Makanan Khas Penang Ini Tidak Boleh Dilewatkan. Rugi!

             Penang terkenal dengan kota yang memiliki banyak bangunan dengan arsitektur kuno dan bersejarah. Saat berkunjung ke sana, mata akan dimanjakan dengan indahnya arsitektur-arsitektur kuno itu, dipadu dengan beberapa bangunan modern khas Melayu. Selain memiliki arsitektur yang kuno, Penang juga merupakan kota dengan jumlah penduduk terpadat dibandingkan dengan kota-kota lain di Malaysia. Kota ini sering disinggahi para turis untuk berwisata medis juga hanya untuk berburu kuliner makanan khas Penang.

            Bicara soal kuliner, Penang adalah kota yang menggambarkan semua masakan khas Malaysia. Apapun makanan khas Malaysia dapat kita dapatkan di sini. Masakan Penang terkenal dengan kelezatannya. Tidak salah jika masakan Penang pernah mendapatkan penghargaan “The Best Street Food in Asia” diberikan oleh majalah TIME pada tahun 2004. Berikut ini beberapa makanan Khas Penang yang wajib dicoba.

1. Asam Laksa

Asam Laksa Penang
Asam Laksa Penang. Sumber foto: http://www.bakewithpaws.com

Asam laksa Penang
Asam laksa Penang. Sumber foto: http://www.cuti.my

Asam Laksa merupakan jenis makanan berkuah yang rasanya sedikit asam, mirip seperti kuah rujak.  Ikan tongkol dengan mie laksa menyatu dalam perpaduan bumbu khas  Penang, membuat makanan ini layak untuk menjadi santapan yang lezat.

Dalam proses pembuatannya, asam laksa khas Penang tidak menggunakan santan. Oleh karena itu, cocok bagi Anda yang ingin menekan kadar kolestrol dalam tubuh.

2. Nasi Kandar Penang

Nasi Kandar Penang
Nasi Kandar Penang. Sumber foto: http://www.vkeong.com

Nasi Kandar Penang
Nasi Kandar Penang. Sumber foto: http://keywordsuggest.org/gallery/1192064.html

Nasi Kandar adalah masakan asli India atau Tamil. Nasi kandar merupakan nasi yang disiram dengan berbagai macam kuah kari dengan bumbu rempah yang tentu membuat lidah ingin selalu mencicipinya. Hidangan ini juga dilengkapi dengan daging ayam goreng, daging lembu, telur, ikan, limpa kari, sotong, dan udang goreng. Sementara itu, hidangan sayur pelengkap nasi Kandar khas Penang ini adalah peria, bendi dan terung. Ini membuat cita rasa dari nasi kandar Penang ini semakin beragam di lidah.

            Mengikuti tradisi, nasi kandar selalu dihidangkan bersama-sama dengan pelengkapnya tanpa harus dipisah-pisah dengan piring lain. Hidangan nasi ini patut dicoba, jika Anda punya kesempatan suatu hari berjalan-jalan ke Penang.

3. Curry Mee

Curry Mee Penang
Curry Mee Penang. Sumber foto: http://www.vkeong.com

Curry Mee Penang
Curry Mee Penang. Sumber foto: http://www.vkeong.com

            Curry Mee adalah makanan khas Penang berupa mie dengan kuah kari yang telah diberi bumbu khas Penang. Selain itu, Curry Mee dilengkapi dengan telur rebus, udang, daging ayam,  cumi-cumi serta ditaburi potongan daun mint. Untuk menambahkan cita rasa Curry Mee juga ditambahkan dengan pasta cabe. Hal ini membuat curry mee, sebagai salah satu makanan yang paling cepat habis di beberapa kedai mie di Penang.

            Jadi, untuk menikmati makanan ini, harus cepat berburu di pagi hingga siang hari di Penang, karena sore hari, biasaya Curry Mee telah habis.

4. Rojak

Rojak Fruit Plate
Rojak Fruit Plate. Sumber foto: http://www.mweats.com

Rojak Penang
Rojak Penang. Sumber foto: http://www.mweats.com

            Di benakmu pasti langsung terbayang kata “rujak” khas Indonesia. Yah, Rojak adalah rujak khas kota Penang. Rojak ini memiliki rasa yang istimewa. Rojak ini terdiri dari potongan buah-buahan yang disiram dengan bumbu rujak yang manis, perpaduan antara gula aren dengan petis yang pekat dan di dalamnya terdapat potongan tahu dan cumi. Anda bisa membayangkan rasanya bukan? Potongan buah-buahan yang manis berpadu dengan rasa tahu dan cumi. Rasanya tentu unik dan istimewa. Patut dicoba.

5. Nasi Ulam Penang

Nasi Ulam
Nasi Ulam. Sumber foto: http://ww2.gibson.com.my

Nasi Ulam
Nasi Ulam. Sumber foto: http://ww2.gibson.com.my

            Nasi Ulam khas Penang adalah nasi dengan berbagai rasa dicampur jadi satu. Nasi yang dipadu dengan daun pegagan, kemangi, daun kaduk(daun pinang liar), pucuk gajus (tunas daun jambu), bawang dan beberapa rempah lainnya. Ini membuat cita rasa nasi ulam seperti nano-nano yang ramai rasanya. Namun, karena hal itulah nasi ulam merupakan salah satu makanan khas yang paling banyak dicari jika Anda berkunjung ke Malaysia.

6. Apom

Apom di Jalan Burma, Penang
Apom di Jalan Burma, Penang. Sumber foto: http://www.vkeong.com

Isian Apom
Isian Apom. Sumber foto: http://iblogmyway.blogspot.co.id

            Apom adalah sejenis camilan yang terkenal di Penang. Apom adalah sebuah kue seperti martabak yang manis dengan irisan pisang, jagung, dilipat dalam adonan kulit, hingga menjadi lembut dan empuk  layaknya pan cake. Rasa Apom Khas Penang, benar-benar berbeda dengan rasa apom khas India.

7. Putu Mayam

Putu Mayam
Putu Mayam. Sumber foto: http://auntyyoung.blogspot.co.id

Putu Mayam
Putu Mayam. Sumber foto: https://alchetron.com

            Putu Mayam adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras yang bentuknya seperti mie dengan campuran santan kelapa dengan gula merah. Awalnya makanan ini berasal dari India. Dengan bentuk yang lebih halus dan lebih besar dibandingkan putu mayang Indonesia, makanan ini cocok disantap dengan pelengkap gula dan taburan kelapa.

8. Pulut Tai Tai

Pulut Tai Tai
Pulut Tai Tai. Sumber foto: http://nasilemaklover.blogspot.co.id/2012/

Bahan Pulut Tai Tai
Bahan Pulut Tai Tai. Sumber foto: http://www.bakewithpaws.com

            Pulut yang terbuat dari tepung ketan ini memiliki rasa yang sama dengan pulut durian, namun cara pengolahan makanannya-lah berbeda. Pulut Tai Tai diolah dengan memasukkan pewarna alami yaitu bunga telang, oleh karena itulah warna Pulut Tai Tai ini biru.

            Jika ingin mendapatkan masakan khas Penang ini, Anda cukup berkunjung ke Penang Malaysia, saat tiba di bandara Internasional Penang, Anda cukup naik taksi dengan tarif delapan ribu rupiah untuk sampai ke daerah Georgetown (sekitar 20 hingga 30  menit). Setelah sampai di daerah ini Anda sepuasnya dapat berwisata kuliner. Selain Georgetown adalah kota utama di Penang, kota ini juga merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang gemar diburu oleh turis.

            Untuk variasi Anda juga dapat pergi ke Gurney Drive yang lokasinya berdekatan dengan Gurney Plaza. Gurney Drive menyuguhkan segala jenis makanan khas Penang. Jika Anda ingin tahu seperti apa rasa dari beberapa masakan khas Penang dengan kocek terbatas. Anda bisa menikmati ragam masakan ini di Gurney Drive, tempat segala macam makanan jalanan (street food) dijual di sekitar. Ada juga beberapa tempat alternatif selain Gurney Drive yang bisa memanjakan mata dan lidah Anda, yaitu Pulau Tikus, Penang Road atau Chulia Street. Tempat-tempat ini tentu saja menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang bosan dengan Gurney Drive.