Mari Ngeborong 13 Oleh-oleh Khas Malang Ini

Hai Klikers, beberapa waktu yang lalu, kami sudah sempat membahas tentang tempat-tempat wisata belanja di Malang. Nah, mungkin Anda yang belum pernah berwisata ke Malang bakalan bertanya-tanya, hmmm… apa saja ya oleh-oleh khas Malang? Oleh-oleh khas Malang yang paling terkenal boleh jadi adalah buah apel. Namun, tak berarti bahwa hanya buah apel yang bisa kita bawa sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Malang. Berikut 13 oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda bawa pulang setelah berwisata ke Malang: 

1.    Keripik Buah

Keripik Buah oleh-oleh khas Malang
Keripik Buah oleh-oleh khas Malang

 

Salah satu oleh-oleh khas Malang yang menjadi favorit adalah keripik buah. Malang memiliki hawa sejuk dan lahan yang subur sehingga cocok untuk budidaya buah apa pun. Panen buah yang melimpah membuat Malang berinovasi agar buah-buahan ini bisa dikonsumsi dalam jangka waktu lebih lama. Maka, terciptalah keripik buah. Buah-buahan yang juicy dan segar diolah hingga menjadi garing dan renyah. Beberapa macam keripik buah yang bisa Anda beli di Malang adalah keripik apel, nangka, salak, kelengkeng, nanas, buah naga, rambutan, bahkan semangka! Aneka keripik buah ini bisa Anda dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh Malang. 

2.    Pia Mangkok

Pia Mangkok
Pia Mangkok

Berbeda dengan bakpia pathuk dari Jogja, Pia Mangkok memiliki tekstur kulit yang kering dan renyah, namun lembut di bagian dalamnya. Pia Mangkok ini memiliki varian isi yang cukup banyak, seperti rasa cokelat, durian, kopi, keju, kacang hijau, dan tangkwe. Pia Mangkok ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet sehingga paling-paling hanya bertahan selama 2 minggu. Anda dapat membeli Pia Mangkok ini di Jalan Semeru No. 25 Malang.

3.    Keripik Tempe Sanan

Keripik Tempe Sanan
Keripik Tempe Sanan

Selain keripik buah, keripik lainnya yang juga menjadi oleh-oleh khas Malang adalah keripik tempe sanan. Keripik tempe sanan terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia karena rasanya yang lezat. Uniknya, keripik tempe ini hadir dalam berbagai varian rasa, seperti keripik tempe rasa pizza, barbeque, jagung manis, rumput laut, dan rasa keju. Kampung Sanan terletak di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Malang. 

4.    Keripik Ceker

Keripik Ceker
Keripik Ceker

Selain keripik buah dan keripik tempe, Malang juga terkenal dengan keripik cekernya. Keripik ceker khas Malang ini memiliki rasa yang gurih nikmat dengan rasa renyah. Bukan hanya sekedar sedap, keripik ceker ini pun bergizi karena mengandung asam amino, kolagen, dan kalsium. Keripik ceker ini dapat Anda peroleh di berbagai pusat oleh-oleh Malang. 

5.    Bakso Beku President

Frozen Bakso
Frozen Bakso

Kuliner khas Malang yang sangat terkenal adalah Bakso Malang. Dan, salah satu bakso malang yang sangat terkenal di Malang adalah Bakso Malang President. Buat Anda yang sangat doyan dengan bakso malang ini, Anda bisa membeli bakso beku (frozen bakso) untuk dijadikan oleh-oleh. Bakso beku ini bisa bertahan hingga beberapa bulan selama disimpan di lemari es. Nah, bakso beku ini bisa Anda peroleh di Bakso Malang President di Jl. Batanghari No. 5 (Belakang Hotel Savana), Malang. Anda juga bisa membeli bumbunya. Jadi, kalau Anda kangen ini menyantap bakso malang rasa original, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah.

6.    Repoeblik Telo

Repoeblik Telo
Repoeblik Telo

Telo dikenal juga dengan nama lain ubi. Repoeblik Telo ini adalah salah satu pusat oleh-oleh khas Malang yang berlokasi di Jl. Raya Purwodadi No. 1, Lawang – Malang. Di pusat oleh-oleh ini, Anda dapat menemukan aneka olahan telo ungu. Mulai dari Bapau Telo, Bakpia Telo, Brownies Telo Kukus, Ice Cream Telo, Pizza Telo, Nugget Telo, Ice Cone Telo, Sandwich-Hotdog Telo. Nah, produk yang menjadi favorit wisatawan di Repoeblik Telo ini adalah bapau telo dan bakpia telo. Anda juga bisa menyantap langsung aneka kuliner dari telo ini langsung di tempat karena Repoeblik Telo ini juga dilengkapi dengan area café dengan fasilitas free hotspot. 

7.    Sari Apel

eSari Apel

Selain menikmati olahan buah apel khas Malang dalam bentuk keripik, Anda juga dapat menikmatinya dalam bentuk sari buah. Sari buah apel ini diproduksi dengan menggunakan apel pilihan yang berkualitas. Biasanya yang digunakan adalah apel jenis Manalagi dan Romebeauty. Ada cukup banyak produsen sari apel di Malang. Pilihlah yang tidak menggunakan pemanis buatan dan bahan pengawet . Supaya lebih sehat, tentunya. 

8.    Malang Strudel

Malang Strudel
Malang Strudel

Inilah cemilan oleh-oleh khas Malang yang sedang ngehits belakangan ini. Namanya Malang Strudel. Strudel adalah pastry berlapis yang biasanya diisi dengan buah-buahan. Salah satu isi buah dari Malang Strudel tentunya adalah buah apel. Namun, selain apel ada juga isian stroberi, pisang, nanas, dan mix fruit. Malang Strudel yang dibuka pada akhir 2014 ini berlokasi di Jl Ardimulyo No 14, Singosari. Sangat disayangkan bila Anda tidak membeli Malang Strudel ini saat sedang berada di Malang. Bukannya saya promosi, tapi Malang Strudel ini hanya dapat ditemukan di Kota Malang dan tidak dijual di kota lain. 

9.    Lumpia Tugu

Lumpia Tugu
Lumpia Tugu

Bukan hanya Semarang yang lumpianya terkenal lezat. Malang pun memiliki lumpia yang lezat dan bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh, namanya Lumpia Tugu. Lumpia Tugu ini sudah hadir di Malang sejak tahun 1997. Lumpia Tugu ini diolah dengan bahan-bahan yang segar dalam kulit lumpia yang digoreng garing. Lumpia basah yang belum digoreng bisa bertahan hingga tiga hari. Maka, tak heran bila banyak wisatawan yang menjadikan Lumpia Tugu ini sebagai oleh-oleh. Anda bisa memperoleh Lumpia Tugu ini di Jalan Raya Sulfat, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Jakarta, Ruko Rampal dan Pasar Tugu. Kedai yang menjual Lumpia Tugu ini juga menjual aneka gorengan, risoles, pastel, martabak mini, pisang cokelat, dan sosis solo. 

10.    Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka
Ledre Pisang Bangka

Walaupun namanya Ledre Pisang Bangka, namun cemilan yang satu ini adalah oleh-oleh khas Malang. Dinamakan Ledre Pisang Bangka karena toko yang menjualnya berlokasi di Jl Bangka Kota Malang. Ledre pisang ini dibuat dari pisang raja dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Rasanya manis dengan tekstur renyah. Lokasi toko Ledre Pisang Bangka ini adalah di Jl Bangka 20 – 22, Malang. 

11.    Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo
Keramik Dinoyo

Tak hanya makanan yang bakal habis dalam waktu singkat, Anda pun bisa membeli oleh-oleh khas Malang yang tak lekang oleh waktu. Berkunjunglah ke Sentra Keramik Dinoyo di Jl MT Haryono XI. Di sini, Anda bisa menjumpai sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas Kota Malang. Mulai dari peralatan dapur seperti mug, gelas, cangkir, dan poci. Hingga keramik hiasan rumah seperti vas bunga, asbak, dan celengan berbentuk hewan yang lucu. Adapun kekhasan dari keramik dinoyo ini adalah karakter pola hiasannya yang lebih ke motif flora dan fauna. 

12.    Topeng Malangan

Topeng Malangan
Topeng Malangan

Buat Anda pecinta seni, Anda juga bisa membawa Topeng Malangan sebagai souvenir. Topeng Malangan adalah salah satu seni tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun. Topeng Malang memiliki ciri khas sendiri yang membedakannya dengan topeng lain dari Indonesia. Ciri khas itu nampak pada coraknya yang khas dari pahatan kayu yang lebih realis dan menggambarkan karakter wajah seseorang. Ada karakter wajah jahat, baik, sedih, jenaka, cantik, dan juga tampan. Topeng Malang ini harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp 100.000 – Rp 500.000. Bahkan, ada juga yang harganya mencapai satu juta rupiah, tergantung dari jenis kayu yang digunakan untuk bahan baku topeng. 

13.    Batik Malang

Batik Malangan
Batik Malangan

Batik Malang atau batik malangan memang belum sepopuler batik jogja atau batik solo, namun batik malang juga memiliki keindahan tersendiri dari segi corak dan warnanya yang khas. Salah satu motif batik malang yang terkenal adalah motif batik teratai singo. Beberapa motif khas batik malang adalah motif teratai yang melambangkan keindahan alam dan kesuburan, sulur-sulur, mahkota, rumbai singa, atau gambar tugu malang. Warnanya biasanya cerah. Anda bisa mendapatkan batik malang ini di pusat sentra batik malang di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Atau bisa juga di Sentra Batik Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Wah, ternyata banyak juga ya oleh-oleh khas Malang? Yuk kita belanja! 🙂 

Facebook Comment

Related Post

One Comment

  • Bagi yang bingung mencari lokasi wisata jambi,hotel jambi, caffe and resto jambi, rmh sakit dan lain-lain. Silahkahkan download dan beri komentar pada aplikasi pesona jambi digoogle playstore. Dan like juga
    website: pesonajambi.com
    IG :@APLIKASIPESONAJAMBI
    FB : PESONA JAMBI
    EMAIL : cs@pesonajambi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
hotel murah di glodok
7 Pilihan Hotel Murah di Glodok – Jakarta Barat

Glodok, siapa tak kenal kawasan di Jakarta Barat yang satu ini? Glodok merupakan salah satu pusat penjualan elektronik terbesar di...

Close