Mari Belanja 10 Oleh-oleh Khas Lombok Ini!

Pelesir tak pernah terasa lengkap jika kita tidak membeli oleh-oleh, baik untuk dikonsumsi sendiri ataupun sebagai buah tangan bagi orang-orang yang dikasihi. Sebagaimana daerah lainnya, Lombok pun memiliki oleh-oleh khas tersendiri. Berikut 10 oleh-oleh khas Lombok yang wajib dimasukkan ke dalam keranjang belanjaan Anda:

1.    Mutiara

gelang mutiara air tawar

Salah satu oleh-oleh khas Lombok yang paling terkenal boleh jadi adalah mutiara. Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa memang dikenal sebagai pulau penghasil mutiara laut di Indonesia. Saat Anda berwisata ke Lombok, Anda akan menemukan banyak sekali penjual mutiara, baik yang dijual di toko-toko hingga di kaki lima. Salah satu tips untuk membeli mutiara adalah: jangan tertipu! Perlu Anda ketahui, ada tiga jenis mutiara, yaitu: mutiara air laut, mutiara air tawar, dan mutiara produksi pabrik (imitasi). Mutiara air tawar harganya lebih murah dibandingkan mutiara air laut. Berat mutiara air tawar juga lebih ringan dibandingkan mutiara air laut. Perlu Anda ketahui, mutiara asli memiliki bulat yang tidak sempurna. Mutiara yang banyak dijual sebagai cendera mata adalah mutiara air tawar dengan penawaran harga termurah Rp 10.000,00. Jika Anda berminat untuk membeli mutiara air laut, lebih baik membelinya di toko emas dan perhiasan agar lebih terpercaya.

2.    Kain Songket

Kain Songket Lombok

Selain mutiara, oleh-oleh khas Lombok lainnya adalah kain songket. Jika Jogja dikenal dengan batiknya, maka Lombok dikenal dengan kain songketnya. Kain songket yang asli dihasilkan dari tenunan dengan berbagai motif. Semakin halus tenunannya dan semakin bagus motifnya, maka semakin mahal pula harganya. Ada juga kain songket yang ditenun dengan benang emas. Sama seperti mutiara, Anda pun harus selektif dalam membeli kain songket. Anda akan menemukan banyak sekali penjual kain songket dan biasanya mereka semua akan menawarkan dengan harga tinggi (hingga ratusan ribu). Padahal ada juga kain songket buatan pabrik yang harganya di bawah Rp 50.000,00. Jika Anda ingin membeli kain songket hasil tenunan yang asli, Anda bisa membelinya di Dusun Sade. Pintar-pintarlah menawar agar Anda tidak membeli dengan harga yang kemahalan. 

Baca Juga:  Eksotisme Situ Gunung di Kaki Gunung Gede Pangrango

3.    Manisan Tomat

Manisan Tomat

Buat Anda yang doyan kulineran, Anda wajib membeli manisan tomat sebagai oleh-oleh dari Lombok. Manisan tomat ini sering disebut juga kurma ala Lombok. Manisan tomat ini terbuat dari buah tomat asli yang diolah dengan gula. Salah satu merk manisan tomat yang cukup terkenal di Lombok adalah merk Phoenix Food. Anda dapat membelinya si Phoenix Food Showroom di Jalan AA Gde Ngurah, Cakranegara, Lombok.

4.    Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Selain manisan tomat, makanan favorit yang menjadi oleh-oleh khas Lombok adalah dodol rumput laut. Biasanya saya pribadi kurang suka dodol karena citarasa manisnya yang giung, namun tidak demikian dengan dodol rumput laut. Dodol rumput laut ini memiliki rasa manis yang pas dengan tekstur kenyal mirip permen jelly. Uniknya lagi, ada banyak varian dari dodol berbahan dasar rumput laut ini. Ada dodol tomat, dodol wortel, dodol jahe, dodol belimbing, dan beberapa varian lainnya. Sama seperti manisan tomat, salah satu merk dodol rumput laut yang sudah terkenal di Lombok adalah produksi Phoenix Food. 

5.    Kaos Lombok

Kaos Lombok bergambar cidomo

Sama seperti beberapa daerah pariwisata lainnya, Lombok pun mempromosikan pariwisatanya lewat media kaos. Kaos Lombok ini tentunya dilengkapi dengan gambar desain bertema pariwisata Lombok, mulai dari gambar cidomo hingga tulisan Gili Trawangan. Kaosnya cukup keren untuk dipakai jalan-jalan dan harganya pun tak mahal. Kaos Lombok ini banyak dijual di pasar-pasar seni, tempat wisata, dan juga pusat oleh-oleh. Salah satu pusat oleh-oleh Lombok yang terkenal dengan jualan kaosnya adalah Sasaku Komplek Pertokoan Dasan Cemen, Jalan Raya Lembar No.31&32, Dasan Cermen, Sandubaya, Kota Mataram, NTB.

Baca Juga:  8 Referensi Tempat Pernikahan Outdoor di Bandung

6.    Madu Sumbawa

Madu Sumbawa

Oleh-oleh khas Lombok lainnya yang sudah terkenal tak lain adalah madu sumbawa. Sumbawa adalah salah satu daerah penghasil madu terbaik di Indonesia. Madu sumbawa ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Madu sumbawa ini juga sangat ampuh untuk membasmi bakteri-bakteri yang kebal pada antibiotik. Ada dua jenis madu sumbawa, yaitu madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan dan madu putih yang berasal dari lebah yang hidup di karang-karang putih. 

7.    Permen Susu Kuda Liar dan Kerbau Liar

Permen susu kuda liar dan kerbau liar

Selain madu sumbawa, NTB juga dikenal dengan susu kuda liarnya. Susu kuda liar ini dihasilkan dari kuda liar sumbawa. Susu kuda liar ini memiliki keistimewaan bebas dari pengaruh bahan kimia sintetis dan mikroba. Selain itu, susu kuda liar juga bermanfaat untuk kesehatan karena dapat meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Jika sedang berada di Lombok, jangan lupa untuk mencicipi susu kuda liar ini. Susu kuda liar ini juga bisa menjadi oleh-oleh. Namun, untuk Anda yang bepergian dengan pesawat, mungkin agak sedikit ribet bila susu kuda liar ini dibawa sebagai oleh-oleh. Sebagai oleh-oleh yang lebih praktis, Anda bisa membeli permen susu kuda liar dan kerbau liar. Permen yang memiliki rasa manis gurih ini diolah secara tradisional. Permen susu kuda liar dan kerbau liar ini juga hanya dapat ditemui di Pulau Sumbawa. 

8.    Minyak Gosok Sumbawa

Minyak Gosok Sumbawa

Inilah oleh-oleh khas Lombok yang sangat cocok untuk orangtua atau kakek/nenek tercinta. Minyak gosok sumbawa dibuat dari akar lawing. Minyak yang memiliki aroma khas ini dapat memberikan kehangatan dan menyembuhkan pegal-pegal, keseleo, meredakan rematik, dan lainnya. Minyak gosok sumbawa ini dapat diperoleh di berbagai toko di wilayah Cakranegara dan Cilinaya.

Baca Juga:  Taman Sejarah Bandung, Taman Tematik Baru di Balai Kota Bandung

9.    Kopi Lombok

Kopi Lombok

Buat Anda yang doyan ngopi, jangan lupa untuk membeli kopi lombok. Budaya minum kopi sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Lombok. Masyarakat Lombok juga lebih senang meminum kopi hitam. Buat Anda yang ingin menjadikan kopi lombok sebagai oleh-oleh, ada beberapa pilihan yang bisa dicoba. Kopi Lombok yang cukup terkenal adalah kopi tambora dan kopi sembalun. 

10.    Aksesoris/Pernak-pernik kerajinan tangan

aneka pernak-pernik dan kerajinan tangan

Oleh-oleh khas Lombok ini pasti disenangi oleh si kecil. Ada banyak asesoris dan pernak-pernik cantik yang bisa kita dapatkan di Lombok. Gantungan kunci berbentuk orang-orangan yang terbuat dari biji keluwak adalah salah satunya. Ada juga tas tali dari bahan tenunan, dompet kecil dengan motif songket, dan gelang anyaman. Harganya juga murah-murah. 

Klikers, itulah 10 oleh-oleh khas Lombok yang bisa menjadi pilihan Anda. Cermat-cermatlah dalam memilih barang dan pandai-pandailah menawar agar tidak membeli dengan harga kemahalan. Selamat berburu oleh-oleh Lombok, Klikers!

Facebook Comment

Related Post

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.