Museum Angkut, Edutainment Super Keren di Malang

Nama Malang semakin terkenal di sektor pariwisata Indonesia. Tak hanya terkenal karena apelnya, Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur ini memiliki banyak objek wisata menarik. Kalau berkunjung ke Malang, tak lengkap rasanya kalau tidak menjelajahi keanekaragaman wisata di Kota Batu. Salah satu objek wisata yang menarik dan wajib Anda dikunjungi adalah Museum Angkut, wisata edutainment yang super keren di Malang!

museum angkut
Museum Angkut (source: malang-guidance.com)

Tak hanya sekedar museum, banyak hal unik yang bisa ditemukan di Museum Angkut yang tak ada di museum lainnya. Lokasinya satu kompleks dengan Jatim Park II, yaitu di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Kota Batu. Dibuka seja 9 Maret 2014, Museum Angkut hadir dengan gaya bangunan Eropa megah sebagai rumah otomatif dari seluruh dunia. Berbagai jenis alat transportasi tradisional dan modern bisa dilihat di museum ini lengkap dengan latar belakang sejarah dan tempat dari mana kendaraan tersebut berasal. Museum Angkut pun dinobatkan sebagai museum transportasi modern terbesar di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara. 

Berdiri di atas lahan seluas 3,7 hektar, Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona dan dilengkapi dengan beragam ornamen yang menarik dan futuristik. Yuk, kita telusuri zona-zonanya!

Zona Hall Utama

Begitu melewati pintu masuk, Anda akan berada di zona hall utama. Terpajang berbagai koleksi alat transportasi dari berbagai negara dan berbagai zaman yang berpadu dengan penataaan cahaya lampu yang begitu apik sehingga semakin indah dilirik.

museum angkut
Zona hall utama (source: museumangkut.com)

Zona Edukasi

Zona edukasi berisi tentang sejarah berbagai transportasi dari berbagai penjuru dunia. Di zona ini pula, Anda dapat melihat seri Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Ir. Soekarno. Cocok sekali untuk dikunjungi bersama anak-anak, karena mereka dapat memperoleh wawasan baru mengenai sejarah perkembangan transportasi dengan penyajian yang interaktif.

museum angkut
Zona Edukasi (source: ngalam.co)

Zona Sunda Kelapa & Batavia

Jakarta “tempo doeloe” merupakan konsep utama yang dihadirkan di zona Sunda Kelapa & Batavia. Replika pelabuhan Sunda Kelapa dirancang semirip mungkin lengkap dengan menara Syahbandar serta berbagai jenis angkutan di kala Jakarta bernama Batavia di masa penjajahan Belanda.

museum angkut
Zona Batavia (source: okezone.com)

Zona Jepang

Zona Jepang berisi berbagai alat transportasi pabrikan Jepang, seperti Honda, Suzuki, dan Kawasaki. Zona ini dihadirkan karena Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi kiblat otomotif dunia.

Zona Eropa

Zona Eropa dibagi menjadi zona Inggris, Jerman, Italia dan Prancis. Di area Inggris, terdapat beberapa mobil produksi Inggirs (Austin, Rolls Royce, Mini Cooper, Fillir, Raligh, Francis Barnett, Royal Enfield, Triump, Matchless, dan Blackburn), mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, serta dibuat pula replika Istana Buckingham. Zona Jerman, Prancis, dan Italia juga tak kalah istimewa. Koleksi alat transportasi dari ketiga negera tersebut disajikan dengan latar belakang landmark yang ada di negara tersebut.

museum angkut
Istana Buckingham, Museum Angkut (source: travelingprecils.com)

Zona Gangster & Broadway

Zona Gangster & Broadway menjadi zona favorit untuk selfie/wefie dengan latar ala luar negeri. Masuk ke zona ini, Anda akan diajak masuk ke dalam dunia Gangster & Broadway ala Al Capone yang hits tahun 1970-an.

museum angkut
Gangster & Broadway zone (source: anekatempatwisata.com)

Zona Las Vegas

Ditandai dengan gerbang bertuliskan “Welcome to Fabulous Las Vegas Nevada”, zona Las Vegas dihadirkan di Museum Angkut dengan konsep kehidupan malam Las Vegas yang khas.

Zona Hollywood

Sesuai namanya, zona Hollywood adalah tempat di mana Anda bisa melihat berbagai transportasi yang dipakai dalam film-film Hollywood. Mobil unik dalam film Scooby Doo hingga Batmobile-nya Batman bisa dilihat di sini. Uniknya lagi, ada patung Hulk yang terbuat dari beragam onderdil bekas.

Zona Hollywood (source: parah1ta.jalanjalanyuk.com)
Zona Hollywood (source: parah1ta.jalanjalanyuk.com)

Zona D’topeng Kingdom.

Tak hanya menjelajahi transportasi dari berbagai negara, Museum Angkut juga memiliki zona D’topeng Kingdom yang menyajikan beragam kearifan budaya nusantara. Di zona ini, ada sekitar 2000 koleksi topeng dari berbagai daerah di Indonesia. Dipamerkan pula beragam koleksi keramik, wayang, serta Al-Quran kuno yang dibuat dari kulit binatang.

D'topeng Kingdom (source: indoturs.com)
D'topeng Kingdom (source: indoturs.com)

Zona Pasar Apung

Setelah puas mengeksplorasi aneka koleksi di Museum Angkut, saatnya isi perut di Pasar Apung. Dinamakan demikian karena transaksi jual-belinya dilakukan di atas perahu terapung. Di zona ini, Anda bisa menikmati aneka sajian khas nusantara. Nasi timbel, gado-gado, gudeg, sampai pempek, semuanya ada.

Pasar Apung, Museum Angkut (source: motherandbaby.co.id)
Pasar Apung, Museum Angkut (source: motherandbaby.co.id)

Kalau berkunjung ke Museum Angkut, wisata museum tidak akan terkesan monoton lagi bukan? Anda pun bisa menikmati aneka pertunjukkan yang diadakan di sana, sepeti Spiderman Show yang diadakan setiap pukul 14.00 WIB di Runway 27, Parade Museum Angkut & Movie Star Studio yang diadakan setiap akhir pekan dan musim liburan pukul 16.30 WIB di Zona Gangster & Broadway, dan Three Elemental Show yang diadakan di Pasar Apung setiap akhir pekan dan musim liburan pada pukul 19.30 WIB.

museum angkut
Parade Museum Angkut (source: museumangkut.com)

Setiap harinya, Museum Angkut beroperasi mulai pukul 12.00 WIB – 20.00 WIB. Untuk masuk ke museum, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 60.000,- (weekday) dan Rp. 80.00,- (weekend). Kalau datang rombongan, dapat 1 tiket gratis setiap pembelian 30 tiket (berlaku kelipatan). ‘Nggak terlalu ngerti soal otomotif? Tenang saja, liburan ke Museum Angkut akan tetap seru dan menyenangkan karena tempatnya instagramable banget. Tapi, kalau bawa kamera (seperti DSLR, polaroid, dan handycam) kecuali kamera handphone, Anda harus bayar biaya tambahan sebesar Rp. 30.000,- per kamera. Mau foto prewedding unik berlatar mobil antik? Biayanya sebesar Rp. 2.500.000,- untuk 5 jam sesi foto dengan 5 mobil atau motor sebagai objek foto, serta sudah termasuk tiket masuk untuk 5 orang dan biaya 2 kamera.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *