Mari Berlibur ke 10 Desa Wisata di Jogja

Menurut saya pribadi, salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia adalah Jogjakarta. Jogja selalu asyik untuk dikunjungi, baik bersama keluarga, teman-teman, ataupun berdua saja dengan pasangan. Saya rasa Klikers juga sependapat :-). Nah, buat Anda yang berlibur bersama keluarga ke Jogja, mengapa tidak mengunjungi desa-desa wisata di Jogja? Jogja memiliki cukup banyak desa wisata yang menarik. Di sana, Anda dan anak-anak bisa berlibur sembari mempelajari banyak hal baru, mulai dari belajar membajak sawah ataupun belajar membatik. Tertarik? Berikut 10 desa wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi:

1.    Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung
Desa Wisata Tanjung

Desa wisata di Jogja yang akan pertama kita bahas adalah Desa Wisata Tanjung. Desa wisata Tanjung berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km. 11, tepatnya di Donoharjo, Ngaglik, Sleman. Lokasinya kira-kira 5 km dari Monumen Yogya Kembali ke arah utara. Desa ini resmi menjadi desa wisata sejak tahun 2001. Penduduk di Desa Wisata Tanjung sebagian besar berprofesi sebagai petani. Pengunjung yang datang ke Desa Wisata Tanjung dapat mencoba untuk bertani, memasak, mempelajari kesenian tradisional dan membatik. Salah satu atraksi menarik yang bisa dinikmati di Desa Wisata Tanjung ini adalah ciciblung. Ciciblung adalah permainan nada yang dihasilkan dari permainan di sungai dengan cara menepuk aliran air di sungai. Di Desa Wisata Tanjung, Anda juga dapat melihat Rumah Joglo yang usianya sudah 200 tahun. 

2.    Desa Wisata Nglinggo

Kebun Teh Desa Wisata Nglinggo
Kebun Teh Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo berlokasi di  Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Desa wisata di Jogja yang satu ini masih satu kawasan dengan Puncak Suroloyo. Pesona utama dari Desa Wisata Nglinggo adalah kebun teh yang terletak di ketinggian 800 mdpl. Sambil menikmati tea walk, Anda dapat menikmati keindahan pemandangan bukit batu, perkampungan, hutan pinus, dan lembah yang menghijau. Anda yang menggemari wisata air terjun juga dapat trekking menuju Curug Watu Jonggol. Letak curug ini masih tersembunyi dan medan yang harus Anda lalui cukup menantang. Selain menikmati wisata alam, di Desa Wisata Nglinggo Anda juga bisa belajar bertani, berternak kambing, dan mempelajari beberapa kesenian. Anda dapat belajar menari lengger, jathilan, membuat topeng, dan membatik. 

3.    Desa Wisata Candran

Desa Wisata Candran
Desa Wisata Candran

Desa Wisata Candran adalah desa wisata di Jogja yang juga dikenal sebagai desa tani dengan suasana pedesaan yang tenang. Desa Wisata Candran ini terletak di Dusun Mandingan, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Lahan pertanian yang dimiliki desa ini adalah sekitar 20 hektare. Suasana jawa di Desa Wisata Candran ini sangat terasa. Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi di sini adalah Museum Tani Jawa. Di museum ini, Anda dapat melihat berbagai peralatan tani tradisional dan peralatan memasak tradisional. Ada beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Candran. Ada paket bertani di mana Anda bisa belajar membajak sawah dengan kerbau dan tandur (menanam padi). Ada juga paket non bertani, seperti membatik dan membuat makanan tradisional. 

4.    Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum
Desa Wisata Kembang Arum

Desa Wisata Kembang Arum atau kerap disingkat dengan sebutan Dewi Kembar adalah desa wisata di Jogja yang dikenal sebagai desa wisata pendidikan. Konsep utama yang ditawarkan adalah wisata edukasi, wisata alam, outbond, wisata budaya, dan wisata keluarga. Selain aktivitas outbond, Anda dan keluarga dapat belajar membajak sawah, menangkap ikan, jathilan, dan belajar melukis. Anda juga dapat memainkan berbagai permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan anak jaman sekarang, seperti enggrang, engklek, dakon, dan gobak sodor yang dimainkan di pendopo desa. Desa wisata ini sudah memiliki guest house sehingga Anda dapat menginap. Jangan lupa untuk mencicipi kulinernya yang unik, yaitu: ikan bakar saus salak, dengan saus salak, dan oseng-oseng salak. Desa Wisata Kembang Arum berlokasi di Donokerto, Turi, Sleman, di kawasan Lintas Merapi.

5.    Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan
Desa Wisata Kasongan

Desa Wisata Kasongan adalah desa wisata di Jogja yang terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Sebagian besar penduduk yang bermukim di desa ini berprofesi sebagai kundi (gundi) atau buyung, yaitu orang yang membuat kuali, buyung, dan barang-barang yang terbuat dari tanah liat. Tetapi selain dari gerabah, kita juga dapat melihat kerajinan dari bahan lainnya, seperti batok kelapa, bambu, kayu dan rotan. Salah satu barang kerajinan yang terkenal di sini adalah Patung Loro Blonyo, yaitu patung pasangan pengantin yang dipercaya akan membawa keberuntungan jika dipajang di rumah. Di Desa Wisata Kasongan, Anda dapat melihat proses pembuatan gerabah dan juga mengikuti kursus singkat belajar membuat gerabah. Desa Wisata Kasongan terletak di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

6.    Desa Wisata Krebet

Batik Kayu Desa Krebet
Batik Kayu Desa Krebet

Desa Wisata Krebet terletak di Bukit Pajangan Kabupaten Bantul, kurang lebih 15 km dari pusat Yogyakarta. Karena pertanian di sana hanya mengandalkan sawah tadah hujan, maka sudah sejak lama para penduduk Krebet membuat kerajinan berbagai alat rumah tangga. Di tahun 80-an, mereka mulai membuat kerajinan lain seperti topeng. Namun saat ini, Desa Wisata Krebet sangat terkenal dengan kerajinan kayu batiknya. Berbagai barang kerajinan dari kayu, seperti gelang, patung, topeng, dan kotak perhiasan dihias dengan motif batik. Bahkan proses pembuatannya pun menggunakan canting seperti membatik pada kain. 

7.    Desa Wisata Rumah Domes

Desa Wisata Rumah Domes
Desa Wisata Rumah Domes

Desa wisata di Jogja yang satu ini sangatlah unik. Desa wisata Rumah Domes dikenal juga sebagai Desa Teletubbies karena rumah-rumah penduduknya yang berbentuk kubah (dome). Rumah-rumah kubah ini dibangun setelah gempa besar yang melanda Jogja di tahun 2006. Arsitektur rumah kubah ini dirancang tahan gempa dan tahan api. Walaupun kecil, tetapi rumah kubah ini memiliki dua lantai dan terdiri dari beberapa ruangan. Karena bentuk rumahnya yang unik, perkampungan ini pun ramai dikunjungi wisatawan. Di hari Minggu atau hari libur, biasanya akan ada badut teletubbies. Wisatawan juga dapat menaiki kereta kelinci untuk mengelilingi perkampungan. Desa Wisata Rumah Domes berlokasi di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Lokasinya tak jauh dari Keraton Ratu Boko.

8.    Desa Wisata Tembi

Rumah Budaya Tembi
Rumah Budaya Tembi

Desa wisata di Jogja yang ini adalah sebuah desa yang menjadi rumah budaya. Namanya diadaptasikan menjadi Rumah Budaya Tembi. Desa Wisata Tembi ini berada di sebelah selatan Jogjakarta, tepatnya di Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kabupaten Bantul. Rumah Budaya Tembi ini menempati lahan seluas 3000m2 dengan berbagai ruangan, seperti pendopo, galeri, dan perpustakaan. Di desa wisata ini, Anda dapat melihat pembuatan aneka kerajinan seperti keranjang anyaman dan dompet. Anda juga bisa melihat aneka perabotan tradisional dan melihat foto-foto siklus hidup masyarakat jawa. Plus, Anda juga bisa belajar membatik. Jika berwisata ke Rumah Budaya Tembi ini, dijamin Anda akan mendapat banyak wawasan tentang kebudayaan jawa. 

9.    Desa Wisata Kebon Agung

naik perahu menyusuri Sungai Opak di Desa Wisata Kebonagung
naik perahu menyusuri Sungai Opak di Desa Wisata Kebonagung

Desa Wisata Kebon Agung adalah desa wisata  yang juga mengusung tema pertanian. Desa wisata di Jogja ini terletak di Kebon Agung, Imogiri, Bantul Yogyakarta, kira-kira 30 menit dari Kota Jogja. Pemandangan alam persawahannya sangat cantik dan udaranya pun sejuk. Di Desa Wisata Kebon Agung, Anda dapat mempelajari banyak hal. Mulai dari membajak sawah dengan kerbau, menanam padi, menggaru, membuat tembikar dan kerajinan lainnya, membuat batik kayu, menghias caping, memancing, membuat telor asin, membuat kue apem, membuat kue cemplon, flying fox, belajar seni tari jathilan, dan lainnya. Di Desa Wisata Kebon Agung, Anda juga dapat bersepeda keliling desa dan naik perahu menyusuri Sungai Opak. 


10.    Desa Wisata Sambi

Desa Wisata Sambi
Desa Wisata Sambi

Salah satu desa wisata di Jogja yang menawarkan keindahan panorama alam pesawahan adalah Desa Wisata Sambi. Di sana, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah pepohonan rindang dan udara yang sejuk. Selain itu, Anda juga bisa melihat rumah-rumah adat seperti joglo, limasan, simon. Anda bisa melihat sebuah rumah joglo yang dibangun pada tahun 1952 dan belum direnovasi hingga hari ini. Ada cukup banyak aktivitas menarik yang Anda dan keluarga bisa lakukan di sini. Anda bisa tracking (menyusuri) pedesaan ditemani pemandu untuk melihat langsung lahan pertanian dan peternakan. Anda juga bisa belajar menanam padi, membajak sawah, belajar tentang budidaya jamur, bahkan belajar memerah susu sapi dan menangkap ikan di sawah. Desa Wisata Sambi juga menawarkan berbagai pertunjukan kesenian rakyat, seperti wayang kulit, karawitan Jawa, uyon-uyon dan lain-lain.Wisatawan pun dapat langsung mempelajari kesenian tersebut. Anda juga bisa menjajal aktivitas outbond di Ledok Sambi yang terletak di dekat Kali Kuning.Desa Wisata Sambi berlokasi di Jalan Kaliurang km. 19 Padukuhan Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Jogja. 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *