Berangan-angan Terbang? Wujudkan di 9 Lokasi Paralayang di Jawa Barat

Terbang bebas menikmati udara sejuk dan indahnya pemandangan alam menjadi angan-angan beberapa orang. Salah satu cara yang memungkinkan untuk mewujudkan angan-angan tersebut adalah dengan paralayang. Olahraga aeroseport ini sekarang tak hanya bisa dilakukan oleh atlet berpengalaman. Anda yang “awam” pun dapat mencoba berparalayang ditemani pemandu profesional (tandem). Karena tinggi peminat, telah banyak tempat-tempat yang dikembangkan sebagai lokasi paralayang, khususnya di Jawa Barat. Untuk Anda yang ingin mencoba paralayang atau mencari lokasi baru untuk berlatih paralayang, berikut adalah 9 lokasi paralayang di Jawa Barat:

1. Gunung Mas Puncak, Bogor

Puncak memiliki semua yang dibutuhkan untuk paralayang, mulai dari ketinggian, angin, dan pemandangan khas pegunungan yang indah. Siapapun mengakui kalau pemandangan Puncak sangatlah menakjubkan sehingga tak heran banyak didatangi warga Jakarta untuk liburan. Tentunya akan lebih menakjubkan jika Anda melihat pemandangan di sana sambil berparalayang. Jika ingin mencobanya, Anda bisa datang ke kawasan Gunung Mas Puncak. Tak sulit menemukan lokasi paralayang yang disebut Bukit Gantole ini karena cukup dekat dari Masjid Atta’awun. Lokasi paralayang di Jawa Barat yang paling populer ini pun dapat diterbangi sepanjang musim.

lokasi paralayang di jawa barat
Paralayang Puncak. Foto IG @ekaangga188

2. Gunung Kasur, Cianjur

Walau belum tersedia operator khusus, Gunung Kasur belakangan ini juga cukup sering didatangi komunitas penghobi paralayang yang membawa peralatan sendiri. Gunung ini berada diantara Desa Gadog dan Cibodas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Sesuai namanya, di gunung ini ada lempengan batu yang bentuknya seperti kasur, dan terdapat situs bersejarah lainnya. Dari ketinggian 1.080 mdpl, Anda bisa menikmati hamparan pemandangan bukit yang indah sambil menghirup udara segar. Sayangnya, tempat ini kurang mendapat perhatian. Padahal, jika dikelola secara profesional, Gunung Kasur dapat menjadi tempat wisata alam dan sejarah yang menyenangkan.

lokasi paralayang di jawa barat
Gunung Kasur. Foto IG @agusjayasaputra

3. Gunung Putri Lembang, Bandung

Kalau Anda mencari lokasi paralayang di Bandung, Anda bisa datang ke Gunung Putri yang berlokasi di Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi terbang dari ketinggian 1.555 mdpl. Sejauh mata memandang, akan tampak keindahan pemandangan Lembang dari timur hingga barat yang luas membentang. Paralayang di Gunung Putri Lembang biasanya memerlukan agen wisata khusus yang menyediakan jasa operator paralayang.

lokasi paralayang di jawa barat
Pemandangan dari Gunung Putri Lembang. Foto IG @karlinaa93

4. Venue Gantole Cililin, Bandung

Selain Gunung Putri, Bandung juga memiliki lokasi paralayang lain yang menyuguhkan pemandangan indah, yaitu Venue Gantole Cililin. Alamatnya di Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Menjadi venue untuk perlombaan paralayang pada PON 2016, tempat ini telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Karenanya, tempat ini pun mulai populer sebagai salah satu lokasi paralayang di Jawa Barat. Anda bisa mencoba paralayang di Venue Gantole Cililin tiap minggu pagi bersama atlet-atlet yang berlatih.

lokasi paralayang di jawa barat
Pemandangan di Venu Gantole Cililin. (Doc: Shidiq Ali)

5. Bukit Santiong Paralayang, Subang

Selain museum teh, baru-baru ini PTPN VIII Ciater memperkenalkan atraksi wisata baru, yaitu Flying Tea. Anda bisa berparalayang sambil menikmati keindahan alam Subang, yang didominasi perkebunan teh. Lepas landas paralayang di lokasi ini berada di Bukit Santiong yang letaknya sekitar 4 km dari pabrik teh PTPN VIII Ciater. Jika datang ke sini, Anda bisa sekalian berwisata ke Gunung Tangkuban Perahu atau pemandian air panas Sari Ater.

lokasi paralayang di jawa barat
Paralayang Subang. Foto: kotasubang.com

6. Bukit Toga, Sumedang

Sumedang juga memiliki lokasi yang dikembangkan untuk paralayang, yakni Bukit Toga yang menjadi bagian dari kawasan wisata terpadu Kampung Toga. Alamatnya di Desa Sukmajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Pemandangan khas pegunungan dapat Anda nikmati di sini dan menikmatinya sambil terbang tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Selain paralayang, Kampung Toga yang menjadi andalan wisata keluarga di Sumedang ini juga menyediakan fasilitas penginapan, ruang pertemuan, dan kolam renang. 

lokasi paralayang di jawa barat
Bukit Toga Sumedang. Foto: @rikirynto_

7. Batu Dua, Gunung Lingga, Sumedang

Selain Bukit Toga, Sumedang juga memiliki lokasi lain yang dikembangkan secara khusus sebagai lokasi paralayang. Lokasinya berada di Batu Dua, yakni salah satu lereng bukit di kawasan Gunung Lingga, yang beralamat di Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang. Bukit yang berada pada ketinggian 930 mdpl itu menyuguhkan pemandangan yang memukau mata kombinasi antara pegunungan dan dataran yang luas. Bahkan, kawasan Gunung Lingga disebut-sebut memiliki beberapa titik termal (uap panas bumi) yang bisa membuat paralayang Anda terbang lebih tinggi dan lebih lama.

lokasi paralayang di jawa barat
Batu Dua Sumedang. Foto: jurnalpriangan.com

8. Gunung Haruman, Garut

Lokasi paralayang di Jawa Barat berikutnya adalah Gunung Haruman. Gunung ini terletak di Desa Haruman Sari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut. Memiliki ketinggian sekitar 1.300 mdpl dan didukung pemandangan pesawahan yang indah, aktivitas paralayang di Gunung Haruman tak hanya diminati wisatawan lokal, tapi juga mancanegara. Lokasi paralayang ini akan lebih ramai pada musim terbang, yakni Mei sampai September.

lokasi paralayang di jawa barat
Paralayang Gunung Haruman. Foto: hoteldigarut.com

9. Gunung Panten, Majalengka

Berjarak sekitar 7 km dari pusat Majalengka, Gunung Panten yang dikembangkan sejak tahun 2010 ini cukup populer sebagai salah satu lokasi paralayang di Jawa Barat. Bahkan, lokasi ini pernah beberapa kali menjadi tempat diadakannya pertandingan paralayang dan gantole tingkat nasional. Tiap akhir pekan, akan ada yang berlatih paralayang di sana. Mereka juga menyediakan fasilitas terbang tandem bagi pengunjung yang ingin mencoba paralayang.

lokasi paralayang di jawa barat
Paralayang Gunung Panten. Foto IG @hara_hope