Kuliner Lembang yang Wajib Dicoba

Lembang adalah salah satu destinasi favorit di Bandung. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam seperti Gunung Tangkuban Perahu hingga wisata kuliner di Floating Market. Berbicara mengenai kuliner Lembang, ada berbagai makanan khas yang cocok dinikmati di suasana dan udara Lembang yang sejuk. Anda dapat menemukan kuliner Lembang yang unik dan khas tersebut di sepanjang perjalanan menuju Lembang juga di berbagai lokasi wisata di Lembang. Penasaran dengan kuliner khas Lembang yang wajib dicoba tersebut? Berikut ini daftarnya.

1. Kuliner Lembang Serba Dibakar: Ketan Bakar, Colenak, Ubi Bakar Cilembu

Kuliner Lembang yang serba dibakar
Kuliner Lembang yang serba dibakar

Ketan bakar merupakan salah satu kuliner Lembang yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Lembang. Wisatawan dapat menemukan penjual ketan bakar di sepanjang Jalan Raya Lembang menuju Pasar Lembang. Berbeda dengan ketan bakar kebanyakan, ketan bakar khas Lembang diberi tambahan topping yang unik. Wisatawan bisa memilih antara tambahan serundeng yang gurih, sambal kacang, atau sambal oncom yang sedikit pedas. Ketan bakar sangat cocok dimakan panas-panas ketika baru diangkat dari pemanggangan.

Di sekitar penjual ketan bakar wisatawan juga bisa menemukan penjual colenak dan ubi cilembu bakar. Ubi cilembu terkenal karena rasanya yang manis. Jika dibakar, aroma dan teksturnya membuat ubi cilembu terasa lembut dan manis seperti madu.

Nah, bagi yang asing dengan colenak, sebenarnya colenak adalah singkatan dari dicocol enak. Colenak berupa olahan tapai singkong yang difermentasi, kemudian dibakar dan dicocolkan ke kinca (gula merah cair). Dengan dukungan cuaca Lembang yang dingin menggigit, ketan bakar, colenak, dan ubi cilembu bakar pastinya menjadi menu pembuka yang tepat untuk petualangan kuliner Lembang Anda.

2. Kuliner Lembang Serba Tahu: Tahu Tauhid dan Tahu Susu

Kuliner serba tahu
Kuliner serba tahu

Tahu memang bisa ditemukan di mana-mana, tapi Tahu Tauhid hanya ada di Lembang. Teksturnya yang lembut terasa lumer di lidah saat dimakan panas-panas. Apalagi jika dicocol dengan sambal kecap atau dikunyah bersama cabai rawit, Tahu Tauhid akan terasa lebih nikmat. Tahu Tauhid sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman atau keluarga baik dalam bentuk mentah atau sudah digoreng. Harga per satuannya hanya Rp1.000,00.

Tahu Tauhid terletak di Jalan Maribaya. Lokasinya cukup strategis. Tempat ini juga memiliki tempat parkir yang cukup luas dan menyediakan bermacam-macam makanan, mulai dari makanan Indonesia hingga makanan Eropa.

Selain Tahu Tauhid, Tahu Susu Lembang juga cukup dikenal sebagai kuliner khas Lembang. Ada dua jenis tahu yang dijual di sini, yaitu tahu susu dan tahu mentega. Jika tahu susu menggunakan campuran kedelai dan susu murni sehingga rasanya menjadi gurih, tahu mentega menggunakan tambahan margarin dan sedikit garam. Tahu susu dan tahu mentega memiliki struktur yang lembut dan isiannya padat. Pengunjung bisa membeli tahu susu dalam bentuk mentah atau sudah digoreng untuk dijadikan sebagai buah tangan.

3. Kuliner Lembang Serba Susu: Susu Murni, Yoghurt, dan Es Mambo

Kuliner serba susu
Kuliner serba susu

Lembang memiliki banyak peternak sapi perah sehingga susu sapi murni banyak tersedia di sini. Hal tersebut juga memungkinkan tersedianya berbagai kuliner yang berbahan dasar susu, contohnya yoghurt. Susu murni dan yoghurt dapat dibeli di KPSBU Lembang yang terletak di belakang Pasar Lembang. Wisatawan dapat memilih berbagai rasa susu dan yoghurt. Susu pun bisa diminum di tempat dan disajikan dingin maupun panas.

Selain di KPSBU, wisatawan juga bisa membeli yoghurt di Toko Kusuka yang terletak di Jalan Cijeruk No.11, Lembang. Yoghurt dijual dalam bentuk cair di dalam mangkuk plastik dan dalam plastik seperti es lilin. Selain bisa mencicipi yoghurt, pengunjung pun bisa mencoba es mambo yang cukup tersohor di sini. Meskipun sudah diproduksi sejak berpuluh tahun, kualitas rasanya tetap sama.

Es mambo Kusuka memiliki banyak varian rasa seperti teh hijau, stroberi, blackberry, alpukat, kelapa, kolang kaling, buah naga, hingga rasa talas. Harga sebatang es mambo hanya Rp4.000,00 dan satu mangkuk yoghurt seharga Rp7.500,00. Toko Kusuka memiliki halaman yang luas dan bersih dengan meja dan kursi yang dilengkapi payung besar untuk tempat pengunjung duduk-duduk sambil menikmati yoghurt dan es mambo yang dibeli.

4. Sate Kelinci

Sate kelinci yang dijajakan di sepanjang jalan Lembang
Sate kelinci yang dijajakan di sepanjang jalan Lembang

Tidak hanya kelinci hidup, di sepanjang jalan menuju Lembang wisatawan bisa menemukan banyak penjual sate kelinci. Daging kelinci yang empuk dan juicy akan sangat nikmat jika dimakan bersama bumbu kacang. Tekstur daging kelinci mirip ayam, namun lebih kenyal dan rasanya pun lebih gurih.

Selain warung-warung di pinggir jalan, wisatawan juga bisa mengunjungi Sate Sapri yang cukup terkenal di Lembang. Letaknya di Jalan Raya Lembang KM 12,8. Harga satu tusuk sate kelinci hanya Rp2.000,00. Selain sate kelinci, pengunjung juga bisa mencoba aneka olahan kelinci lainnya, seperti gulai kelinci dengan harga Rp20.000,00 untuk satu porsinya.

5. Aneka Minuman Hangat: Bandrek dan Bajigur

Aneka minumana hangat yang cocok kala udara dingin
Aneka minumana hangat yang cocok kala udara dingin

Tidak lengkap rasanya jika tidak mendampingi menu makanan dengan minuman hangat khas Jawa Barat, seperti bandrek dan bajigur. Kedua minuman ini sangat tepat diminum hangat untuk mengusir hawa dingin Lembang. Bandrek dibuat dari air rebusan berbagai jenis rempah seperti jahe, serai, gula merah, dan pandan. Saat disajikan bandrek ditambahkan susu dan parutan kelapa muda. Selain menghangatkan tubuh, bandrek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Minuman tradisional khas Jawa Barat lainnya yang enak diminum sangat cuaca dingin adalah bajigur. Bajigur dibuat dari gula merah dan santan. Anda bisa menemukan warung kecil yang menjual bandrek dan bajigur di sepanjang jalan menuju Lembang atau di kawasan kuliner seperti Floating Market dan Kampung Daun.

Jadi, tunggu apa lagi? Rencanakan libur Anda ke Lembang sekarang juga dan cicipi aneka kuliner Lembang yang khas dan nikmat di sana. Jangan lupa beli juga oleh-oleh Lembang buat keluarga di rumah ya! 

Buat yang perlu info jalan tikus menuju Lembang, Klikhotel sudah sediakan rekomendasi 6 jalur alternatif ke Lembang yang teruji. Direkomendasikan langsung oleh penduduk asli Lembang 🙂