12 Makanan Khas Kuala Lumpur yang Menggugah Selera

Street Food atau makanan kaki lima menjadi wisata kuliner tersendiri yang menarik hati jika berkunjung ke suatau negara. Malaysia merupakan salah satu negara tujuan wisata yang memiliki  makanan khas yang wajib dicoba. Berikut disajikan berbagai makanan khas Kuala Lumpur dan dimana kamu bisa mendapatkan makanan ini. Bagi kamu yang ada rencana untuk berwisata ke Kuala Lumpur, ini dia beberapa makanan khas negara itu yang patut kamu coba.

1. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh Kualalumpur
Bak Kut Teh Kualalumpur. Sumber foto: http://www.capitalandmallasia.com.sg

Makanan ini sejenis sup yang sebenarnya berasal dari Cina, namun juga banyak disajikan oleh beberapa negara salah satunya adalah Kuala Lumpur. Sup ini terdiri daging tanpa lemak serta bumbu yang direbus dengan waktu yang lama. Semakin lama direbus, makanan ini akan semakin lezat untuk di santap. Coba saja, kamu pasti akan ketagihan. 

2. Hokkien Char Mae

Fried Hokkien mee hoon
Fried Hokkien mee hoon. Sumber foto: https://sumptuousblog.wordpress.com

Dikenal juga dengan sebutan mi goreng Hokien adalah makanan yang juga berasal dari Cina. Makanan ini terbuat dari mie kuning tebal yang dilapisi dengan kecap kedelai hitam dan ditaburi dengan irisan daging babi atau ayam serta kubis sebagai pelengkap. Anak-anak sangat menggemari makanan ini. Makanan ini dapat habis dalam sekejap mata, karena mereka memakannya dengan satu suapan penuh.

3. Wantan Mee

Wantan Mee
Wantan Mee. Sumber foto: http://www.vkeong.com

Wantan Mee juga adalah makanan sejenis mie yang dibumbui dengan saus barbeque juga ditambah dengan kecap kedelai hitam. Sangat disarankan untuk memesan Wantan Mee dengan bumbu lemak babi karena akan lebih mendapatkan cita rasa yang nikmat, lebih dari sekedar mie biasanya.

4. Chee Cheong Fun

Chee Cheong Fun (Steamed Rice Rolls) dengan bumbu kari dan saus manis
Chee Cheong Fun (Steamed Rice Rolls) dengan bumbu kari dan saus manis. Sumber foto: http://lengskitchen.blogspot.co.id

Chee Cheong Fun yang berarti usus babi dan mie yang enak, bukan berarti mienya terbuat dari babi. Namun, mienya menyerupai usus babi yang diisi dengan daging ayam, babi, atau sayuran. Mie lezat ini disajikan dengan kuah berwrna coklat gelap yang manis dan kuah merah terang. Dan perlu dicatat, kalau mie chee cheong fun ini tidak menggunakan cabe dalam proses memasaknya.

5. Claypot Loh Shu Fen

Salah satu hidangan mie favorit orang Malaysia, Claypot Loh Shu Fun
Salah satu hidangan mie favorit orang Malaysia, Claypot Loh Shu Fun. Sumber foto: https://www.huangkitchen.com

Claypot Loh Shu Fun juga makanan sejenis mie. Meskipun saat kamu melihat makanan ini kamu akan merasa tidak enak untuk dimakan, namun hal itulah yang membuat kesan pada makanan ini. Bayangkan saja, mie yang ditaburi dengan irisan daging babi, daging sapi, atau daging ayam, ditambah kuah kaldu ayam, wortel, bawang merah, dan bawang putih menjamin rasa Claypot Loh Shue Fen tidak kalah dengan yang lain.

6. Yong Tau Foo

Yong Tau Foo
Yong Tau Foo. Sumber foto: https://lovinmanchester.com

Jenis makanan ini unik, seperti risol di Indonesia, namun kulit lumpia diisi dengan daging babi, sapi, atau bisa juga pasta ikan, kemudian digoreng dalam minyak banyak. Makanan yang direkomendasikan adalah Young Tau Foo untuk vegetarian yang tentu saja berisi tahu.

7. Cantonese Porridge

Fish Cantonese Porridge
Fish Cantonese Porridge. Sumber foto: http://www.malaysianflavours.com

Contonese Porridge adalah bubur yang terbuat dari nasi yang ditaburi dengan daging ayam, babi, sapi atau ikan. Cantonese Porridge sangat cocok disajikan di pagi memulai hari. Bubur ini juga cocok untuk semua orang, dari bayi hingga orangtua pas untuk menikmati semangkuk Cantonese Porridge.

8. Nasi Lemak

Nasi lemak Malaysia
Nasi lemak Malaysia. Sumber foto: http://zilzarlife.com

Nasi lemak, tentu saja kamu pernah mencobanya. Di Indonesia terkenal dengan nama nasi uduk, walau sedikit berbeda pada lauk-pauk yang mendampinginya. Nasi lemak khas Kuala Lumpur ini disajikan dengan sambal ikan haring, telur rebus, dan kacang.

9. Chicken Rice

Hainanese Chicken Rice
Hainanese Chicken Rice. Sumber foto: http://simply-june.blogspot.co.id

Nasi ayam di Malaysia disajikan dalam dua piring, piring pertama adalah nasi dan piring kedua adalah ayam yang dibumbui dengan kecap asin, minyak wijen dan jahe serta ditemani oleh condiment jahe tumbuk, daun bawang, sambal dan kecap asin. Nasi ayam ini dikenal juga sebagai nasi hainan, yang merupakan makanan yang dibawa oleh imigran dari Hainan, provinsi di sebelah selatan Cina. 

10. Satay

Sate Malaysia
Sate Malaysia. Sumber foto: http://www.hovandoholidays.com

Sate juga menjadi makanan khas Kuala Lumpur. Daging yang ditusuk dengan bambu ini lalu dibakar dan diberi kuah kacang, tentu saja menggoda selera bagi siapapun yang menikmatinya. Seperti di Indonesia, sate di Malaysia juga didampingi oleh sejenis lontong / ketupat yang disebut sebagai Nasi Impit (compressed rice)

11. Roasted Duck

Signature Roast Duck
Signature Roast Duck. Sumber foto: http://www.spicysharon.com

Roasted Duck atau bebek bakar juga merupakan andalan makanan khas Kuala Lumpur. Disajikan dengan bumbu rempah yang komplit serta proses marinasi yang lama, membuat roasted duck memiliki cita rasa yang khas. Coba saja!

12. Air Mata Kucing

Air Mata Kucing
Air Mata Kucing. Sumber foto: https://forum.lowyat.net

Minuman ini untuk sejenak terasa unik di telinga. Terbuat dari buah melon dan longan kering serta dibubuhi ditambah dengan air dan bongkahan es batu, rasa air mata kucing akan menjadi pengobat haus di siang hari.

13. Roti Canai/Roti Cane

Roti Canai
Roti Canai. Sumber foto: herniey89-herniey89.blogspot.com

Roti Cane berasal dari India, disajikan nikmat oleh Malaysia dengan kari ayam atau ikan. Roti tipis nan empuk ini cocok dijadikan sebagai sarapan pagi. Jika kamu memesannya tanpa nasi, maka pastikan roti yang kamu pesan dalam keadaan panas.

Berbagai makanan khas dari negara Malaysia bisa kamu dapatkan jika kamu jalan-jalan ke negeri Malaysia. Kamu dapat mengunjugi Restoran Kinkin, Kedai Kat Jat (aka gerai no.3 bukit petaling), Restoran Sek Yuen (Pudu), porridge stall di jalan sayur food street, Restoran Sun Ming, Restoran Aik Yuen, Restoran Xin Wah dan berbagai restoran lainnya. Jika kamu memesan paket wisata ke Malaysia, kamu bisa mendapatkan beberapa makanan khas Malaysia secara gratis, karena lengkap satu paket.

Namun, jika kamu ingin mencoba petualangan yang lebih mendebarkan dan menantang di Malaysia, serta ingin menikmati makanan khas Kuala Lumpur, lebih baik menjelajah pinggiran jalan Malaysia dengan berjalan kaki. Dengan demikian, kamu akan dapat merasakan sensasi makanan jalanan khas Kuala Lumpur yang dapat mendebarkan lidah.