Makanan Pesawat Ala 3 Maskapai Indonesia

Makanan di dalam pesawat yang bisa dinikmati selama penerbangan ternyata tak kalah enak daripada makanan di restoran. Maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia juga berlomba-lomba untuk menyajikan makanan pesawat yang lezat bagi para penumpangnya. Adanya menu makanan dalam pesawat yang memuaskan buktinya bisa memberikan dampak review yang baik dari para penumpang. Berikut ini ulasan menu makanan pesawat ala 3 maskapai Indonesia:

1. AirAsia

Roti Jala, Pak Nasser’s Nasi Lemak dan Uncle Chin’s Chicken Rice
Roti Jala, Nasi Lemak Pak Nasser dan Chicken Rice Uncle Chin. Sumber foto: economytraveller.com

AirAsia selama ini dikenal sebagai maskapai penerbangan yang menawarkan harga sangat murah dibandingkan maskapai lainnya. Tentu saja kemudian sebagian orang sedikit ragu akan kualitas layanan yang akan diberikan. Namun masalah makanan dalam pesawat ternyata AirAsia tak jauh berbeda dengan maskapai lainnya.

Makanan istimewa yang disajikan di atas pesawat sendiri ternyata memang memiliki harga tersendiri yang perlu dibayar. Penerbangan kurang dari 75 menit hanya akan diberi makanan ringan. Jika ingin menyantap makanan berat  di dalam pesawat maka bisa memesan langsung ataupun secara online sebelum penerbangan.

Menu Air Asia
Menu Air Asia. Sumber foto: mierahassan.com

Aneka menu Santan
Aneka menu Santan. Sumber foto: mierahassan.com

Apa saja makanan pesawat yang disajikan AirAsia? AirAsia banyak menyajikan makanan khas Melayu. Beberapa makanan yang tersedia antara lain:

Chicken lasagna
Chicken lasagna. Sumber foto: crazydigest.blogspot.co.id

  • Chicken Lasagna

Lasagna ayam disajikan dengan saus tomat, krim, pasta, dan keju yang dipanggang dengan sempurna. Makanan ini cukup mengenyangkan namun praktis dimakan saat berada di pesawat.

Thai green curry with rice.
Thai green curry with rice. Sumber foto: Twitter @airasia 

  • Thai Green Curry with Rice

Kare hijau khas Thailand yang disajikan bersama nasi ini mungkin belum familiar bagi orang Indonesia. Namun rasa makanan yang memiliki bumbu-bumbu pedas seperti kare ini rasanya cocok-cocok saja dengan lidah melayu.

Kungpao rice with chicken
Kungpao rice with chicken. Sumber foto: compassionate-vegetarians.blogspot.co.id

  • Kung Pao Chicken with Rice

Kung Pao Chicken merupakan masakan ala Szechuan yang terdiri dari ayam, cabai kering, saus Kung Po, dan beberapa bahan lainnya. Disajikan dengan nasi putih, makanan ini layak dicoba.

  • Vegetarian Chicken with Pumpkin Rice

Bagi yang vegetarian, AirAsia menyediakan makanan khusus vegetarian. Terdiri dari nasi labu dengan beberapa sayuran seperti wortel, brokoli, serta daging kedelai.

Nasi lemak Pak Nasser
Nasi lemak Pak Nasser. Sumber foto: savvytourista.blogspot.co.id

  • Pak Nasser’s Nasi Lemak

Menu ini berasal dari masakan tradisional Malaysia yang disajikan dengan sambal spesial Pak Nasser. Lauknya adalah ayam renang bersama dengan ikan teri, kacang, dan telur.

Assorted Sandwich
Assorted Sandwich. Sumber foto: www.boiewanderer.com

  • Assorted Sandwiches

Bagi penumpang yang tidak ingin makan makanan terlalu berat seperti nasi maka bisa memesan sandwiches. Terdiri dari roti dengan daging ham, keju, dan tambahan eggmayo, tuna mayo atau crab-stick mayo.

2. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia selama ini dipercaya sebagai maskapai penerbangan unggulan di Indonesia. Tentu saja mereka menawarkan makanan pesawat yang berbeda untuk kelas yang berbeda. Kali kita akan mengintip makanan untuk first class. Untuk First class, Garuda Indonesia menyajikan kuliner khas Indonesia, Japanese Kaiseki, dan sajian Modern European. Mereka juga menyajikan beragam minuman mulai dari cocktail, jus segar, air mineral, minuman ringan, teh, kopi premium serta minuman beralkohol. Sedangkan contoh menu makanan untuk first class antara lain:

Menu kelas 1 di Garuda Indonesia
Menu kelas 1 di Garuda Indonesia. Sumber foto: thepointsguy.com

  • Pre Dining: kerupuk, blinis, creme fraiche.
  • Sarapan: bubur ayam tradisional, sarapan ala jepang(nasi, sup miso, salmon, telur goreng), sandwich lobster.
  • Menu utama: grilled shrimp with herbs, wagyu asparagus wraps, trio souffle, krengseng lamb ribs, pan fried wagyu tenderloin, grilled hammour fillet harra sauce.
  • Makanan pendamping: aloo gobi, vegetable briyani, jalfrezi, sauteed baby zucchini.
  • Makanan penutup: poached peach filled with Ummi Ali Brulee, pistachio ice cream and berries.
  • Teh: teh Indonesia, teh hitam, teh hijau, dan teh herbal.
  • Kopi: kopi arabika, espresso, french press.
  • Menu tambahan: menu tambahan biasanya diperuntukkan bagi penerbangan yang memiliki waktu panjang, menunya antara lain soto kudus, prawn machboos (nasi goreng Arab dengan udang goreng), dan lain-lain.

Garuda Indonesia sendiri bekerjasama dengan beberapa chef dari restoran terkemuka untuk menyajikan makanan istimewa di atas pesawat. Tentu saja ada harga yang perlu dibayar jika ingin merasakan makanan dari chef ternama tersebut.

3. Batik Air

Makanan pesawat ala Batik Air
Makanan pesawat ala Batik Air

Batik Air mungkin tidak seterkenal AirAsia dan Garuda Indonesia namun maskapai ini bisa dijadikan alternatif penerbangan untuk beberapa rute. Batik Air sendiri menawarkan dua kelas yaitu kelas bisnis dan kelas ekonomi. Fasilitas dari kedua kelas tersebut cukup berbeda sesuai dengan harga yang dibayarkan. Perbedaan juga terdapat pada menu makanan pesawat yang ditawarkan. Pada kelas bisnis, penumpang akan mendapatkan makanan langsung dengan menu istimewa seperti nasi, daging, dan sayuran. Tak hanya itu terdapat tambahan buah-buahan serta makanan ringan seperti es krim ataupun roti.

Sedangkan pada kelas ekonomi, makanan yang disajikan lebih sederhana. Kru kabin biasanya akan menawarkan dua pilihan menu. Menu makanannya biasanya makanan khas Indonesia seperti mi bihun dengan ayam atau nasi goreng. Ada juga tambahan makanan ringan seperti roti plus butter.

Batik Air sendiri sebenarnya merupakan maskapai penerbangan yang bermain di segmen high class flight serupa dengan Garuda Indonesia. Namun Batik Air cenderung memiliki harga tiket yang lebih murah dibandingkan dengan Garuda Indonesia.

Batik Air berkomitmen menyajikan makanan khas Indonesia yang lezat bagi para penumpangnya. Makanan yang biasanya diberikan antara lain bihun goreng, telur, dan sayur pelengkap. Mereka juga menyediakan makanan penutup seperti kitkat atau kue bolu. Kelebihannya adalah makanan tersebut ditempatkan pada kemasan yang rapi sehingga dapat dibawa pulang. Selain makanan, maskapai ini juga menawarkan beragam jenis minuman mulai dari kopi, teh, susu, jus, serta minuman bersoda seperti Sprite, Coca-Cola, dan Fanta.

Facebook Comment
Read previous post:
Variasi Seblak Kekinian yang Wajib Dicoba

Seblak merupakan makanan yang berbahan utama kerupuk basah dan diberi bumbu khas. Makanan ini baru populer sekitar tahun 2000-an. Jajanan...

Close