10 Pilihan Oleh-oleh Favorit yang Khas dari Bali

Pesona Bali memang seolah tak pernah bosan untuk dieksplorasi. Alamnya yang cantik, budayanya yang kental hingga makanan khasnya menjadi daya tarik pulau yang dijuluki “Pulau Dewata” ini. Tak heran kalau wisatawan lokal ataupun asing selalu memenuhi sudut Bali. Klikers juga ada rencana liburan ke Bali atau sedang liburan di Bali? Kalau iya, jangan lupa pulang nanti bawa oleh-oleh ya! Plesiran ke Bali rasanya kurang afdol kalau pulang dengan tangan kosong tanpa membawa oleh-oleh khasnya. Nah, buat yang masih bingung mau beli oleh-oleh apa, yuk disimak 10 pilihan oleh-oleh favorit yang khas dari Bali ini:

1. Pie Susu

Oleh-oleh identik dengan makanan. Kalau di Bali, kue pie susu jadi primadonanya buah tangan. Kue yang bentuknya bulat dan pipih ini memiliki pinggiran bertekstur garing dan tengahnya diberi fla susu yang creamy. Kombinasi tekstur dan fla susu ini membuat pie susu memiliki rasa legit yang istimewa. Gurih, manis, dan milky! Tak hanya pie susu original, kini telah banyak tersedia pie susu dalam berbagai varian topping, seperti keju, almond, kismis, dan choco chips. Wajib banget beli buat teman dan keluarga di rumah!

oleh-oleh khas bali
Pie susu khas Bali

Ada berbagai merek pie susu di Bali, terutama di kawasan Denpasar. Brand pie susu Bali yang terkenal adalah "Pie Susu Asli Enaaak" yang sudah ada sejak 1989. Outlet pusatnya beralamat di Jl. Nangka Selatan No. 163, sedangkan cabangnya di Jl. Wahidin No. 35, dan Pertokoan Kuta Plaza Jl. Dewi Sri VIII Blok B-8. Pie susu lain yang juga terkenal adalah Pie Susu Dhian yang beralamat di Jl. Nangka No.103, Pie Susu Sari di Jl. Saturnus No. 21, dan Pie Susu Bli Man di Jl. Kerta Dalam Sari 3, Gang Cemara No. 15.

2. Pia Legong

Selain pie susu, oleh-oleh khas Bali berupa makanan yang paling favorit adalah bakpia dengan brand Pia Legong. Sesuai namanya, bakpia ini di kemasannya menyematkan gambar seorang penari Legong. Oleh-oleh khas Bali yang legendaris dan laris manis ini hanya dijual di Jl. Raya By Pass Ngurah Rai Ruko Kuta Megah 15. Pia Legong ini diproduksi secara handmade dan tanpa stock alias fresh from the oven setiap harinya.

oleh-oleh khas Bali
Pia Legong

Tersedia dalam varian rasa keju, coklat dan kacang hijau. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Buktinya, setiap hari Pia Legong selalu banjir pesanan sehingga pemilik pun menerapkan tata cara tersendiri dalam pembeliannya. Karena diproduksi dalam jumlah terbatas, pembeli harus melakukan pemesanan terlebih dahulu. Kalau datang langsung tanpa pesan, siap-siap deh gigit jari! Buat Klikers yang mau pesan, telepon dulu ya ke +62 811-877-777 atau kunjungi langsung websitenya Pia Legong.

3. Kacang Bali

Bali juga terkenal dengan aneka olahan kacang. Tak heran, kacang Bali pun jadi salah satu oleh-oleh favorit dari Bali. Sama seperti pie susu, olahan kacang di Bali juga dipasarkan dengan berbagai merek dagang. Bagi yang sering melancong ke Bali, Anda tentu sudah tak asing lagi dengan olahan kacang tanah dengan brand Kacang Asin Rahayu. Brand ini bisa dibilang sebagai pionir produk kacang asin di Bali. Anda bisa datang langsung ke kiosnya di Jl. Gatot Subroto I, Jl. Nusa Kambangan No. 99Z, dan Jl. Raya Tuban 58B. Olahan kacang lain yang menjadi favorit antara lain kacang kapri dan kacang disco yang dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh yang menjamur di sudut-sudut Bali.

oleh-oleh khas bali
Kacang Asin Rahayu

4. Kopi Kintamani

oleh-oleh khas bali
Source: kisahkopi.com
Buat penyuka kopi, wajib banget nih bawa pulang kopi unggulan dari Kintamani. Kopi Kintamani merupakan kopi dengan karakteristik citarasa yang khas, yaitu sedikit asam dan beraroma citrus. Karena keunikan tersebut, tak heran kalau kopi Kintamani banyak diminati oleh para pelancong dari luar negeri. Kalau mau beli kopi ini, langsung saja datang ke Kintamani yang daerahnya ini masih rimbun, hijau, serta berudara sejuk karena berada di kawasan Gunung Batur. Anda pun bisa melihat bagaimana biji kopi Kintamani diolah sampai menjadi bubuk kopi unggulan khas Bali.

5. Baju Barong & Kain Pantai Bali

Pernah melihat orang-orang yang memakai baju dengan gambar barong di depannya? Kemungkinan besar baju tersebut dibeli di Bali karena memang baju barong merupakan salah satu oleh-oleh favorit dari Bali. Baju yang dibuat dari bahan adem ini nyaman sekali digunakan untuk bersantai di rumah. Selain tahan lama, harga baju barong juga relatif murah apalagi jika Anda membelinya dalam jumlah grosiran. Anda bisa membelinya di berbagai pusat oleh-oleh Bali, seperti Krisna, Pasar Sukawati, Pasar Ubud, dan Pasar Badung.

oleh-oleh khas bali
Baju barong khas Bali (source: pergidulu.com)

Sekalian beli baju barong ke pasar tradisional Bali, jangan lupa beli juga kain pantai Bali yang juga menjadi salah satu oleh-oleh yang ramai diburu orang kalau ke Bali. Kain berbahan rayon yang dihiasi motif dengan warna cerah ini juga adem dipakai dan multifungsi. Selain sebagai kain pantai, bisa juga dijadikan rok, syal atau selimut.

oleh-oleh khas bali
Kain pantai Bali

6. Souvenir khas Joger

Banyak orang bilang belum sah ke Bali kalau ‘nggak beli kaos Joger. Yup, memang Joger telah menjadi salah satu ikon wisata belanja di Bali. Produsen kaos “pabrik kata-kata” ini memang unik karena menyematkan kata-kata seperti sindiran atau kutipan motivasi yang “nyeleneh” di kaos-kaos yang dijualnya. Tak hanya kaos, Joger juga menjual souvenir lainnya, berupa celana, topi, jaket, sandal, tas, serta aneka pernak-pernik. Produk-produknya ini juga diberi kata-kata yang lucu dan menggelitik yang tak jarang membuat para pembeli senyum-senyum sendiri. Oleh-oleh unik khas Bali karya Mr. Joger ini yang asli cuma ada di Bali dan tidak dijual secara online. Anda bisa membelinya langsung di outlet PABRIK KATA – KATA JOGER di Jalan Raya Kuta, atau di TEMAN JOGER di Desa Luwus Bedugul, Tabanan.

oleh-oleh khas bali
Joger Bali (source: cipikastoreid.wordpress.com)

7. Sandal Etnik Bali

Kalau jalan-jalan ke pusat oleh-oleh atau pasar tradisional di Bali, Anda juga akan menemukan berbagai kerajinan Bali yang bisa Anda jadikan oleh-oleh. Salah satunya sandal etnik khas Bali. Sandal ini dibuat secara handmade oleh para pengrajin lokal di Bali. Ciri khas dari sandal ini adalah hiasan payet atau manik-manik di bagian atasnya sehingga tampak begitu cantik. Ada yang berupa sandal flat dan ada juga wedges dengan model dan pilihan warna yang bervariasi.

oleh-oleh khas bali
Sandal Bali (source: sandalbaliasli.wordpress.com)

8. Batik Galuh

Tak hanya daerah Yogyakarta, Bali juga memiliki batik yang pamornya tak kalah tenar di kalangan turis-turis mancanegara yang melancong ke Bali, yaitu Batik Galuh. Batik ini diproduksi oleh pusat kerajinan Batik Galuh Batubulan yang beralamat di Banjar Tegehe, Desa Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. Bagi Anda yang seorang pecinta batik, tentunya jangan sampai tidak membawa pulang salah satu oleh-oleh khas Bali ini. Anda bisa datang langsung ke tempat produksinya. Selain membeli batik, Anda juga bisa melihat bagaimana proses pembuatannya dan bahkan praktek langsung membuat batik sendiri.

oleh-oleh khas Bali
Batik Galuh Bali

9. Kerajinan khas Desa Celuk

Kalau sedang di Bali, agendakan untuk mengunjungi Desa Celuk, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar. Desa tersebut telah dikenal sejak tahun 1970-an sebagai desa wisata kerajinan emas dan perak. Anda bisa melihat dari dekat bagaimana para pengrajin membuat perhiasan emas dan perak dengan hasil produksi yang bermutu tinggi. Anda pun bisa membeli langsung perhiasan-perhiasan karya pengrajin untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tapi, kalau memang tidak ada waktu untuk mengunjungi Desa Celuk, kerajinan emas dan perak dari Desa Celuk juga bisa didapatkan di sejumlah pasar seni, salah satunya Pasar Sukawati.

oleh-oleh khas Bali
Perak Celuk

10. Buah Lokal

Masyarakat Bali yang mayoritasnya beragama Hindu sering mengadakan berbagai ritual dan upacara adat. Dalam ritual tersebut, tersaji aneka persembahan yang salah satunya berupa buah-buahan lokal. Di Bali, penggunaan buah lokal berkaitan dengan konteks budaya guna menumbuhkan pemahaman potensi alam. Bagi yang berkunjung ke Bali, Anda pun dapat menjadikan buah lokal sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Dijual di berbagai pasar tradisional Bali, beberapa buah lokal yang terkenal dari Bali antara lain salak, jeruk, mangga, juwet (jamblang), srikaya, dan manggis. Kualitasnya pun tak kalah lho dengan buah-buahan impor, dan beberapa diantaranya sudah menjadi komoditas ekspor. So, wajib juga nih dibawa pulang jadi oleh-oleh.

oleh-oleh khas bali
Buah lokal Bali (source: dedotblog.wordpress.com)

Di Bali ada buah mangga yang unik dan bisa dibilang "endemik". Namanya mangga wani. Keunikan dari buah ini adalah jenis adalah bentuknya lonjong seperti alpukat, sedangkan daging buahnya tipis, berserat, dan berwarna putih mirip sirsak tapi rasanya manis. Buah yang juga disebut mangga putih ini dapat ditemukan di beberapa pasar Bali yang banyak menjual buah dan sayur, seperti Pasar Klungkung dan Pasar Candi Kuning Bedugul. Oh ya, mangga ini juga dijadikan salah satu menu sorbet oleh Gusto Gelato & Caffe, yang beralamat di Jl. Mertanadi No. 46B, Kuta Utara, Kab. Badung. Kalau Klikers dekat daerah tersebut, wajib coba sorbet mangga putihnya. Cuma ada di Bali lho!

oleh-oleh khas bali
Mangga putih Bali (source: http://boissinbali.canalblog.com)

Klikers, itulah 10 pilihan oleh-oleh khas Bali rekomendasi Klikhotel. Semoga bermanfaat bagi Klikers yang sedang atau berencana melancong ke Bali dan hendak membeli oleh-oleh. Selamat ngeborong!

One Comment

Comments are closed.