Memacu Adrenalin di Lava Tour Merapi

Jika berkunjung ke Jogja, tak lengkap rasanya jika tidak melanjutkan perjalanan ke Kaliurang. Tapi nihh..Kalau sudah tiba di Kaliurang, tidak lengkap lagi kalau belum sempat mengunjungi Telaga Putri. Kalau sudah di Telaga Putri, ehhh…Rasanya kok masih kurang juga ya? Wah ternyata karena belum mengunjungi daerah-daerah terdampak erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010. Seperti apa penampakannya?


Untuk Klikers ketahui, Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang teraktif di Indonesia. Bahkan gunung yang terletak di sebelah utara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini sempat menjadi perhatian dunia saat erupsi yang terjadi pada 2010 lalu, erupsi yang terus menerus hingga dalam waktu yang cukup lama.

Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)
Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)

Peristiwa alam ini mengubah wajah kawasan Kaliadem yang dulunya merupakan daerah yang perkemahan yang hijau royo-royo menjadi hamparan tanah dan material bekas lahar letusan gunung tersebut.

Dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada 2010 lalu bisa nampak pada material bekas letusan, sebuah bunker tempat perlindungan yang merenggut nyawa dua relawan, harta benda penduduk sekitar yang tersisa, serta menyaksikan puncak gunung Merapi dengan jarak pandang sekitar 2 km dan berketinggian 2.965 m dpl ini mengeluarkan asap sulfatara yang tak pernah henti mengepul dari kawahnya. Semua itu bisa Klikers saksikan dengan jelas saat berkunjung di Lava Tour Merapi Kaliadem.

Lava Tour Merapi berangkat dari Telaga Putri. (Rina TS)
Lava Tour Merapi berangkat dari Telaga Putri. (Rina TS)

Kunjungan pada malam hari di Kaliadem sebenarnya akan sangat menarik jika dapat melihat lelehan lava pijar yang menuruni kubah lava. Sayangnya, pemandangan ini dapat dilihat pada malam hari. Memangnya berani? Hehehe..

Jika Klikers hendak mengunjungi tempat-tempat ini, bisa memilih berbagai paket yang ditawarkan. Yang bikin seru, Klikers menyaksikannya dengan diantar jeep off road yang tahan banting saat menempuh jalur-jalur terjal. 

Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)
Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)

Ada Paket Rute Pendek Merapi Lava Tour, Paket Rute Menengah / Medium Merapi Lava Tour, Paket Rute Panjang / Long Merapi Lava Tour, dan Paket Sunrise Merapi Lava Tour. Setiap paket memiliki kapasitas, jarak, jumlah tempat yang dikunjungi, serta harga yang tentunya berbeda-beda. 

Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)
Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)

Adapun paket termurah adalah Paket Rute Pendek Merapi Lava Tour. Dengan membayar  Rp 350.000, Klikers diantar menggunakan 1 unit Jeep berkapasitas 4 orang dengan durasi 2 sampai dengan 2,5 jam.

Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)
Lava Tour Merapi. (Ichwan Prihantoro)

Sedangkan paket termahal adalah Paket Rute Panjang atau Long Merapi Lava Tour. Namanya juga paket panjang, tentu rute yang dikunjunginya lebih banyak. Start dari Basecamp kita di kaliurang – Desa Tangkisan – Melewati makam masal, Tugu Ambruk kedai kopi merapi – Gumuk Ball- Desa Wisata petung, Museum Sisa harta, Menuju Desa jambu- Baru Wajah atau Batu alien dan Melihat Kali gendol dari atas,  Menyusuri  Hutan Soga menuju Kali adem- bungker kali adem- Singgah di kampung Mbah Maridjan – Menyeberangi Sungai Gendol- Singgah Di makam Mbah Maridjan, Bermain Air di Kali Kuning.

merapi-lava-tour-8
Turis asing di Gunung Merapi. (Ichwan Prihantoro)

Adapun tarif untuk paket panjang ini adalah Rp 600.000 untuk satu unit jeep berkapasitas 4 orang. Durasinya juga dibilang paling lama, yakni 4 jam.

Benda-benda yang tersisa usai erupsi Gunung Merapi pada 2010. (Ichwan Prihantoro)
Benda-benda yang tersisa usai erupsi Gunung Merapi pada 2010. (Ichwan Prihantoro)

Sebelum berkunjung ke sini, alangkah lebih baik Klikers menginapnya di hotel, homestay atau losmen yang diekat dengan kawasan Kaliurang, yakni hotel-hotel yang terletak di kawasan Sleman. Info selengkapnya bisa Klikers baca di artikel Hotel murah yang dekat dengan Kaliurang.

Karena apa? Karena paket lava tour merapi ini buka mulai jam 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Soalnya ini menjadi salah satu tujuan favorit para wisatawan Jogja. Jangan sampai terlambat ya!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *