Merasakan Sensasi Wisata Negeri di Atas Awan di Indonesia

Satu keindahan alam yang bisa dinikmati di berbagai tempat di Indonesia adalah wisata ala negeri atas awan. Di tempat-tempat tersebut, para wisatawan akan bisa merasakan sensasi yang berbeda. Sejauh mata memandang, Anda akan bisa menyaksikan keindahan alam dari ketinggian. Pemandangan tersebut semakin eksotis dengan dihiasi keberadaan awan tipis yang menyelimuti.

Tempat-tempat yang menawarkan pemandangan seperti itu bisa dijumpai hampir di tiga pulau besar yang ada di Indonesia. Mulai dari Sumatera, Jawa, ataupun Sulawesi. Nah, berikut ini adalah tujuh tempat wisata ala negeri atas awan yang bisa Anda jumpai di ketiga pulau besar di Indonesia tersebut:

1. Pantan Terong

Pantan Terong
Pantan Terong, https://ksmtour.com

Di tanah Sumatera, Anda bisa menemukan sensasi wisata negeri atas awan saat berkunjung ke Takengon, tepatnya di Pantan Terong. Pantan Terong merupakan sebuah puncak bukit yang ada di Dataran Tinggi Gayo dengan ketinggian mencapai 1.830 meter di atas permukaan laut (mdpl). Suasana yang sejuk dengan pemandangan alam menakjubkan bisa Anda saksikan di tempat wisata ini.

Wisatawan lokal baik dari Aceh ataupun provinsi sekitar pun kerap menghabiskan waktu liburannya ke tempat ini. Berfoto dengan latar belakang Danau Laut Tawar menjadi aktivitas yang kerap dilakukan oleh para wisatawan di sini. Tempat wisata ini pun dilengkapi dengan area berfoto yang cukup luas dan rata. Tidak heran kalau saat akhir pekan atau musim liburan, tempat ini akan ramai dikunjungi wisatawan.

2. Kampung Lolai Toraja

Kampung Lolai Toraja
Kampung Lojai Toraja, Photographer: Ronny Adolof Buol, http://travel.kompas.com http://travel.kompas.com

Kampung Lojai Toraja
Kampung Lojai Toraja, http://www.beritaterhangat.info

Di tanah Sulawesi, Anda bisa menemukan keberadaan wisata negeri atas awan di Kampung Lolai Toraja. Kampung ini berada di ketinggian 1.300 mdpl dan kini telah menjelma menjadi destinasi wisata baru di Toraja. Gumpalan awan putih akan bisa secara langsung Anda saksikan ketika berkunjung ke tempat ini. Pemandangan di sini akan terlihat semakin indah kalau Anda menyaksikannya pada pagi hari, saat matahari mulai memunculkan wajahnya.

Para wisatawan yang datang ke tempat ini pun melakukan berbagai caranya sendiri dalam menikmati pemandangan. Kalau mau, Anda bisa menggunakan tenda untuk bisa bermalam. Selain itu, bisa pula memilih untuk tidur di rumah warga. Untuk melengkapi suasana liburan di tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam di Kampung Lolai dengan menyeruput secangkir kopi khas Toraja yang sudah terkenal kelezatannya.

Kampung Lolai Toraja
Kampung Lolai Toraja, http://travel.kompas.com

3. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan, IG @metaliap
Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan, IG @pempek_tunu

Bukit Pergasingan yang ada di Pulau Lombok juga bisa menjadi pilihan kalau ingin merasakan sensasi wisata negeri di atas awan. Tempat ini kerap mendapatkan julukan sebagai Gunung Rinjani Mini, terutama karena tempat ini 'hanya' berada di ketinggian 1.700 mdpl. Bandingkan saja dengan ketinggian Gunung Rinjani yang mencapai 3.726 mdpl dan dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Meski begitu, pemandangan di Bukit Pergasingan ini akan sanggup memuaskan mata Anda. Saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan gumpalan awan yang menghiasi pemandangan matahari terbit. Ketika hari sudah menjelang siang, pemandangan di tempat ini pun tidak kalah indah. Anda akan memperoleh suguhan pemandangan berupa petak-petak sawah warga yang terlihat seperti hamparan permadani.

4. Bukit Punthuk Sukmojoyo

Bukit Punthuk Sukmojoyo
Bukit Punthuk Sukmojoyo, http://lanskapwisata.blogspot.co.id
Berkunjung ke Magelang, Anda bisa merasakan sensasi serupa ketika datang ke Bukit Punthuk Sukmojoyo. Tempat yang satu ini dikenal sebagai salah satu lokasi terbaik untuk bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit. Di tempat ini pun sudah tersedia gardu pandang yang bisa menjadi lokasi untuk menyaksikan pemandangan sekaligus tempat untuk berfoto selfie.

5. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
Gunung Cikuray, https://travel.detik.com

Kalau ingin merasakan pendakian yang sedikit lebih menantang, bisa berkunjung ke Puncak Gunung Cikuray yang berada di ketinggian 2.818 mdpl. Gunung yang berada di wilayah Kabupaten Garut ini menawarkan pemandangan ala negeri atas awan yang tidak kalah menakjubkannya. Meski, untuk bisa menyaksikan pemandangan tersebut, Anda terlebih dulu harus menaklukkan jalur pendakian yang cukup terjal, dengan durasi perjalanan mencapai 7 hingga 8 jam.

6. Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng

Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng
Bukit Sikunir di Dataran Tinggi Dieng, http://www.initempatwisata.com

Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo kini dikenal sebagai surganya para pencinta wisata alam. Di sini, Anda bisa pula merasakan sensasi wisata ala negeri atas awan. Salah satunya adalah Bukit Sikunir yang berada di ketinggian 2.200 mdpl. Konon, pemandangan matahari terbit di tempat ini merupakan yang terindah di tanah air. Para wisatawan pun menyebutnya sebagai fenomena golden sunrise.

Untuk bisa menyaksikan pemandangan golden sunrise di tempat ini, Anda harus berangkat subuh. Anda bisa datang ke tempat ini dengan cara menuju ke Desa Sembungan yang kemudian dilanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Puncak Bukit Sikunir.

7. Puncak Kebun Buah Mangunan

 Puncak Kebun Buah Mangunan
Puncak Kebun Buah Mangunan, http://rentalhiacedijogja.com

Terakhir, Anda dapat pula merasakan sensasi berada di negeri atas awan saat berkunjung ke Puncak Kebun Buah Mangunan yang berada di Yogyakarta. Tempat ini memang tidak terlalu tinggi, berada di ketinggian 200 mdpl. Meski begitu, saat berada di tempat ini Anda akan bisa menyaksikan keberadaan gumpalan awan seperti berada di bawah kaki. Momen terbaik untuk datang ke tempat ini adalah pada sore hari, saat menjelang matahari terbenam.

Menariknya lagi, Anda tidak hanya bisa menyaksikan pemandangan indah ala negeri atas awan di Puncak Kebun Buah Mangunan ini. Di tempat yang sama, Anda juga dapat menengok keberadaan berbagai jenis kebun buah. Mulai dari mangga, durian, manggis, duku, sawo, jeruk dan lain-lain.

Keberadaan tujuh tempat wisata negeri atas awan di tiga pulau besar Indonesia ini pun menunjukkan kekayaan alam yang melimpah. Akan sayang kalau pemandangan tersebut hanya dinikmati oleh wisatawan dari luar negeri. Tertarik berkunjung ke tempat-tempat wisata tersebut?

One Comment

Comments are closed.