Lima Hotel Terapung Paling Eksotis di Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa yang menyimpan banyak kekayaan dan potensi wisata. Kalau sebelumnya kita sudah sangat familiar dengan pasar terapung, ternyata di Jawa Barat banyak ditemukan hotel terapung yang menawarkan pemandangan penuh keunikan dan eksotisme. Di antara berbagai hotel yang bisa terapung tersebut, inilah lima yang terbaik menurut kami.

1. Sapulidi Sawah Cafe, Resort & Gallery 

Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri, Cihideung (Lihat Peta Dan Arah Jalan)
Lembang, Bandung

Sapu Lidi Resort
Sapu Lidi Resort. Sumber foto: https://indonesia.tripcanvas.co/

Indahnya Danau di Sapu Lidi Resort
Indahnya danau di Sapu Lidi Resort. Sumber foto: https://indonesia.tripcanvas.co/

Penghijauan di Sapu Lidi Resort
Nuansa hijau di Sapu Lidi Resort. Sumber foto: https://indonesia.tripcanvas.co/

Fasilitas Sapu Lidi Resort
Fasilitas Sapu Lidi Resort. Sumber foto: http://kulinerbandungwisata.blogspot.co.id

Hotel terapung pertama yang diakui keindahan dan keunikannya adalah Sapulidi Sawah Café, Resort & Gallery. Dari namanya saja kita bisa membayangkan keunikan apa yang coba ditawarkan dari lokasi ini. Kembali ke alam adalah hal yang ingin dituju oleh pemilik resort ini. Dibangun dan dikembangkan pada area seluas kurang lebih 6 hektar, kita bisa menikmati keindahan panorama danau, bukit dan persawahan.

Jangan pernah takut kehabisan tempat di sini, karena hotel yang mengusung konsep tradisional etnis ini bisa menampung hingga 1000 orang. Sangat cocok bagi pasangan pengantin baru yang ingin menikmati malam penuh bintang dengan berdayung sampan di atas danau dan indahnya persawahan, atau para keluarga dari kota yang biasanya berkutat dengan asap dan kemacetan. Apa yang kita keluarkan sangat sebanding dengan pemandangan dan fasilitas yang diberikan.

Ada beberapa jenis kamar tersedia di hotel ini; kamar-kamar private yang terpisah satu dengan yang lain dan terapung di tengah-tengah danau, serta kamar yang bersampingan satu sama laintanpa peredam suara sehingga kita bisa mendengar apa-apa dari kamar sebelah. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Makanan yang disediakan di hotel ini pun sangat bercita rasa tradisional, kita benar-benar dibawa kembali ke alam dan masa tempo dulu, menyingkir sejenak dari peradaban modern yang melelahkan.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Sapu Lidi Resort –
Nginep di sapu lidi ehmmm enakeunn bersih tempatnya adem trus nyatu banget ama alam apalagi diterasnya bisa ngasih makan ikan2 didanaunya.
Booking hotelnya di klikhotel, dan pas check in di Sapu Lidi dapat view kamarnya bagus banget, view danau. Bisa kasih makan ikan. Banyak bgt ikannya. Trus bisa perahu-perahuan juga. Oh yah breakfastnya dapat nasi kuning, bubur, sereal, juice, macam2 kue kenyang dah. Oh yah bathtub nya gedeeeeee bgt 

2. Imah Seniman Resort 

Alamat:Jl. Kolonel Masturi No. 8, Lembang   (Lihat peta dan petunjuk arah)
Lembang, Bandung

Imah Seniman Resort
Imah Seniman Resort. Sumber foto: http://mandimatahari.blogspot

Berperahu di Imah Seniman Resort
Berperahu di Imah Seniman Resort. Sumber foto: Photos via Imah Seniman, qurrataayunin

Bungalow di Imah Seniman Resort
Bungalow di Imah Seniman Resort. Sumber foto: Photo via Lluvia Aretha

Fasilitas di Imah Seniman Resort
Fasilitas di Imah Seniman Resort. Sumber foto: Photos via DY moriniere, dhilicious

Melalui nama yang dipilih seakan-akan kita dipaksa untuk menebak bahwasanya hotel ini akan terlihat sangat nyentrik dan penuh karya seni. Pada kenyataannya hotel yang terletak di Jl. Kolonel Matsuri No. 8 Desa Cikahuripan Lembang, Jawa Barat ini memang terkenal sebagai pusatnya seniman di Lembang.

Bob Doank, pemilik dari Imah Seniman Resort ini memang mengusung konsep sebuah lokasi wisata yang menjadikan seni, khususnya seni kerajinan, sebagai daya tarik dari tempat ini. “Tidur di Danau, Makan di Hutan” adalah tagline yang dikenalkan oleh resort yang menawarkan sensasi kamar-kamar yang terapung dan restoran yang berkonsep alam dan tradisional bagi para pengunjungnya.

Ada dua jenis kamar yang disediakan di Imah Seniman, yaitu junior suite dan suite room. Junior suite terletak di pinggiran danau dengan dekorasi tradisional yang unik dan kuno. Sedangkan Suite room yang ukurannya lebih besar dari junior suite terletak di dekat sungai buatan. Sementara itu ada berbagai tipe ruangan seperti honeymoon room, executive room, villa batu, villa kayu dan serenity room. 

Imah Seniman akan menawarkan sensasi tidur di tengah alam yang eksotis. Bayangkan ketika malam hari tiba kita akan mendengar suara-suara binatang malam, desiran angin, gemericik air serta menikmati kerlip bintang nan indah. Sesuatu yang tidak akan kita temui di tengah kota besar yang hanya penuh asap dan kemacetan. Restoran bergaya tradisional dengan konsep bangunan berdinding kayu dan beratap jerami ini akan membuat kita ogah beranjak dari tempat ini. Jangan cari pizza, salad ataupun French fries ya, kita hanya akan menemukan makanan tradisional ala sunda dan Jawa Barat yang pastinya maknyus.

Yang membedakan resort ini dari lainnya yaitu adanya galeri seni yang tidak hanya memamerkan hasil-hasil kerajinan dari para penduduk di sekitar resort ini, namun juga menjadi ajang belajar bagi pendatang untuk membuat kerajinan. Sehingga kita datang ke tempat ini tidak hanya menikmati pemandangan alam yang indah, namun juga bisa belajar tentang seni kerajinan. Bagi yang suka memancing dan petualangan di alam, Imah Seniman juga menyediakan kolam pancing dan outbound area. Sangat menggiurkan, bukan?

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Imah Seniman Resort 
– Kami tiba di lokasi menjelang petang hari, disambut dengan cuaca yang sudah mulai turun gerimis. Benar-benar menambah kesan naturalis, dengan lokasi yang jauh dari akses jalan propinsi atau jalan kota. Serasa kembali ke kampung halaman. Hanya ditemani suara aliran arus sungai dan jangkrik di malam hari, menakjubkan. Menurut kami, lokasinya sangat tepat dan mendukung. Apalagi dengan desain kamar yang dominan kayu sangat bermanfaat sekali untuk mengurangi udara dingin, sehingga bisa menikmati tidur nyenyak.

3. Kampung Sampireun Resort & Spa

Kampung Sampireun Resort & Spa
Kampung Sampireun Resort & Spa. Sumber foto: http://blog.inigarut.com

Indahnya danau di Kampung Sampireun
Indahnya danau di Kampung Sampireun. Sumber foto: http://blog.inigarut.com

Area makan di atas danau
Area makan di atas danau. Sumber foto: http://blog.inigarut.com

Fasilitas di Kampung Sampireun
Fasilitas di Kampung Sampireun. Sumber foto: http://kampungsampireun.com/

Hotel yang terletak di Kampung Ciparay desa Sukakarya kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat merupakan salah satu hotel terapung terbaik di Jawa Barat. Hotel unik ini menawarkan konsep bersantai di alam yang memiliki luas kurang lebih 3,6 hektar termasuk luas Situ Sampireun (1 Hektar) dengan 7 mata airnya.

Nama Sampireun sendiri diambil dari nama danau yang terletak di kawasan ini. Danau ini merupakan pusat mata air yang mengaliri kampung ini dan digunakan untuk kehidupan para warga kampung ini.

Yang menarik dari resort ini adalah kita bisa bertatap muka dan berkegiatan bersama dengan para warga kampung Sampireun di area bernama warung kopi. Kita bisa melihat berbagai macam atraksi pertunjukan dan kesenian yang digelar oleh para warga kampung ini. Resort ini memiliki 22 unit bungalow dan 20 unit villa garden dimana di setiap ruangannya memiliki akses terhadap pemandangan alam hutan pinus yang indah.

Kita juga bersantai dengan naik perahu sambil memancing atau sekedar melihat ikan-ikan berlompatan untuk melepas penat setelah setiap hari bergulat dengan polusi dan kemacetan kota. Di sini ditawarkan banyak paket menarik seperti paket memancing, paket outbound, paket gathering dan lainnya. Kita bisa memilih paket sesuai kebutuhan.

Resort yang dibangun dan dibuka sejak tahun 1999 ini benar-benar akan memanjakan para pengunjungnya dengan sempurna dan paripurna.

4. Danau Dariza Resort 

Alamat:Jalan Cipanas Raya No.44/45 Kel.Langensari, Kec.Tarogong Kaler Cipanas, Garut (Lihat peta dan petunjuk arah)

Panoramic Shot Gadang Chalet
Panoramic Shot Gadang Chalet. Sumber foto: https://masmurpratama.wordpress.com

Landscape Night
Landscape Night. Sumber foto: https://masmurpratama.wordpress.com

Kolam Renang di Danau Dariza
Kolam Renang di Danau Dariza. Sumber foto: https://www.danaudariza.com

Fasilitas di Danau Dariza Resort
Fasilitas di Danau Dariza Resort. Sumber foto: www.klikhotel.com

Satu lagi resort yang menawarkan ketenangan dan kesejukan alam; Danau Dariza Resort. Ketika kita memasuki wilayah resort ini, pikiran kita pasti akan melayang ke Venesia. Konsep villa terapung di mana setiap ruangannya menghadap ke danau buatan benar-benar sangat unik dan inspiratif. Kita bisa menaiki perahu di tengah-tengah danau yang memisahkan antar ruangan.

Keunikan lainnya yaitu bentuk villa sangat beraneka ragam, dan kesemuanya menggunakan konsep rumah-rumah adat di Indonesia, ada rumah Gadang, rumah adat Bali, Sunda, Batak dan lainnya. Di sini kita juga bisa menikmati pemandangan Gunung Guntur, Gunung Putri dan Green Mountain yang begitu cantik. Terletak di kawasan pegunungan, tidak ada ruangan yang difasilitasi dengan AC. Suhu di wilayah ini bisa mencapai 18-20 derajat celcius, cukup membuat kita bermalas-malasan di dalam villa yang kita pilih.

Namun dengan eksotisme yang ditawarkan sepertinya kita pun harus melawan rasa malas tersebut. Pemandian air panas yang ditawarkan pun pastinya menggiurkan untuk menghangatkan badan yang menggigil. Kolam renang dan outbound area pasti akan membuat anak-anak dan keluarga betah berlama-lama.

Dariza Resort juga memiliki kebun sayur dan buah yang cukup luas. Menjadikannya tempat yang tepat untuk mengajarkan buah hati kita tentang nama-nama sayur dan buah. Selain berwisata, kita bisa sekaligus bisa belajar tentang tanaman, kan? Nggak sabar pengen segera reservasi? Langsung saja pegang kemudi menuju ke Kelurahan Langengsari, Kecamatan Taragong Kaler, Cipanas, Garut 44151.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Rumah-rumah adat yang luas dan indah di danau yang lumayan
 – Buat apa pesiar ke Garut? Kotanya kecil, tak ada atraksi alam yang menarik, dan macetnya minta ampun. Seharusnya pemerintah daerah setempat bisa mengatasi kemacetan di Leles, Kadungora dan menjelang masuk Garut dulu, sebelum mempromosikan tempat itu sebagai tujuan Wisata. Maaf sudah mengomel duluan. Soalnya lebih baik happy ending kan ya. Nah, saya sudah tiga kali menginap di Danau Dariza, maupun beberapa kali di hotel lain dekat sini. Menurut saya, Danau Dariza enak untuk berlibur keluarga dengan anak kecil, maupun dengan rombongan besar. Sarana bermainnya relatif yang terlengkap di sekitar sini. Sementara itu level romantisnya di bawah Kampung Sampiran, sehingga yang honey-moon tak terlalu nampak (tak baik di lihat anak-anak bukan ?) Kami menginap di Junior Suite Bali yang katanya untuk 4 orang. Namun ternyata dapat setengah rumah dengan dua tingkat yang luas sekali. Di tingkat atas ada dua kamar tidur dan 1 kamar mandi. Di bawah ada studio dengan kamar mandi. Kami datang ber-6 terasa lega sekali. Kalau mau akrab sekali, selusin orang bawa sleeping bag masih bisa masuk. Tentunya untuk orang lebih ada biaya lagi. Namun dalam kasus kami, pihak Hotel tidak keberatan tanpa biaya tambahan karena ada anak. Bicara soal biaya, harga kamar ternyata sudah termasuk berbagai tiket atraksi (perahu bebek, flying fox, kolam renang, dll) plus makan malam dan sarapan. Dengan demikian, harga yang ditawarkan cukup masuk akal.​

5. Kampung Sumber Alam 

Alamat:Jl. Raya Cipanas 122 , Garut (Lihat peta dan petunjuk arah)

Kampung Sumber Alam di pagi hari
Kampung Sumber Alam di pagi hari. Sumber foto: http://www.tesyasblog.com

Kolam ikan yang indah dan bersih
Kolam ikan yang indah dan bersih. Sumber foto: http://www.tesyasblog.com

Kolam renang dan panoraman di pagi hari
Kolam renang dan panoraman di pagi hari. Sumber foto: http://www.tesyasblog.com

Permainan flying fox
Permainan flying fox. Sumber foto: http://www.tesyasblog.com

Fasilitas di Kampung Sumber Alam
Fasilitas di Kampung Sumber Alam. Sumber foto: www.klikhotel.com

Resort terapung terakhir yang akan kami ulas informasinya yaitu Kampung Sumber Alam yang terletak di Jl. Raya Cipanas No.122, Cimanganten, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.

Hampir sama dengan resort lainnya yang telah kami ulas sebelumnya, Kampung Sumber Alam juga menawarkan cottage terapung dengan konsep bangunan tradisional yang menghadap langsung ke danau buatan. Setiap bangunan didesain secara artistik khas arsitektur sunda. Setiap cottage dibangun di atas balong, beratapkan ijuk, dan teras ngapung yang seolah menggambarkan budaya arsitektur Kampung Cipanas tempo dulu. Yang paling menarik dari resort ini adalah setiap cottage dilengkapi dengan bak rendam pribadi. Jadi, jika kita mager untuk keluar kamar, kita sudah bisa bersantai di bak rendam pribadi untuk meluruhkan segala penat karena polusi dan kemacetan kota.

Namun rasanya sangat sayang jika kita hanya tinggal di dalam cottage karena Kampung Sumber Alam menyediakan banyak fasilitas menarik, seperti kolam renang dan water boom untuk anak-anak, pertunjukan memasak makanan tradisional dan restoran bercita rasa tradisional yang mengusung masakan-masakan lezat.

Sekilas review dari customer yang pernah menginap :
Liburan keluarga yang refreeeeeeeesh bangettt​
 – Ini pertama kalinya kami menginap di Kampung Sumber Alam, recommended bangettt!! Anak-anak pada manyun karena cuma buking utk 1 malam, sore langsung telpon ke front office utk extend 1 mlm lagi..ternyata sudah fuullll huhuhuuw!!!!. Bungalow-nya bagus..kami dapat lokasi yg view-nya taman air teratai dan gunung..woowww perfect! kolam air panasnya juga juaraaa deh.. anak2 puassss renang smp malem gada masalah soalnya airnya hangat, ada kolam anak yg dilengkapi dgn perosotan dan kolam dewasa.. makanannya juga enak dan ga mahal2 harganya. Kami juga mnikmati kolam rendam dan Spa. Overall Suka dg resort ini..kelihatan sekali kalau terawat, pelayanannya juga ramah dan cepat. Owiya 1 lagi yg asik..kami bisa mancing langsung dari bungalow kami..cuma bayar 30rb sudah dpt 1 set alat pancing lengkap dgn umpan dan jaring utk tempat ikan hasil pancingan hihi.. katanya bisa juga lho hasil pancingnya di masakin sama koki disana.. tp kmrn qt kasian sm ikannya jadi dilepas lagi he he..​​

Dari info lima hotel terapung terbaik di Jawa Barat di atas, kira-kira manakah yang cocok dengan kebutuhan dan membuatmu tertarik? Segera pilih waktumu dan bersiaplah menepi sejenak dari kebisingan kota untuk menikmati indahnya alam dan cita rasa tradisional di salah satu tempat tersebut. Selamat berlibur!