Lezatnya Macaroni Panggang Dekat Kebun Raya Bogor

Macaroni Panggang merupakan salah satu objek wisata kuliner di kota hujan Bogor, yang berlokasi di Jalan Salak No. 24. Tempatnya tidak terlalu jauh dari Kebun Raya Bogor, hanya sekitar 950 meter. Jadi, kalau kamu kebetulan lagi ngadem di Kebun Raya Bogor, saya sarankan kamu mampir ke Macaroni Panggang deh untuk mencicipi macaroni panggang. Kalau jalan kaki, mungkin sekitar 10 menit juga bisa nyampe lah ya.

Sekitar dua pekan lalu, saya sengaja mengunjungi Macaroni Panggang dari Jakarta hanya untuk menjawab rasa penasaran saya. Itu pun atas rekomendasi teman. By the way, Bogor sepertinya memang menjadi ‘pelarian’ alternatif para penduduk Jakarta dan sekitarnya di akhir pekan atau hari libur lainnya –  selain ke Bandung tentunya.

O ya, teman saya waktu itu sudah berpesan kalau Macaroni Panggang selalu ramai dipadati pengunjung setiap akhir pekan. Dan ternyata memang benar. Hampir saja saya dan tiga orang teman saya harus masuk ke waiting list, saat kami tiba di sana. Tapi untungnya, begitu kami sampai, seketika itu pula ada pengunjung lain yang meninggalkan mejanya.

Saat disodorkan menu, saya dan teman-teman saya tanpa basa-basi memesan macaroni panggang, sesuai dengan tujuan awal kami datang ke Bogor. Awalnya, kami memesan macaroni panggang ukuran small, tapi sayangnya macaroni panggang ukuran small waktu itu sudah sold out. Artinya, tinggal ukuran medium atau large yang bisa kami pesan.

O ya, sekadar memastikan, kami bertanya ke waitress, ukuran macaroni panggang manakah yang pas buat kami berempat. Spontan waitress itu langsung menyarankan kami untuk memesan ukuran medium. Finally, kami pun mengiyakannya.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, macaroni panggang pesanan kami pun tiba. Hore! Perut kami yang lapar setelah perjalanan KRL Jakarta-Bogor selama kurang lebih satu jam ditambah perjalanan dari stasiun Bogor ke Macaroni Panggang, akhirnya mendapat suplai makanan. You know what, wangi macaroni panggangnya benar-benar menggugah selera loh. Ada wangi khas gitu deh.

Ini penampakan macaroni panggang pesanan kami waktu itu.

Macaroni Panggang
Macaroni Panggang

Kalau yang satu ini, penampakan macaroni panggang setelah dipotong-potong. By the way, motongnya susah, susah banget. Jadi, harap dimaklum saja kalau potongannya kaya gini. Tapi, jangan lihat penampakannya kaya apa, yang penting rasanya, nagih banget!

Macaroni Panggang 2
Macaroni Panggang 2

Sejauh yang saya tahu, macaroni panggang pada umumnya disajikan dengan keju meleleh. Kalau macaroni panggang yang ini beda karena justru parutan keju panggang kering yang menyelimuti macaroni di bagian atas. Saya dan teman-teman saya pun iseng nyomot parutan keju panggang kering itu dan memakannya. Rasanya gurih, tapi agak asin gitu. Pokoknya enak lah.

Nah, kalau macaroni yang ada di bawah lapisan keju, ukurannya tidak terlalu tebal seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Saat disantap, rasa khas daging ham terasa di lidah saya. Sekarang bayangin deh gimana rasa macaroni ditambah daging ham, plus parutan keju panggang? Kalau buat saya pribadi, paduan ketiganya berhasil membuat rasa yang bukan cuma enak, tapi juga unik.

O ya, hampir lupa. Ada dua jenis –jenis ya, bukan ukuran– macaroni panggang yang bisa dipesan, biasa dan spesial. Kalau yang saya dan teman-teman saya pesan, itu macaroni panggang biasa. Harganya, Rp 23.000 untuk ukuran small, Rp 67.000 untuk ukuran medium, dan Rp 145.000 untuk ukuran large. Nah kalau harga yang spesial, itu hampir dua kali lipatnya. Untuk small, medium dan large, macaroni panggang spesial dibanderol masing-masing Rp 35.000, Rp 120.000, dan Rp 210.000. Untuk minuman, mulai dari air mineral, soft drink, teh, juice, dan berbagai jenis minuman lainnya tersedia dengan harga mulai dari Rp 4.000.

Jadi, tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan di Bogor, booking hotel di KlikHotel, dan kunjungi macaroni panggang!

 

(wahyu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *