalimati Pademangan, Jakarta Utara. Mulai buka pukul 17.00 hingga dini hari.

3.    Seafood 68 Santa

Seafood 68 Santa
Seafood 68 Santa
beberapa pilihan menu yang bisa dipesan
beberapa pilihan menu yang bisa dipesan

Bagi Anda yang berada di daerah Jakarta Selatan dan penasaran dengan seafood kaki lima, Anda bisa mencoba Seafood 68 Santa. Seafood 68 Santa ini pun menghadirkan aneka macam menu seafood, mulai dari cumi, kerang, kepiting, ikan bakar, cah kangkung, dan lainnya. Apapun pilihan seafood Anda, jangan lupa untuk memesan yang dimasak dengan saus padang. Saus padang adalah salah satu andalan Seafood 68 Santa. Menu favorit lainnya adalah ikan baronang bakar. Seafood 68 Santa ini harganya juga murah walaupun porsinya tidak terlalu jumbo. Sambil bersantap di sini, Anda juga bakal diiringi dengan musik live dari para pemusik jalanan yang sering ngamen di sana. Tak perlu khawatir akan merasa terganggu karena pengamen-pengamen di sana suaranya bagus-bagus. Hohoho. Seafood 68 Santa berlokasi di Jl. Wolter Monginsidi, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Buka mulai pukul 18.00 – 23.00.

4.    Seafood Ayu Kelapa Gading

Seafood Ayu
Seafood Ayu
Kepiting Saos Padang, menu favorit di Seafood Ayu
Kepiting Saos Padang, menu favorit di Seafood Ayu

Kuliner daerah Kelapa Gading memang top! Salah satu kuliner kaki lima seafood di Jakarta pun ada di daerah ini. Namanya Seafood Ayu. Seafood Ayu ini bertempat di sebuah warung tenda yang luas. Tersedia 20 meja di mana setiap mejanya dapat menampung 20 tamu. Walaupun demikian, sering kita harus mengantri dulu untuk bisa mendapatkan tempat di sini. Saking sohornya! Menu favorit di Seafood Ayu ini adalah kepiting saus padang. Selain kepiting, menu seafood lainnya yang tak kalah enaknya adalah ikan kuwe bakar. Selain menu seafood, Seafood Ayu ini juga menjual ayam bakar/goreng dan juga pecel lele. Seafood Ayu pertama kali buka pada tahun 2004. Sempat beberapa kali pindah tempat, saat ini Seafood Ayu berlokasi di Jl. Boulevard Barat Raya, Komplek Gedung Marina Kelapa Gading, Jakarta Utara. Buka pukul 17.00 – 01.00.

5.    Santiga Seafood Abeng

Santiga Seafood Abeng
Santiga Seafood Abeng
Kepiting Jumbo Saus Padang
Kepiting Jumbo Saus Padang

Santiga Seafood Abeng pertama kali buka pada tahun 1989. Awalnya mereka bertempat di daerah Bendungan Hilir, tapi lalu pindah ke daerah Fatmawati pada tahun 2000-an. Katanya, di Santiga Seafood Abeng memiliki 75 menu masakan seafood. Namun dari 75 varian menu itu, yang menjadi favorit di Santiga Seafood Abeng ini adalah kepiting jumbo saus padang dan lada hitam. Menu lainnya yang tak kalah menarik adalah bihun goreng seafood, ifumie, sapo tahu, kwetiau kuah, hot plate kangkung, ayam kuluyuk, dan lainnya. Salah satu rahasia larisnya Santiga Seafood Abeng ini adalah pada kenikmatan bumbu racikannya. Santiga Seafood Abeng ini tidak menggunakan bumbu siap jadi. Seafood yang digunakan juga selalu dalam kondisi fresh. Buat Anda yang penasaran dengan lezatnya kuliner kaki lima seafood di Jakarta yang satu ini, datanglah ke: Jl Raya Fatmawati No 41 (kira-kira 500 meter dari lampu merah Fatmawati), Fatmawati, Jakarta Selatan. Buka pukul 17.00 – 00.00.

6.    Seafood 99 Pecenongan

Seafood 99 Pecenongan
Seafood 99 Pecenongan
ukuran porsi di Seafood 99 Pecenongan ini jumbo!
ukuran porsi di Seafood 99 Pecenongan ini jumbo!

Kuliner kaki lima seafood di Jakarta yang juga sudah melegenda adalah Seafood 99 Pecenongan. Seafood 99 Pecenongan ini pertama kali buka pada tahun 1972 dan saat ini dikelola oleh generasi ketiga. Dalam kurun waktu 40 tahun ini, Seafood 99 Pecenongan masih mempertahankan citarasa asli masakannya. Menu favorit di Seafood 99 ini antara lain adalah kepiting saus lada hitam, gurame asam manis, cumi lada hitam, dan kalian cah polos. Salah satu kunci kelezatan dari Seafood 99 ini adalah mereka menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik, mulai dari daging, hingga sayur dan bumbu, semuanya menggunakan bahan-bahan yang segar. Btw, Seafood 99 ini sebenarnya bukan bertempat di warung tenda seperti seafood kaki lima lainnya. Mereka menempati sebuah bangunan semi permanen di Jalan Pecenongan Raya no.48B Jakarta Pusat. Tapi karena suasananya sederhana dan bangunannya semi permanen, bolehlah kita masukkan ke dalam kategori kaki lima, ya!  Seafood 99 ini buka setiap hari pukul 17.00 – 01.30.

7.    Bola Seafood Acui 

Bola Seafood Acui
Kepiting Asap dari Bola Seafood Acui

Bola Seafood Acui adalah salah satu tempat kuliner kaki lima seafood di Jakarta yang memiliki kekhasan tersendiri. Di bagian depan kedai, mereka memajang kerang, ikan laut, udang, dan juga kepiting segar di dalam bak. Seperti di restoran, pengunjung bisa memilih seafood sebelum ditimbang dan dimasak. Menu favorit di Bola Seafood Acui ini adalah kepiting saus padang, udang telor asin, ikan asam manis, kepiting asap, ikan bakar, dan cumi saos padang. Keunikan lainnya, Bola Seafood Acui ini lebih inovatif dalam pemilihan bumbu dan pengolahan seafood-nya. Bola Seafood Acui buka mulai pukul 17.00 – 23.00. Saat ini, Bola Seafood Acui sudah memiliki tiga gerai di Jakarta, yaitu di: 
•    Jl. Hartono Raya, Kec. Tangerang, Tangerang, Banten 15117
•    Food Plaza, Jl. Outer Ring Road, Pantai Indah Kapuk, Jakarta
•    Jl. Pluit Karang Timur Raya No.20 – 22, Pluit

Klikers, itulah rekomendasi 7 tempat kuliner kaki lima seafood di Jakarta. Semoga bisa menjadi referensi untuk Klikers yang lagi kepengen makan seafood murah-meriah, ya!  

 

2 Comments

  • […] Buat Anda penggemar seafood yang sedang berada di daerah Jakarta Barat, jangan lupa untuk mengunjungi Saung Greenville. Restoran seafood yang buka sejak tahun 1999 ini memiliki spesialiasi pada menu kepiting. Salah satu menu andalannya adalah Kepiting Asap (Smoked Crab). Kepiting Asap ini diolah dengan bumbu kelapa parut, gula jawa, cabai, dan rempah-rempah, lalu dibungkus daun pisang dan diasap. Perpaduan nikmatnya rasa pedas, manis, dan sedikit masam benar-benar menggoyang lidah. Menu kepiting favorit lainnya di sini adalah kepiting telur lada hitam dan kepiting saus padang. Selain menu kepiting, Saung Greenville juga menyajikan menu spesial kerang, kakap, bawal, gurame, dan nila. Saung Greenville  ini berlokasi di: Jalan Ratu Kemuning Bulevar Greenville Blok AS No.39, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 23.00. .u88932ab980cd841e6e5639cb0b2c9128 { padding:0px; margin: 0; padding-top:1em!important; padding-bot… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *