Jangan Lupa Bawa Pulang Oleh-oleh Cokelat Khas Jogja!

Liburan ke mana pun itu kurang lengkap kalau tidak beli oleh-oleh. Termasuk kalau ke Jogja, ada yang kurang rasanya kalau tidak bawa pulang batik ataupun bakpia. Bicara soal oleh-oleh Jogja, kota gudeg ini juga punya produk cokelat khas yang wajib Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta. Desa-desa di Jogja, khususnya kawasan Gunungkidul dan Kulonprogo, telah dikembangkan sebagai sentra kakao. Karenanya, di Jogja kini telah banyak produsen cokelat. Meskipun cokelat lokal, kualitasnya tak kalah dengan brand cokelat pabrikan yang biasa kita konsumsi. Untuk Anda yang tertarik membeli, berikut adalah 6 tempat yang bisa Anda datangi untuk membeli oleh-oleh cokelat khas Jogja:

1. Chocolate Monggo

oleh-oleh cokelat khas jogja
Chocolate Monggp. Foto: anekatempatwisata.com

Chocolate Monggo menawarkan cokelat kualitas Belgia. Tapi jangan salah, cokelat ini berbahan dasar biji kakao yang diperoleh dari daerah-daerah sekitar Jogja. Produsen cokelat yang terkenal di Jogja ini memang merupakan rintisan seorang turis berkebangsaan Belgia yang melancong ke Jogja. Terbiasa dengan cokelat Belgia yang terkenal berkualitas tinggi, ia sulit menemukan rasa cokelat yang sesuai selera. Padahal, Indonesia termasuk salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia. Akhirnya, cokelat dengan brand Chocolate Monggo mulai diproduksi pada tahun 2005 dengan nama perusahaan Anugerah Mulia dan sukses di pasaran. Gerai Chocolate Monggo beralamat di Jl. Dalem KG III / 978, Kotagede. Di sana, Anda bisa menemukan berbagai produk cokelat dengan banyak varian rasa, seperti kismis, kacang mete, stroberi, durian, green tea, hingga rasa yang tak biasa, seperti kulit jeruk, cabai merah, pala, dan rendang.

2. Cokelat Roso

oleh-oleh cokelat khas jogja
Cokelat Roso. Foto: IG @meikahazim

Berbagai produk cokelat dengan citarasa asli Indonesia dan benar-benar buatan orang Indonesia dapat Anda temukan di gerai Cokelat Roso yang beralamat di Jl. Sultan Agung, No.46, Mergangsan. Tersedia aneka produk cokelat standar, seperti hitam atau cokelat yang dipadu dengan kacang-kacangan, dan ada pula praline dengan rasa buah-buahan yang beragam. Menariknya lagi, Anda juga bisa mencicipi uniknya cokelat dengan varian rasa jejamuan, seperti kunyit, gula asem, dan beras kencur. Selain varian rasa yang inovatif, kemasannya pun dibuat unik. Menegaskan konsep “Taste of Jogja” yang diusungnya, berbagai filosofi tentang Jogja tak lupa dicantumkan pada kemasan produk-produk Cokelat Roso. Misalnya, tema transportasi lokal pada kemasan cokelat rasa kacang-kacangan atau pedagang jamu gendong pada kemasan cokelat jejamuan.

3. Cokelat nDalem

oleh-oleh cokelat khas jogja
Cokelat nDalem. Foto: IG @rahmatjul

Tempat membeli oleh-oleh cokelat khas Jogja berikutnya adalah Cokelat nDalem, yang gerainya beralamat di Jl. Bhayangkara No.23, Ngampilan. Brand cokelat dengan tagline “Tanda Hati dari Jogja” ini memiliki belasan varian rasa yang terbagi ke dalam lini rasa klasik (cokelat hitam), pedas (cabai, jahe dan mint), rempahnesia (rempah-rempah), wedangan (aneka wedang), dan kopinesia (perpaduan cokelat dan kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia). Coklat nDalem juga dikemas begitu menarik. Kemasannya dirancang informatif di mana terdapat unsur beragam budaya lokal dari daerah-daerah di Indonesia, seperti corak batik, ikon budaya dan pariwisata, serta ilustrasi cerita rakyat. Menariknya lagi, gerai Cokelat nDalem juga dilengkapi museum mini yang menampilkan berbagai informasi tentang sejarah cokelat.

4. Cokelat Joyo

oleh-oleh cokelat khas jogja
Cokelat Joyo. Foto: IG @nugrahenil

Sebagai brand asli Jogja, oleh-oleh cokelat khas Jogja dari Cokelat Joyo dikemas dengan kemasan bertema budaya dan pariwisata yang mencirikan Jogja. Ada belasan varian rasa yang ditawarkan. Mulai dari cokelat hitam, cokelat putih, kacang-kacangan, jahe, kayu manis, hingga buah kering. Ada pula varian cokelat meletus yang wajib Anda coba. Varian cokelat ini merupakan perpaduan cokelat dan permen sehingga ketika dimakan akan menciptakan sensasi meletus di dalam mulut. Tertarik mencoba cokelat meletus yang unik ini? Anda bisa datang langsung ke gerai Cokelat Joyo yang beralamat di Jl. H.O.S. Cokroaminoto No.97, Wirobrajan. Selain cokelat, gerai Cokelat Joyo juga menjual tela cake (cake singkong) khas Jogja.

5. Tugu Chocolate

oleh-oleh cokelat khas jogja
Gerai Tugu Chocolate. Foto: IG @tugu_chocolate

Tugu Chocolate juga menawarkan oleh-oleh cokelat khas Jogja dengan citarasa yang menjanjikan. Di gerainya yang beralamat di Jl. Tegal Gendu No. 31, Kotagede, Anda bisa memborong cokelat aneka rasa untuk dibawa pulang. Ada belasan varian rasa, diantaranya cokelat hitam yang klasik hingga cokelat bercitarasa pedas. Selain cokelat batang, ada juga praline dengan isian buah-buahan dan kopi. Tak hanya menjual cokelat, Anda juga bisa membuat cokelat sendiri di gerai Tugu Chocolate. Cokelat hasil kreasi Anda pun bisa dibungkus untuk dibawa pulang.

6. Sw33t Corn3r

oleh-oleh cokelat khas jogja
Sw33t Corn3r. Foto: bimakuru.blogspot.co.id

Sw33t Corn3r memproduksi sekitar 100 varian cokelat. Anda bisa menemukan oleh-oleh cokelat khas Jogja dengan rasa-rasa yang unik dan bahkan beberapa varian rasa jarang ditemukan di toko cokelat lainnya. Anda bisa mencicipi cokelat Allegro dengan paduan kismis, almond, hingga cranberry. Cokelat rasa green tea juga tersedia. Produk cokelat yang ditawarkan berkualitas premium yang diolah dari kakao lokal terbaik. Awalnya, Sw33t Corn3r menjual produk cokelatnya secara online. Tapi, kini Sw33t Corn3r telah memiliki gerai sendiri, yang beralamat di Jl. Polowijan No. 38. Cokelat-cokelat yang dijual di Sw33t Corn3r dikemas dengan kemasan yang lucu sehingga cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh.

Klikers, itulah tempat-tempat untuk berburu oleh-oleh cokelat khas Jogja. Kalau ke Jogja, jangan lupa borong cokelat-cokelatnya!