Pecinta Mie Wajib Mencicipi Mie Instan Kekinian di Jakarta

Ada kelakar yang mengatakan bahwa mie instan sudah menjadi makanan pokok orang Indonesia. Ini dikarenakan begitu tingginya konsumsi mie instan di tengah masyarakat saat ini. Seiring dengan maraknya wisata kuliner kreatif, mucul berbagai variasi olahan dan sajian mie istan. Mie instan kekinian di Jakarta misalnya, diolah dan disajikan dengan unik sehingga mengundang antrian panjang pembeli. Berikut ini adalah beberapa mie instan kekinian di Jakarta yang wajib dicoba, khususnya bagi pecinta mie instan dan pecinta kuliner unik.

1. Kue Ulang Tahun Mie Instan

Kue Ulang Tahun Mie Goreng Indomie kafe TOT.AW
Kue Ulang Tahun Mie Goreng Indomie kafe TOT.AW. Sumber foto: IG @tot.aw

TOTmpeng kafe TOT.AW
TOTmpeng kafe TOT.AW. Sumber foto: IG @tot.aw

Ini benar-benar unik, kue ulang tahun terbuat dari mie instan. Kue ini sedang viral di media sosial, dan disukai khususnya oleh kalangan anak muda. Bentuknya sama persis seperti kue ulang tahun kebanyakan dengan bentuk bulat bertingkat. Warna dan penampilannya memang tidak semencolok kue ulang tahun biasa yang berwarna-warni, tapi tetap saja terlihat cantik dan unik.

Adalah Tot Aw, cafe yang mewujudkan ide unik kue yang diberi nama Tot Cake ini. Kue ini terbuat dari mie goreng instan yang dicetak bulat. Terdiri dari dua tingkat dengan ukuran berbeda. Tingkat bawah berdiameter 18 cm, sedangkan tingkat atasnya dibuat lebih kecil dengan diameter 16 cm.

Mie goreng yang dijadikan bahan utama pembuatan kue ulang tahun ini berasa gurih dan pedas. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera, mulai dari agak pedas, pedas, hingga extra pedas. Sebagai pelengkap rasa sekaligus hiasan, kue ulang tahun mie instan ini bisa dilengkapi kornet, ayam suwir, cumi asin, atau irisan bakso sapi. Di tingkat atas, kue dihiasi topping keju parut dan lilin-lilin kecil yang jumlahnya bisa disesuaikan.

Sebuah Tot Cake bisa diperoleh dengan harga Rp 140 ribu. Harga yang wajar untuk sebuah kue ulang tahun yang bisa dinikmati ramai-ramai. Jika dipotong-potong, kue ini bisa membuat kenyang sekitar 8 – 10 orang. Karena banyaknya peminat, kue ini harus dipesan tiga hari sebelum hari H. Jangan khawatir mienya akan basi, karena pembuatan kue tetap dilakukan pada hari H.

Selain membuat kue ulang tahun mie instan, cafe Tot Aw yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara, ini juga menyediakan menu rumahan dengan penyajian unik. Makanan di cafe ini disajikan dalam wadah plastik berbentuk binatang seperti penguin dan kodok, layaknya membawa bekal makan dalam kotak makan lucu saat ke sekolah. Menu andalan Tot Aw adalah roti panggang dengan saus taro atau ubi ungu. Sedangkan menu lainnya antara lain adalah mie instan kering, basah, dan becek, serta nasi dengan lauk balado tongkol, ayam suwir, kornet, dan ikan cumi asin.

TOT AW CAFE
Alamat: Jalan Raya Kelapa Hybrida Blok QJ9 No. 1, RT.08 /RW.12, 
Kelapa Gading, Jakarta Utara, 14240

2. Mie Instan Mirip Bungkusnya

Mie Mirip Goreng Bulgogi di Mix Diner
Mie Mirip Goreng Bulgogi di Mix Diner. Sumber foto: https://www.foody.id

Mie Mirip Goreng Jumbo di Mix Diner
Mie Mirip Goreng Jumbo di Mix Diner. Sumber foto: https://www.foody.id

Mie Mirip Goreng Jumbo di Mix Diner
Mie Mirip Goreng Jumbo di Mix Diner. Sumber foto: https://www.foody.id

Mie instan yang biasa dimasak di rumah disajikan ala kadarnya tanpa penataan atau lauk pelengkap. Padahal dalam bungkusnya, mie tersebut tampak lebih menarik dan lebih bergizi dengan pelengkap sayuran maupun daging atau telur. Nah, jika ingin menyantap mie instan dalam kondisi sama persis seperti penyajian dalam kesamannya, berkunjunglah ke cafe Mix Diner and Florist di Jalan Kapten Tandean, Jakarta.

Cafe ini menyajikan mie instan sama seperti penyajian di foto bungkusnya.Jika memesan mie instan yang di bungkusnya dilengkapi telur ceplok dan sayuran, maka Anda akan mendapatkan mie seperti itu.

Mie instan kekinian di Jakarta ini bisa diperoleh dengan harga mulai Rp 20 ribu hingga Rp 27 ribu, tergantung variasi lauknya. Menyantap mie instan di cafe ini tidak akan terasa seperti menyantap mie instan biasa di rumah. Selain tampilan mienya sama seperti bungkusnya, suasana di cafe ini juga terasa nyaman dan hangat.

SAMBEL MELEDUG INDONESIA RESTORAN
(Per 1 Februari 2017, Seluruh cabang Mix Diner & Florist TUTUP dalam rangka improvement & rebranding lainnya. Untuk saat ini untuk menyantap mie instan mirip foto bungkusnya silahkan kunjungi Sambel Meledug Indonesia Cafe)
Alamat : SPBU 34.12702, JL. Kapten Tendean No. 34, Mampang Prapatan.

3. Mie Burger

Burger Mie di The Stacks Burger
Burger Mie di The Stacks Burger. Sumber foto: zomato.com

Burger ramen telur dan sayur
Burger ramen telur dan sayur. Sumber foto: http://virdaoctariaputri.blogspot.co.id

Burger Mie daging
Burger Mie daging. Sumber foto: http://www.imgrum.org/user/warung_instamie/1642178551

Mie instan kekinian di Jakarta berikutnya adalah mie burger, mie pizza, mie burito, serta mie pizza. Ya, inilah perpaduan mie instan yang diolah menjadi makanan internasional. Adalah MamamMie, cafe yang menyajikan menu unik berbahan dasar mie instan ini. Cafe yang terletak di Jalan Petogongan Kabyoran Baru Jakarta ini, mengolah mie instan menjadi kuliner internasional yang sudah populer.

Cefe ini menamai menunya dengan nama-nama menarik yang menunjukkan nama makanannya. Misalnya Mizza adalah pizza yang terbuat dari mie. Tapilannya sama seperti pizza, hanya rotinya diganti diganti dengan mie. Hiasan toping di atasnya pun sama seperti pizza, ada lelehan keju dengan potongan sosis dan sebagainya.

Ada juga Merger atau mie burger, yaitu burger yang rotinya diganti dengan mie dengan bentuk bulat seperti roti burger. Isian di dalamnya juga sama seperti burger biasa, yaitu daging asap, keju, irisan tomat, bawang bombay, serta daun selada.

Menu lainnya yaitu Miushi atau mie sushi, Macos atau mie nachos, Misatsu atau mie chicken katsu, serta Muritto atau mie buritto.

MAMAMIE
Alamat : Jl. Petogogan I No.6, RT.2/RW.12, 
Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jakarta 12140
 

4. Mie Hotpan

Instamie Hotpan susu dan keju
Instamie Hotpan susu dan keju. Sumber foto: IG @warung_instamie/caption]

[caption id="attachment_24237" align="aligncenter" width="600"]Tampilan mio hotpanTampilan mie hotpan. Sumber foto: IG @warung_instamie

Mie hotpan termasuk olahan mie instan kekinian di Jakartayang juga lagi naik daun. Mie hotpan bisa dijumpai di Warung Instamie yang terletak di Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat. Hotpan Cheesy Cream di cafe ini terbuat dari mie instan dengan kuah susu, dilengkapi potongan besar sosis, telur, keju, serta irisan tomat dan jeruk nipis. Satu porsi mie hotpan ini cukup besar, bisa dinikmati oleh dua – tiga orang.

Instamie juga menyediakan Instamie Pizza, Instamie burger, Instamie Bolognaise, Instamie Burito, dan banyak olahan lezat mie instan lainnya. Semua menu mie tersebut dibaderol dengan harga cukup terjangkau, sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu.

MIE HOTPAN
Alamat : Plaza Surabaya, Jl. Plaza Boulevard, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271

Kalo Klikers, penasaran cobain mie instan kekinian di Jakarta yang mana nih?