Mari Ngopi di 9 Warung Kopi Legendaris di Indonesia

Mana yang lebih Anda suka? Menikmati secangkir cappuccino dari mesin espresso, atau secangkir kopi hitam yang dituang dari ceret kuno ? Cappuccino dari mesin espresso tentu saja enak, namun menikmati secangkir kopi klasik di sebuah kedai kopi pun tak kalah nikmatnya. Sudah sejak lampau kopi asal Indonesia terkenal karena rasanya yang nikmat. Di antara sekian banyaknya coffee shop yang kini marak, ada beberapa warung kopi yang sudah buka sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dan tetap eksis hingga hari ini. Klikers, inilah 9 warung kopi legendaris di Indonesia:

1.    Warung Tinggi, Hayam Wuruk, Jakarta

Foto kuno bangunan Warung Tinggi
Foto kuno bangunan Warung Tinggi

Bisa jadi, Warung kopi legendaris di Indonesia yang satu ini adalah warung kopi tertua di Indonesia. Warung Tinggi pertama kali buka pada tahun 1878. Warung Tinggi ini didirikan oleh Liauw Tek Soen di Jalan Moolen Vhiet Oost (Batavia) yang sekarang menjadi Jalan Hayam Wuruk. Warung ini sendiri awalnya adalah warung nasi dan baru terkenal dengan kopinya pada tahun 1927. Menu kopi yang terkenal dari Warung Tinggi adalah Kopi Jantan dan Kopi Betina. Kopi Jantan ini memiliki rasa yang sangat keras dan memilki efek meningkatkan vitalitas. Sedangkan Kopi Betina lebih disukai oleh anak muda. Sejak tahun 1998, Warung Tinggi ini dikelola oleh Angelica Widjaja yang adalah generasi kelima. Di tangan Angelica, Warung Tinggi mampu menembus pasar supermarket, hotel, dan perkantoran. Mereka juga mengekspor kopi ke Jepang dan Amerika Serikat. Warung Tinggi berlokasi di Jl. Sekolah Tangki No. 26, Hayam Wuruk, Jakarta Barat. Buka setiap hari pukul 09.00 – 15.00.

2.    Kedai Kopi Es Tak Kie, Jakarta

kedai kopi es tak kie
kedai kopi es tak kie

Kedai Kopi Es Tak Kie buka pertama kali pada tahun 1927. Warung Kopi legendaris di Indonesia yang satu ini berlokasi di daerah Pecinan di Glodok, Jakarta Barat, di sebuah gang sempit bernama Gang Gloria. Namun, saat ini Gang Gloria sudah berubah nama menjadi  Jalan Pintu Besar Selatan III. Suasana pecinan di kedai kopi ini begitu kental sehingga akan membuat Anda teringat akan setting film-film kungfu. Bahkan Kedai Kopi Es Tak Kie kerap menjadi lokasi shooting film yang bersetting tempo dulu. Warung Kopi Es Tak Kie ini terkenal dengan es kopinya yang terdiri dari racikan kopi Robusta maupun Arabika dari Lampung, Toraja sampai Sidikalang. Racikannya menghasilkan rasa yang sangat khas. Namun perlu diingat bahwa kopi es Tak Kie ini memiliki kadar kafein yang tinggi. Anda yang tak terbiasa minum kopi atau memiliki sakit maag kronis harus berhati-hati jika mencicipi Kopi Es Tak Kie. Kedai Kopi Es Tak Kie buka setiap hari pukul 06.30 – 14.00.

3.    Warung Kopi Purnama, Bandung

Roti Bakar Sarikaya dan Secangkir Kopi dari Warung Kopi Purnama
Roti Bakar Sarikaya dan Secangkir Kopi dari Warung Kopi Purnama

Walaupun saat ini coffee shop telah menjadi begitu marak di Bandung, masih ada satu warung kopi legendaris yang selalu melekat di hati. Warung kopi tersebut adalah Warung Kopi Purnama. Warung Kopi Purnama pertama kali buka pada tahun 1930. Awalnya,warung kopi ini bernama Ching Sang She yang artinya “Selamat Mencoba”. Namanya berganti menjadi “Purnama” saat pemerinah mengharuskan mengganti nama-nama tionghoa menjadi nama Indonesia. Hingga hari ini, Warung Kopi Purnama masih mempertahankan resep yang sama dengan resep yang mereka gunakan saat pertama kali buka. Mereka menggunakan biji kopi yang didatangkan khusus dari Medan. Selain kopi susunya, Warung Kopi Purnama juga terkenal dengan roti bakar selai sarikaya-nya. Warung Kopi Purnama berlokasi di Jl Alkateri 22, Bandung. Buka setiap hari pukul 06.30 – 17.00.

4.    Toko Kopi Nikmat, Singkawang

Toko Kopi Nikmat
Toko Kopi Nikmat

Ada begitu banyak warung kopi yang dapat Anda temukan di Singkawang. Minum kopi memang sudah menjadi bagian dari kebudayaan Singkawang. Dari sekian banyak kedai kopi yang dapat Anda temukan di Singkawang, ada satu kedai yang telah menjadi legenda. Toko Kopi Nikmat telah berdiri sejak tahun 1930-an dan saat ini dikelola oleh generasi ketiganya. Kopi di sini diracik sendiri oleh Alang, wanita pemilik Toko Kopi Nikmat ini. Biji kopi yang digunakan berasal dari Jawa dan Sumatra lalu dipanggang lagi sehingga menghasilkan rasa yang berbeda dengan kopi  di warung-warung kopi lainnya di Singkawang. Di sini, Anda bisa mencicipi kopi susu, teh telur, dan tentunya kopi hitam. Saat berada di Toko Kopi Nikmat, Anda akan melihat sebuah lemari antik berbentuk segi delapan yang menjadi etalase kue-kue basah. Keberadaan lemari antik itu pun telah menjadi ciri khas Toko Kopi Nikmat. Sedikit mengkhawatirkan bahwa Toko Kopi Nikmat ini belum ada penerusnya karena anak Alang semuanya merantau. Semoga jangan sampai tutup, ya! Toko Kopi Nikmat ini berada di Jl Diponegoro. Buka pukul 06.00 – 15.00.

5.    Warung Kopi Ake, Belitung

Warung Kopi Ake
Warung Kopi Ake

Warung kopi legendaris di Indonesia yang berikutnya ada di Belitung. Warung Kopi Ake pertama kali buka pada tahun 1921. Saat pertama kali buka, mereka berjualan dengan menggunakan gerobak. Warung Kopi Ake ini masih menggunakan peralatan yang sama sejak pertama kali warung kopi ini buka. Anda dapat melihat peralatan-peralatan jadul seperti gentong air, alat penyulingan air, sampai ketel.  Saat ini Warung Kopi Ake dijalankan oleh generasi ke-4. Menu favorit di sini adalah kopi susu dan teh susu. Anda juga bisa memesan telur setengah matang. Warung kopi yang dapat menampung hingga 50 orang ini berlokasi di  Jalan KV Senang 57, Tanjung Pandan, Belitung. Buka setiap hari pukul 08.00 – 22.30.

6.    Warung Kopi Kong Djie, Belitung

Warung Kopi Kong Djie
Warung Kopi Kong Djie

Selain Warung Kopi Ake, Belitung masih menyimpan satu lagi warung kopi legendaris di Indonesia. Namanya adalah Warung Kopi Kong Djie. Warung Kopi Kong Djie ini sudah berjualan sejak tahun 1943. Suasana warungnya pun lekat dengan atmosfer jadul. Jika tak suka asap rokok, pengunjung bisa duduk di bagian luar warung di dekat dapur. Kopi dari Warung Kopi Kong Djie ini diseduh dengan arang sehingga aromanya khas. Selain menu kopi, Warung Kopi Kong Djie juga menyediakan menu aneka cemilan seperti donat, gorengan, dan nasi gemuk. Warung Kopi Kong Djie ini berlokasi di Jl. Sijuk, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Buka setiap hari pukul 06.00 – 21.00.


7.    Kopi Eva,  Semarang

Eva Coffee House
Eva Coffee House

Tak banyak yang tahu bahwa salah satu warung kopi legendaris di Indonesia ada di Semarang. Eva Coffee House (atau Kopi Eva) pertama kali berdiri pada tahun 1958. Kopi Eva ini didirikan oleh Pak Tjip (Michael Tjiptomartojo). Kopi di Kopi Eva ini ditanam, diolah, dan diracik sendiri oleh Pak Tjip. Di Kopi Eva ini, Anda juga dapat menikmati berbagai menu makanan. Beberapa menu yang terkenal dari Kopi Eva ini adalah tahu goreng dan gudeg manggar. Kovi Eva ini berlokasi di Jalan Raya Ambarawa-Magelang, Desa Bedono, Kec. Jambu, Ambarawa. Buka pukul 06.00 – 21.00. 


8.    Warung Kopi Phoenam, Makassar

Kopi Phoenam
Kopi Phoenam

Warung kopi legendaris di Indonesia yang berikutnya dapat kita temukan di Makassar. Phoenam (baca: Phu nang) berasal dari kata Phoe Nam yang artinya adalah terminal atau tempat persinggahan. Warung Kopi Phoenam ini sudah berdiri sejak tahun 1946. Pendirinya adalah Liong Thay Hiong. Kopi yang mereka gunakan tentu saja adalah kopi toraja. Menu kopi favorit di sini adalah kopi susu. Anda bisa menikmati secangkir kopi susu bersama roti bakar dan pisang panggang. Selain itu, ada juga menu unik kopi, madu, dan telor. Warung Kopi Phoenam ini berada di Jl Nusantara. Kerennya, Warung Kopi Phoenam ini sudah melakukan ekspansi dan dapat juga Anda temukan di Jakarta. 

9.    Warung Kopi Solong, Aceh

Warung Kopi Solong
Warung Kopi Solong

Warung Kopi Solong adalah salah satu wisata kuliner yang wajib Anda kunjungi saat berada di Banda Aceh. Warung kopi ini didirikan oleh  H. Muhammad Saman, atau Abu Amad Solong,  pada tahun 1964. Warung Kopi Solong ini menggunakan kopi Ulee Kareng. Ulee Kareng adalah salah sat kecamatan di Banda Aceh yang dikenal  karena rasa khas dari kopi acehnya. Kopi ramuan di Warung Kopi Solong ini diolah dengan menggunakan kopi robusta, jagung, biji jagung, gula, dan mentega. Campuran yang tidak biasa ini membuat kopi dari Warung Kopi Solong memiliki rasa yang unik dan tiada duanya. Kopi solong ini biasanya disajikan dengan makanan tradisional Aceh. Warung Kopi Solong terletak di Jl. T. Iskandar No. 13-14 (Ulee Kareng), Banda Aceh. 

One Comment

Comments are closed.