Sempatkan Beli 6 Oleh-oleh Kerupuk Unik Khas Jawa Barat Ini Ya!

Apa sih yang nggak pernah ketinggalan setiap kita selesai berkunjung dan berwisata ke suatu wilayah? Tentu saja memborong oleh-oleh baik itu berupa cinderamata atau penganan khas daerah tersebut. Jika kita baru saja menghabiskan waktu di berbagai daerah di Jawa Barat, ada banyak oleh-oleh yang bisa kita borong sebagai antaran untuk keluarga dan tetangga di rumah. Di antara banyaknya jenis oleh-oleh yang bisa dipilih, oleh-oleh kerupuk merupakan salah satu yang paling banyak dibeli dikarenakan awet dan ringan dibawa. Nah, ternyata di Jawa Barat ini ada banyak jenis kerupuk khas dan unik. Mau tahu apa saja itu?

1. Gapit dari Cirebon

Kue Gapit
Kue Gapit. Sumber foto: http://cetakankue.blogspot.co.id

Macam-macam rasa Kue Gapit
Macam-macam rasa kue gapit. Sumber foto: Twitter @trans7

Kalau kamu sedang berwisata ke Cirebon dan akan segera kembali ke kota asal, jangan lupa untuk membeli Gapit, salah satu penganan khas dari kota ini. Dinamakan gapit karena saat proses memasak, adonan kerupuk ini harus digapit dengan dua buah lempengan besi besar agar bentuknya menjadi pipih. Lempengan besi ini juga yang membuat tekstur gapit.

Ada banyak varian rasa dari kerupuk berbahan dasar tepung tapioka ini, antara lain, rasa bawang, rasa keju, rasa wijen, rasa kencur, rasa original, rasa udang keju dan banyak lagi yang lainnya.Setiap satu bungkus Gapit memiliki kisaran harga antara lima belas ribu rupiah hingga dua puluh delapan ribu rupiah, murah kan? Tidak sampai tiga puluh ribu rupiah tiap bungkusnya.

2. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak sapi
Kerupuk rambak sapi. Sumber foto:http://jateng.tribunnews.com

Krecek Rambak sapi
Krecek Rambak sapi. Sumber foto: http://rambaksapikakros.blogspot.co.id/

Kerupuk rambak adalah salah satu jenis oleh-oleh kerupuk yang bisa ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. Kerupuk yang dibuat dari kulit sapi, kerbau atau ikan ini terkenal dengan rasa gurihnya yang bikin nggak bisa berhenti ngemil. Untuk membuatnya kulit sapi/ kerbau/ ikan akan dikeringkan terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Setelah kering, kulit ini akan dipotong-potong menurut selera, lalu direbus di dalam bumbu rempah yang telah disiapkan.

Setelah proses perebusan selesai dilakukan, kulit-kulit ini harus kembali dikeringkan hingga benar-benar tiris. Kerupuk rambak ini biasa dijual dalam kondisi matang dan mentah dalam varian harga yang berbeda. Saat menggoreng, pastikan minyak telah sangat panas agar kerupuk melar dengan sempurna. Harga kerupuk kulit ini dibandingkan jenis kerupuk lainnya memang lebih mahal, namun mengandung gizi yang paling tinggi.

3. Opak Kecimpring

kecimpring singkong bandung
Kecimpring singkong bandung. Sumber foto: http://resepdanmasakan.com

Bukalapak.com
Opak Kecimpring. Sumber foto: Bukalapak.com

Opak Kecimpring merupakan istilah untuk menyebut keripik Singkong asli dari Jawa Barat. Bentuknya berupa lembaran bundar yang tipis dan rasanya renyah. Jika dulu hanya ada satu rasa, kini opak kecimpring tersedia dalam berbagai varian; manis, gurih dan pedas.

Harga opak kecimpring ini pun sangat terjangkau, sangat nikmat dimakan langsung atau digunakan sebagai teman makan nasi. Opak dibuat dalam lembaran tipis-tipis karena jika dibuat dalam ukuran tebal, saat proses pengeringan akan memakan waktu lama. Dan tentu saja cita rasanya akan berbeda.

4. Keripik Oncom dan Tempe

Keripik Oncom
Keripik Oncom. Sumber foto: http://olahanoncom.blogspot.co.id

Keripik Tempe Renyah Asli
Keripik Tempe Renyah Asli. Sumber foto: http://zmtirta.blogspot.co.id

Oleh-oleh berikutnya yang bisa kita borong saat di Jawa Barat yaitu keripik oncom dan tempe. Jika awalnya oncom dan tempe diolah hanya dengan digoreng, kini agar lebih awet dan bisa dibawa sebagai buah tangan, oncom dan tempe dikemas dalam bentuk keripik. Jika keripik tempe bisa ditemukan di daerah lain di Indonesia, lain halnya dengan keripik oncom yang memang asli dari Jawa Barat.

Keripik oncom sendiri terbuat dari kacang tanah yang telah difermentasi lalu dikeringkan dan dipotong sesuai selera, kemudian digoreng hingga renyah. Awalnya hanya tersedia rasa original, namun dalam perkembangannya ada banyak varian rasa; dari rasa pedas hingga keju.

5. Rengginang

Rengginang Gurih dan Kriukkk
Rengginang Gurih dan Kriukkk. Sumber foto: http://www.kulinersehat.com

Resep Rengginang Ketan Hitam Enak Renyah
Rengginang Ketan Hitam Enak Renyah. Sumber foto: https://resepterupdate.com

Rengginang juga bisa kita dapatkan di daerah lain Indonesia, namun rengginang asal Jawa Barat biasanya tidak hanya dibuat dari beras ketan yang dikeringkan, namun juga dicampur dengan terasi untuk memberikan rasa gurih yang khas. Jenis kerupuk yang melegenda ini rasanya begitu kres dan kriuk, cocok untuk teman minum teh atau kopi di pagi atau sore hari.

Rengginang sendiri biasanya dijual dalam dua bentuk; mentah dan matang. Namun sekarang lebih banyak pembeli yang menyukai rengginang yang sudah matang, karena lebih praktis, tinggal dimakan tanpa perlu usaha menggoreng terlebih dahulu.

6. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat kriuk-kriuk
Kerupuk melarat kriuk-kriuk. Sumber foto:http://www.masakandapurku.com

Kerupuk Melarat Khas Cirebon
Kerupuk Melarat Khas Cirebon. Sumber foto: rolifrefo.tumblr.com

Apa yang terbayang di benak kita ketika mendengar nama kerupuk ini? Mungkin perasaan aneh dan miris. Tahukah kenapa kerupuk ini dinamakan kerupuk melarat? Tidak lain karena awalnya kerupuk ini dibuat oleh orang-orang yang hidupnya kesusahan. Mereka tidak sanggup membeli minyak untuk menggoreng kerupuk buatannya, hingga akhirnya kerupuk tersebut digoreng dengan pasir. Ternyata usia kerupuk ini sudah sangat uzur lo, ditemukan sejak 1920an dan awalnya bernama kerupuk mares.

Mares sendiri merupakan singkatan dari lemah ngeres yang mengacu pada pasir itu sendiri. Kerupuk penuh warna ini mulai dijual di jalur pantura dan menjadi komoditi utama para penduduk di wilayah ini. Dilengkapi dengan sambal asam, kerupuk sederhana ini menjadi legenda dan buah tangan yang tidak boleh ketinggalan saat kita mengunjungi Cirebon.

Keenam oleh-oleh kerupuk di atas memiliki cita rasa yang khas dan berbeda-beda di setiap jenisnya. Meski terlihat sederhana, namun jenis penganan ini termasuk yang paling netral sebagai buah tangan dikarenakan rasa gurih dan kriuk-kriuknya yang menggoda. Seperti yang kita tahu hampir setiap orang Indonesia tidak bisa lepas dari kerupuk setiap kali makan besar. Bahkan kerupuk juga bisa jadi cemilan yang asyik sembari nonton televisi atau berkumpul bersama keluarga. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Jawa Barat, jenis kerupuk mana yang akan dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan para tetangga?