Nasehat Travelling Terburuk Sepanjang Masa

“Jangan buang-buang duit cuma buat beli aqua!  Gw sendiri minum air keran dan sampe sekarang masih sehat qo, “ kata seorang tamu yang Anda temui di sebuah hotel di Kathmandu.  Tapi orang ini gak keliatan batang hidungnya selama 3 hari kemudian, dan beratnya pun turun 4 kg…dan diketahui belakangan ternyata dia sakit perut berat dan nginep di klinik terdekat.

“Saya ga pernah booking kamar hotel sebelum saya tiba di kota tujuan.  Buat saya, lebih liat sendiri semua pilihan hotel yang mau saya ambil, jadi lebih pasti deh…gak sampe salah pilih”, itu kata seorang teman yang lain ketika dia gak sengaja melihat Anda sedang ‘membuang-buang’ waktu 10 menit saja untuk booking hotel terbaik melalui internet.  Sang teman Anda ini sendiri akhirnya kelelahan menghabiskan waktu lebih dari 4 jam berkeliling sampai ke jalan kecil mencari hotel nyaman yang masih menyediakan kamar, berpeluh keringat sambil membawa seluruh koper dan tas bawaannya, dan menghabiskan lebih dari Rp100.000,- untuk ongkos taksi berkeliling, sementara Anda sendiri begitu tiba di kota tujuan, langsung check-in, pergi jalan-jalan mencoba kuliner setempat, makan siang atau mungkin menghabiskan 30 menit untuk istirahat sejenak alias bobo siang =D

“Hati-hati dengan orang Bandung, mereka mukanya doank ramah..tapi hatinya gak ada yang tau.”

“Hati-hati dengan pecalang Bali, mereka galak dan pemarah…”, demikian penuturan dari seorang teman yang belum pernah ke Bali sekali pun.

Seorang pria sedang minum dari air keran di Kota Varanasi, India
Seorang pria sedang minum dari air keran di Kota Varanasi, India.
Gambar oleh Upperhall Ltd / Robert Harding World Images / Getty Images.

Begitu didengar pertama kali, nasihat-nasihat diatas udah pasti mengangkat alis Anda tinggi-tinggi. Yaa, setidaknya itu mengangkat alis keraguan sebagian besar teman-teman saya.  Tapi dibawah ini, Klikhotel coba tuliskan 10 nasihat salah yang mungkin jarang sekali didengar, tapi cukup banyak dipercaya oleh orang-orang.  Yukk, kita ulas satu-per-satu:

1. Cewek jangan jalan sendiri

Ini adalah salah satu pernyataan yang cukup sering diperdebatkan ketika seorang wanita hendak merencanakan liburan seorang diri.  Jawabannya tentu saja, “tergantung”.  Beberapa tempat seperti India dan sebagian negara di Timur Tengah mungkin cukup menantang untuk seorang wanita yang pergi jalan-jalan seorang diri.  Tetapi di tempat lain, seperti Thailand, pernyataan ini bisa mengundang protes para wanita disana….belum lagi (hadooh…please deh) Inggris gitu loh. Tante-tante umur 50 aja bisa sendiri =D

 

2. Jangan cicipi makanan pinggir jalan

Makanan pinggir jalan di Myanmar. Image by Colin Brynn / Robert Harding World Imagery / Getty Images.
Makanan pinggir jalan di Myanmar.
Image by Colin Brynn / Robert Harding World Imagery / Getty Images.

Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, tapi ini adalah nasehat terburuk sepanjang sejarah dunia travelling.  Bener sih, di beberapa negara tertentu kita harus lebih berhati-hati, terutama mempertimbangkan faktor ke-higienis-an makanannya; tetapi makanan jalanan harus diakui mampu memberikan pengalaman citarasa lokal tersendiri yang mungkin tidak akan Anda rasakan dari restoran mahal sekalipun.  Belum lagi faktor harga…murah geetohh….hahaha.  Jadi, untuk saya pribadi, mencicipi makanan jalanan adalah bagian dari kegiatan tur yang harus saya lakukan ketika saya sedang mengunjungi kota tersebut.

 Eh…eh, ada lagi yang bilang, makanan jalanan bisa bikin perut sakit.  Ahh, taukah Anda, hasil sebuah survei di US dan Itali membuktikan bahwa makan di restoran mahal sekalipun bahkan memberikan resiko sakit perut yang sama besarnya dengan resiko makan makanan pinggir jalan.

 

3. Bawa traveller’s cheques untuk keadaan darurat

Bersamaan dengan tumbuhnya jaringan ATM global, traveller’s cheques atau cek perjalanan pada akhir tahun 90-an udah gak begitu penting lagi.  Beneran loh, jaman sekarang, cek perjalanan sudah hampir tidak lagi digunakan karena sangat sedikit dan semakin sedikit jumlah bank yang mau mencairkan uangnya. Jadi pilihan untuk saat-saat darurat, bawalah kartu kredit atau kartu ATM yang terpisah dari dompet utama Anda.

Secret tips: Anda bisa juga menyimpan beberapa lembar uang tunai di tempat-tempat tersembunyi seperti kompartemen ber-resleting di dalam tas, dompet STNK, bahkan saya pernah simpan 2 lembar di dalam kaus kaki.

 

4. Itali punya pizza terbaik sedunia

Anda para “budget travellers” biasanya punya cerita “pizza paling gak enak” versi Anda sendiri bukan? Beli di Venice kek, atau di suatu tempat terpencil di Italy.  Jebakan turis seperti ini ada dimana-mana, seperti singa yang mengaum-aum siap menerkam Anda kapan pun Anda lengah. Jadi jangan malas untuk googling mengenai tempat pizza terbaik di daerah dekat Anda.

 

5. Rencanakan semua/jangan rencanakan apapun

Pernyataan diatas butuh setidaknya selusin rambu-rambu tambahan. Jika waktu dan tempat mengijinkan, sedikit bahkan tanpa perencanaan di Bandung bisa berakhir sebagai bagian dari memori terindah perjalanan yang pernah Anda lakukan seumur hidup. Tapi pendekatan serupa yang Anda lakukan di Singapore pada high season bisa jadi malah sukses membuat jebol dompet Anda

Syukurnya, kebebasan akses informasi melalui gadget akhir-akhir ini setidaknyanya mampu mengurangi resiko tersebut sampai ke taraf yang masih aman-aman aja deh walaupun Anda berlibur tanpa rencana sekalipun.

 

6. Anda gak akan bisa akses Facebook di Negeri Cina

Padahal itu hanya sebagian kecil area di Negeri Tirai Bambu loh… Untuk sebagian besar area lain, akses Facebook, Twitter, Tumblr, dan situs-situs populer lain dapat diakses dengan lancar.

 

7. Bawa baju lebih artinya irit biaya laundry

Wanita membawa setumpuk baju. Gambar oleh John Slater / Stone / Getty Images.
Wanita membawa setumpuk baju. Gambar oleh John Slater / Stone / Getty Images.

Sekilas sih sepertinya bener yaa, tapi kalo kita mau sedikit hitung-hitungan, ternyata penghematannya gak seberapa loh.  Coba tanyakan dulu biaya laundry di hotel Anda akan tinggal, atau kalau mau sedikit rajin, bisa juga cek dulu info biaya laundry di tempat terdekat dari hotel Anda yang bisa jadi bahkan lebih murah dari biaya cuci Anda sendiri di rumah – Belum lagi mempertimbangkan biaya bagasi dari airline yang akhir-akhir ini sangat mahal.  Semakin banyak baju yang Anda bawa, semakin berat juga bawaan tas bagasi Anda.  Dibawanya repot, dibayarnya malah, padahal di Vietnam, biaya laundry itu hanya membutuhkan 1 lembar Rp 10.000,- saja kepada petugas hotel tempat Anda menginap.

 

8. Bawa sun block/pembalut/semua jenis obat-obatan lengkap sampe obat merah Betadine

Sekali lagi, tepat ato gak-nya solusi ini sangat bergantung dari tujuan perjalanan Anda. Tapi biasanya sih, di tempat tujuan Anda pasti tersedia barang-barang umum seperti diatas, bahkan bisa jadi lebih murah loh….

 

9. Selalu bawa pisau buat keamanan selama perjalanan

Siapapun yang ngasih nasehat ini pasti orangnya jarang bepergian, dan mungkin sebaiknya jangan berani deket-deket juga ketika Anda ada di satu rumah bersama jenis beliau yang satu ini.

 

10. Gak usah repot bawa buku panduan perjalanan, kamu bisa dapetin informasi apapun online

Lonely Planet Buku
Sumber: www.bijusukumaran.com

Mungkin ada benernya sih, tapi yang perlu dicatet adalah, betul-betul hanya bergantung sama hasil browsing info melalui media online, yang mungkin bisa makan waktu berjam-jam, malah tidak memberikan hasil yang betul-betul maksimal untuk kenikmatan rencana liburan Anda.

Ada cukup banyak tempat menarik yang seharusnya Anda wajib kunjungi, tapi infonya belum tercatat di gubug-nya mbah Google.  Ato parahnya, bisa jadi Anda menyambangi tempat yang udah tutup…upsss, ternyata artikel online yang Anda baca itu ditulis lima tahun yang lalu =D

Secret tips: Hire guide lokal jika memungkinkan…pernah kepikiran? =)

Happy travelling…
Klikhotel.com Team

Disadur dari: Lonely Planet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *