Makanan Khas Bangkok yang Bisa Memanjakan Lidah

Bangkok yang merupakan ibukota Thailand menyimpan jutaan rasa yang wajib Anda kenal. Bangkok memiliki keistimewaan kuliner dari berbagai sisi. Di sana kita menemukan beragam jenis makanan yang patut untuk dicicipi, jika Anda berwisata ke sana. Karena pergi untuk berdamawisata ke Thailand, tanpa menyentuh cita rasa khas Thailand akan terasa hambar. So, pastikan sebelum pulang ke tanah air, kamu sudah mencicipi beberapa jenis makanan khas Bangkok tersebut.

1. Som Tam

Spicy Thai Green Papaya Salad, Som Tam
Spicy Thai Green Papaya Salad, Som Tam. https://highheelgourmet.com

            Memiliki nama yang unik, Som Tam adalah sejenis salad. Pepaya hijau dipotong-potong, kemudian diberikan bumbu layaknya seperti salad. Sehingga Som Tam dikenal juga dengan nama Pepaya salad. Som Tam merupakan salah satu makanan unik khas Thailand. Menu ini menjadi favorit di berbagai restoran yang ada di Thailand. Rasanya seperti rujak dengan campuran bumbu bawang putih, saus ikan, jeruk, bawang putih, cabai, tomat merah dan jeruk lemon. Bisa dibayangkan kan bagaimana rasa Som Tam?

2. Phad Thai

Shrimp Pad Thai
Shrimp Pad Thai. http://thewoksoflife.com

            Phad Thai adalah jenis mie goreng khas Bangkok. Makanan ini juga memiliki rasa yang khas dan berbeda dibandingkan mie goreng biasanya. Dengan bumbu seperti udang kering, daun bawang, gula, aren, kuah asam, tauge dan berbagai campuran bumbu lainnya yang membuat mie goreng Thailand atau Phad Thai menjadi terkenal kelezatannya khususnya di Bangkok.

3. Khao Pad Poo   

Khao Pad Poo pedas
Khao Pad Poo pedas. Sumber foto: http://www.somtumdernewyork.com
                                                                                              

            Khao Pad Poo adalah nasi goreng khas Bangkok yang dittaburi dengan daging kepiting yang sebelumnya telah dimasak. Khao Pad Poo dapat ditemui baik dia sebagai makanan jalanan (street food) maupun makanan khas di hotel bintang lima.

4. Khao Niai Maimuang

Mango sticky rice atau  khao niao mamuang
Mango sticky rice atau  khao niao mamuang. Sumber foto: http://www.sashylittlekitchen.com

            Selain Khao Pad Poo, negeri gajah putih ini juga memiliki Khao Niao Mamuang yaitu beras ketan dengan campuran mangga dan siraman kuah santan yang kental. Membuat Khao Niai Maimuang menjadi salah satu makanan khas Bangkok yang selalu dirindukan kehadirannya karena makanan ini hadir hanya pada saat musim mangga. Jadi, kita tidak akan bisa menemukan Khao Niai Maimuang dengan cita rasa  Khas Bangkok (menggunakan mangga), jika tidak pada musim mangga.

5. Serangga Goreng

Macam-macam serangga goreng
Macam-macam serangga goreng. Sumber foto: http://iamaileen.com

            Masakan khas Bangkok lainnya adalah serangga goreng yang dapat dicicipi dalam berbagai jenis. Alih-alih membuat tenggorokan geli dan lidah tidak enak memakannya, ternyata rasa serangga goreng ini tidak seperti yang kamu bayangkan. Rasa serangga goreng ini enak. Terdiri dari berbagai macam serangga goreng seperti.

  • Jing Leed

            Adalah sejenis jangkrik yang digoreng, sebagai bumbu untuk memperlezat biasanya dihidangkan dengan saus tomat atau saus cabe.

  • Maeng Kee Noon

            Makanan ini juga berupa jenis serangga yang digoreng kemudian dibumbui dengan bumbu tradisional Bangkok yang membuat lidah tidak ingin berhenti untuk mencicipinya.

  • Non Mai

            Makanan ini berupa ulat kayu yang digoreng. Sebelum dimasak, ulat ini pertama sekali dibumbui dengan bumbu seperti di atas sehingga mendapatkan cita rasa yang mantap dari ulat yang digoreng. Rasa ulat ini akan lunak dan renyah dimulut, ukurannya sekitar 2,5 cm. Ditambah dengan saos, akan lebih nikmat untuk menikmatinya.

  • Tak Ga Tan

            Menyantap Tak Ga Tan, yang berupa belalang goreng akan memberikan kesan yang luar biasa bagi pemula. Makanan khas Bangkok, Tak Ga Tan ini merupakan belalang yang digoreng, disertai dengan bumbu yang sama yang diberikan pada ulat goreng (Non Mai), ditambah dengan saus kesayangan Anda, rasanya akan lebih mantap. Apalagi ditemani dengan bir sebagai minumannya.

6. Maeng Da

Kumbang raksasa bakar
Kumbang raksasa bakar. Sumber foto: http://www.mickshippen.com

            Jenis Makanan khas Bangkok yang satu ini merupakan makanan serangga terbesar yang digoreng dibanding serangga lainnya. Panjang serangga goreng ini, 8 cm dibandingkan serangga-serangga lain yang hanya 2,5-3cm. Karena ukurannya yang jumbo, untuk memakannya lebih baik dipotong-potong terlebih dahulu. Rasa Maeng Da, tidak kalah dengan gurih dan renyahnya masakan dari serangga-serangga lainnya.

 7. Buah-buahan Potong

Thai Fruit Carving Art
Thai Fruit Carving Art. Sumber foto: https://crazyfruitslicer.wordpress.com

            Thailand terkenal dengan surga buah-buahan. Buah yang dihasilkan oleh negara ini rasanya enak, dagingnya tebal dan dikemas dalam bentuk yang menarik. Kamu akan merasa ketagihan saat setelah mencicipi buah-buahan di Thailand karena kesegarannya yang berbeda dengan di Indonesia. Tidak heran buah-buahan potong di Thailand berharga sedikit mahal, yaitu satu potong buah sekitar 20 bath kalau dirupiahkan itu berarti sekitar enam ribuan. Jika di Indonesia sepotong buah berharga seribu sampai seribu lima ratus rupiah.

            Buah-buahan potong di Thailand juga tidak hanya mengandalkan soal rasa, kesegaran, ketebalan, dan warna buah yang menonjol, namun penjual juga mengemas bumbu-bumbu buah-buahan tersebut dengan berbagai rasa yang dapat dinikmati. Ada rasa garam pedas, kecap, saus, garam manis, dan lain sebagainya yang semakin membuat buah potong di Bangkok lebih menggugah selera. Mungkin saja, Anda akan menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli buah, jika berkunjung ke Bangkok.

            Selain buah potong, ada beberapa jenis buah yang wajib disantap di Thailand, yaitu:

  • Durian

Durian Bangkok
Durian Bangkok. Sumber foto: https://id.pinterest.com

            Di Bangkok, durian disebut dengan Too-rian atau Thu-rian. Namun, jika Anda menyebutkan buah durian, mereka sudah paham maksudnya yang Anda pesan adalah buah berkulit duri yang lezat di dalam itu.

            Durian yang terkenal di Thailand adalah durian Mon Thong. Durian ini memang asli berasal dari Thailand, selain dagingnya yang tebal, rasanya juga empuk dan manis.

  • Jambu Air

Jambu Air Bangkok
Jambu Air Bangkok. Sumber foto: http://bangkokscoop.com

            Jambu air dikenal di Bangkok dengan sebutan Champoo. Jambu air Thailand ini, ukurannya cukup besar, tidak berbiji, renyah saat dimakan, manis dan menyegarkan.

  • Mangga

Mangga Thailand
Mangga Thailand. Sumber foto: http://forums.gardenweb.com

            Mangga yang dalam bahasa Thailand adalah Mamuang. Mangga Thailand rasanya sangat manis-manis, berbeda dengan mangga di Indonesia. Jika berkunjung ke Bangkok, cobalah Mamuang dan rasakan perbedaannya dengan rasa mangga yang pernah Anda coba.

            Berbagai makanan khas Bangkok, memang memberikan rasa dan kesan yang berbeda-beda, bagi setiap orang yang pernah mencobanya. Ingin berkunjung ke Bangkok?