GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

Mari Main Air di 7 Umbul Cantik di Jawa Tengah!

Keindahan alam Indonesia rasanya memang tak ada habisnya untuk kita jelajahi. Belakangan ini, saya sering sekali melihat foto-foto cantik di bawah air yang sangat jernih beredar di instagram. Foto-foto cantik itu kebanyakan diambil di umbul di daerah Jogja. Umbul (atau mata air) tersebut memiliki air yang sangat jernih hingga kita dapat melihat dasarnya. Dengan bantuan kamera go pro yang dilengkapi perangkat anti-air, kita bisa membuat foto-foto underwater yang keren. Bermain air di air yang segar, jernih dengan suasana alam yang alami pun pastinya akan menjadi pengalaman yang seru. Ah, segala kepenatan dijamin akan segera hilang! Klikers, berikut 7 umbul cantik di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi:

1.    Umbul Ponggok, Klaten

Umbul Ponggok (source: liburmulu.com)

Kalau tadi di Sendang Ngembel kita tidak bisa bermain air, maka di umbul cantik di Jawa Tengah yang satu ini ini kita bisa bermain air dan berenang. Umbul Ponggok ini adalah kolam mata air alami yang sudah ada sejak jaman belanda. Airnya sangat jernih dengan kedalaman rata-rata 1.5 – 2,6 meter. Dasarnya adalah hamparan pasir dan bebatuan. Umbul Ponggok ini juga menjadi tempat tinggal bagi ribuan ikan berwarna-warni yang cantik. Tak heran bila Umbul Ponggok ini lalu menjadi tempat favorit wisatawan untuk snorkeling dan juga untuk latihan diving. Bagi Anda yang tidak berminat untuk snorkeling, Anda juga bisa berperahu mengelilingi umbul. Di sini juga terdapat kolam pendek untuk anak-anak bermain air. Waktu terbaik untuk mengunjungi Umbul Ponggok ini adalah pada pagi dan sore hari. Umbul Ponggok berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten

2.    Umbul Manten, Klaten

Umbul Manten (source: piknikasik.com)

Umbul Manten (atau ada juga yang menyebutnya Umbul Janti) berada di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Umbul Manten ini berlokasi tak terlalu jauh dari Umbul Ponggok. Umbul Manten ini dikelilingi dengan pepohonan besar yang bernama pohon ipik. Umbul Manten ini juga memiliki air yang sangat jernih dan segar. Kedalaman airnya adalah sekitar 1,5 meter. Saking jernihnya, kita dapat melihat bebatuan di dasar umbul. Karena airnya yang sangat jernih, para wisatawan sering membuat foto underwater di Umbul Manten ini. Nama Umbul Manten ini sendiri tak lepas dari legenda  mistis tentang sepasang pengantin yang tiba-tiba hilang. Walaupun diselimuti aura mistis, namun Umbul Manten ini tetap menjadi tempat wisata favorit. 

3.    Umbul Cokro Tulung, Klaten

Umbul Cokro Tulung

Umbul cantik di Jawa Tengah yang berikutnya adalah Umbul Cokro Tulung. Umbul Cokro Tulung ini berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Umbul Cokro Tulung ini dikenal sebagai Waterboom Cokro. Kita dapat menemukan aneka wahana air di tempat wisata seluas 15.000 meter persegi ini. Ada water sliding, flying fox, taman air, pancuran, dan kolam bermain. Umbul Cokro Tulung ini memiliki air yang sangat jernih dan segar. Suasananya pun sangat asri karena ada banyak pohon besar. Fasilitas di Umbul Cokro Tulung ini juga sudah cukup lengkap. Di sini terdapat kamar ganti dan tempat bilas, gazebo, dan juga warung makan. Tempat parkirnya juga luas. 

4.    Umbul Nilo, Klaten

Umbul Nilo

Sama seperti Umbul Ponggok dan Umbul Cokro Tulung, Umbul Nilo pun terletak di daerah Klaten. Umbul Nilo ini berada di Dusun Margosuka, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Lokasinya kira-kira hanya berjarak 10 menit perjalanan dari Umbul Ponggok. Ukuran kolam di Umbul Nilo ini tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Umbul Ponggok. Luasnya kira-kira hanya 150 meter persegi dengan kedalaman air sekitar 1,5 meter. Di sekitar umbul juga banyak ditumbuhi pohon ipik yang bentuknya menyerupai pohon beringin. Airnya jernih dan sejuk, sangat asyik untuk bermain air. Untuk Anda yang membawa anak-anak, di Umbul Nilo ini juga terdapat kolam kecil khusus untuk anak-anak. Penamaan Nilo sendiri dikarenakan dulu ada banyak pohon nilo yang tumbuh di sekitar sana. Namun saat ini kita tidak dapat lagi menemukan pohon nilo di sana. Saat berwisata ke Umbul Nilo, Anda tak perlu takut kelaparan karena sudah ada beberapa warung makan. 

5.    Umbul Kapilaler, Klaten

Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler berada di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Polanharjo. Umbul cantik di Jawa Tengah ini konon dulunya adalah tempat pemandian putri raja. Hingga saat ini, Umbul Kapilaler masih digunakan masyarakat setempat sebagai tempat pemandian. Suasana di Umbul Kapilaler ini juga masih alami. Dasar umbul masih berupa pasir dan bebatuan dengan air yang sangat jernih. Ada banyak pohon besar yang tumbuh di sekitar umbul dan bebatuan besar sehingga suasananya terasa begitu asri. Untuk mengunjungi Umbul Kapilaler ini, Anda tidak akan dipungut bayaran alias gratis. Jika Anda datang pada pagi atau sore hari, Anda akan bertemu dengan warga setempat yang mandi di Umbul Kapilaler ini. 

6.    Umbul Sigedang, Klaten

Umbul Sigedang

Di Umbul Sigedang, Anda dapat merasakan mewahnya mandi dengan air mineral. Bagaimana tidak? Umbul Sigedang ini menjadi salah sumber air bagi salah satu merk air mineral botolan terlaris di Indonesia, yaitu AQUA. Tanpa bermaksud promosi, cobalah untuk melihat-lihat botol kemasan AQUA yang Anda minum. Kebanyakan air mineral AQUA yang beredar di daerah Jawa Tengah dan Jogjakarta airnya berasal dari mata air Sigedang, Klaten. Air di Umbul Sigedang ini memang masih sangat jernih dan alami. Kandungan mineralnya juga tinggi dan bebas polusi. Hanya dengan membayar sekitar Rp 6000,00 Anda bisa menikmati mandi dan berenang di “air aqua”. Namun, para pengunjung harus ingat untuk tidak menggunakan sabun agar tidak mencemari sumber air ini. 

7.    Umbul Sidomukti, Ungaran

Umbul Sidomukti

Umbul cantik di Jawa Tengah yang tak boleh terlupakan adalah Umbul Sidomukti.  Umbul Sidomukti ini adalah kolam dengan sumber air alami yang terletak di daerah perbukitan Gunung Ungaran, tepatnya  Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Umbul Sidomukti ini sangat unik karena terletak pada ketinggian 1.200 mdpl. Karena itulah, Umbul Sidomukti ini pun disebut-sebut sebagai kolam renang di atas bukit. Suasananya terasa alami karena dinding kolam dibangun dari bebatuan alami. Hawa di daerah sini juga terasa sangat sejuk. Kawasan wisata Umbul Sidomukti ini sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan yang menantang adrenaline, seperti flying fox, marine bridge, rapeling menuruni lembah, ATV, dan jalur trekking. Terdapat juga fasilitas outbond, camping ground, dan pondok wisata untuk menginap. 

Klikers, itulah 7 umbul cantik di Jawa Tengah yang pastinya akan memukau Anda. Perlu diingat, Anda harus selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari  umbul-umbul ini. Sayang sekali bukan jika keindahan dan keasriannya menjadi rusak hanya karena kita tidak peduli untuk melestarikannya? Jangan sampai keindahan 7 umbul cantik di Jawa Tengah ini tak lagi bisa dinikmati…

 

Facebook Comment

Related Post

2 Comments

Comments are closed.

Read previous post:
Tempat Ngopi Favorit di Bandung (Buka Tahun 2016)

Rasanya, saya tak akan bosan untuk berkomentar betapa banyaknya cafe baru yang buka di Bandung. Sepanjang tahun 2016 saja, tak...

Close