7 Martabak yang Terkenal Enak di Bandung

Klikers, siapa nih yang doyan martabak? Rasanya makanan yang sering disantap malam-malam ini digemari banyak orang. Kalau pacar ngapel ke rumah juga seringnya bawa martabak kan? 😀 Selain bakso, martabak juga jadi kudapan pas di musim hujan seperti sekarang ini. Di Bandung, banyak sekali pedagang martabak. Rasanya di setiap sudut ada saja gerobak martabak. Bukan cuma martabak manis biasa atau martabak telor, rasa martabak di Bandung juga makin banyak ragamnya. Tapi, Klikers sudah tahu marbatak mana saja yang rasanya juara? Langsung saja yuk cicipi 7 martabak yang terkenal enak di Bandung ini!

1. Martabak San Francisco

Hadir sejak tahun 1967, martabak ini merupakan salah satu martabak legendaris di Bandung. Seiring perkembangan zaman, Martabak San Francisco makin banyak varian rasanya, seperti nutella, toblerone, chunky bar dan vanilla oreo. Kalau kurang suka manis, di sini juga ada menu martabak asin dengan isian daging sapi, ayam, atau tuna. Martabak San Francisco dapat dibeli gerainya yang beralamat di Jl. Burangrang No. 42, Jl. Ir. H. Djuanda No. 105, dan Jl. Buah Batu No. 145. Harga martabaknya memang cukup mahal, tapi sebanding dengan citarasanya yang melegenda karena dibuat dari bahan baku premium, seperti gula rendah kalori, mentega rendah lemak, air mineral SNI, daging pilihan, dan dus food grade yang kuat kena panas microwave. Wajar saja bila harga seloyang Martabak San Francisco bisa lebih dari 100 ribu rupiah.

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak San Francisco (sumber foto: foody.id)

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak asin – Martabak San Francisco (Instagram @perutkarung)

2. Martabak Nikmat Andir

Martabak yang terkenal enak di Bandung berikutnya adalah Martabak Nikmat Andir yang telah ada sejak tahun 1975. Soal citarasa sudah tak perlu diragukan lagi. Kalau Anda datang ke tempat jualannya di Jl. Jenderal Sudirman No. 413, banyak orang yang rela antri demi menikmati lezatnya martabak manis di sini. Banyak juga lho orang Jakarta yang langganan. Menu martabaknya banyak pilihan rasa dan unik, mulai dari martabak dengan topping standar sampai topping kekinian. Martabak yang wajib banget dicoba adalah martabak pandan jagung keju. Menu best seller! Rasanya sudah pasti gurih dan manis karena perpaduan jagung, keju, dan susu. Warna hijau dan aroma pandannya membuat martabak ini makin menggoda. Selain itu, masih banyak menu lain yang tak kalah nikmat, seperti martabak capuccino, nutella, green tea, toblerone, taro, dan red velvet.

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak pandan jagung keju (sumber foto: kuliner.panduanwisata.id)

martabak yang terkenal enak di bandung
Pandan dan red velvet – Martabak Nikmat Andir (Instagram @osyn.culinary)

3. Martabak Asan

Martabak Asan punya menu andalan, yaitu martabak tipker alias tipis kering. Bentuk dan teksturnya seperti crepes tapi lebih tebal. Di Bandung sendiri banyak yang menjual martabak tipker. Tapi, yang paling juara ya dari Martabak Asan, karena pemiliknya, yaitu Ko Asan adalah pencipta konsep martabak tipker. Pilihan rasa untuk isiannya beragam, yaitu cokelat, keju, kacang, dan kombinasi. Selain martabak tipker, tersedia juga martabak manis dengan topping cokelat, keju, kacang, atau pisang. Di kios Martabak Asan yang beralamat di Jl. Kebon Kawung No. 8 juga ada menu siomay dan batagor.

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak tipker – Martabak Asan (Instagram @martabak_asan_bandung)

4. Martabak Brownies Dakocan 168

Siapa yang tak tahu martabak dan brownies? Rasanya hampir semua orang pernah mencicipi kedua makanan manis tersebut. Tapi, bagaimana rasanya kalau kedua makanan itu digabung menjadi satu? Martabak kekinian di Bandung bukan cuma martabak green tea, tapi ada juga martabak brownies yang dijual di kios Martabak Brownies Dakocan 168 yang beralamat di Jl Dr. Rajiman. Martabak ini dibuat dari adonan brownies dengan rasa cokelat legit yang menjadi kunci citarasanya. Pilihan topping-nya banyak. Ada cokelat, kacang, meises, keju, pisang, kismis, dan kombinasi.

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak brownis (Instagram @mabrodakoca)

5. Martabak Bolu Golden Bell

Selain martabak brownies, martabak lain yang tak kalah unik di Bandung adalah martabak bolu dari Golden Bell. Sesuai namanya, citarasa martabak bolu merupakan perpaduan antara martabak dan bolu. Penampilan dan rasanya seperti martabak, tapi teksturnya lembut dan empuk seperti bolu. Tersedia aneka pilihan topping, seperti cokelat, keju, kacang, dan kismis. Kelebihan dari martabak bolu ini tidak berminyak seperti martabak pada umumnya dan tetap enak dimakan walau dalam keadaan dingin. Teksturnya pun tetap empuk. Selain itu, martabak bolu ini juga tahan 3 hari tanpa perubahan rasa sehingga bisa juga dijadikan oleh-oleh. Penasaran? Datang langsung saja ke Martabak Bolu Golden Bell, di Jl. Dangdeur Indah II No.1, Surya Sumantri.

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak Bolu Golden Bell (sumber foto: parisvanjava.web.id)

6. Martabak Shaffron

Martabak Shaffron beralamat di Jl. Ciumbuleuit No. 85. Pemilik kios martabak ini mengusung konsep martabak kekinian dengan menawarkan banyak variasi topping impor. Anda bisa memilih martabak manis original, red velvet, atau green tea dengan pilihan topping kombinasi dari nutella, ovomaltine, hershey’s, silver queen, delfi, cadbury, toblerone, kitkat green tea dan masih banyak lagi. Selain martabak manis, menu martabak asin di sini juga tak kalah spesial. Martabak asinnya ada dua varian daging, yaitu ayam dan sapi. Saus pendampingnya beda bukan kuah cuka seperti pada martabak asin biasa, tapi saus kari, barbekyu, atau mayones.

makanan yang terkenal enak di bandung
Ovomaltine, toblerone white & kitkat green tea – Martabak Shaffron (Instagram @martabak_shaffron)

7. Martabak Mozzarella – Martabak Mertua

Yang hobi buka situs kuliner pasti tau dong kalau di Jakarta lagi hits yang namanya martabak mozzarella? Nah, di Bandung juga ada lho martabak mozzarella yang terkenal enak, yaitu di Martabak Mertua. Katanya, gerai martabak ini merupakan pelopornya martabak mozzarella di Bandung sejak tahun 2015. Martabak mozarella merupakan martabak asin dengan isian daging yang rasanya pasti lumer di mulut karena atasnya diberi lelehan keju mozzarella. Kebayang dong nikmatnya? Selain martabak asin, di sini juga ada banyak varian menu martabak manis, seperti green tea, red velvet, black sweet dan tiramisu. Buat yang doyan martabak, pastinya wajib coba martabak buatan Martabak Mertua. Alamatnya di Komplek Margahayu Raya Barat Blok H2 No. 89 (belakang Metro Indah Mall), dan Jl. Dipatiukur No. 84A.

martabak yang terkenal enak di bandung
Martabak red velvet & mozarella – Martabak Mertua (Instagram @pattfernanda)

Jadi, sore ini mau nyoba martabak yang mana dulu nih Klikers?