Sarapan Istimewa di Padi Padi Restaurant, Park Regis Kuta

Bicara tentang Bali, sulit dilepaskan dari wilayah Kuta, yang merupakan lokasi wisata favorit. Kuta merupakan salah satu sentral yang sangat ramai dan serasa belum ke Bali kalau belum ke Kuta. Lokasi Kuta yang dekat dengan Bandara juga sangat memudahkan mobilitas dari dan menuju bandara. 

Saya teringat akan kunjungan ke Bali pada 20 September 2016 lalu dan menginap di Hotel Park Regis Kuta, yang terletak di Jalan Raya Kuta 88, Kuta, Bali. Ketika mendarat di I Gusti Ngurah Rai, hari sudah larut malam dan saya ingin segera beristirahat, beruntung sekali karena perjalanan dari bandara menuju hotel bintang 4 ini tak lebih dari 10 menit saja dengan berkendara. Begitu sampai, senyum serta sambutan ramah dari staf hotel yang sigap, langsung mengendurkan kelelahan saya. Selain istirahat yang tenang dan nyaman, saya pun sangat menikmati sarapan di hotel ini, yaitu di Padi Padi Restaurant, karena sesuai dengan selera saya.

Padi Padi Restaurant
Padi Padi Restaurant

Sebelum menjelajah Bali pagi itu, saya bersiap sarapan di Padi Padi Restaurant yang lokasinya di lantai dasar hotel. Kebetulan saya tak bersantap sendiri, tapi ditemani seorang sahabat yang berprofesi sebagai chef di Belanda. Bagi saya, apa yang tersaji dalam sarapan kali ini selain sajiannya cantik dan variatif, rasanya juga sedap di lidah. Sarapan pagi itu dibuka dengan salad yang terdiri dari buah dan sayuran segar, lengkap dengan beberapa jenis saus yang membuat sajian yang tersedia semakin nikmat disantap.

padi padi restaurant
Breakfast menu – Padi Padi Restaurant

Saya suka saus pesto-nya yang fresh banget, berupa campuran daun basil segar dengan minyak zaitun, menciptakan aroma yang khas ditambah dengan rasa yang kuat dari bawang putih dan parsley, selain sehat juga cocok buat yang sedang dalam program penurunan berat badan atau bahkan bagi mereka yang vegetarian. Tentu saja ada pilihan salad lainnya berupa pasta dingin dengan ham dan keju yang lezat, serta jelly bening yang akan disukai anak-anak, yang semuanya tertata rapi dalam wadah-wadah cantik yang disimpan di atas kristal es agar tetap segar.

Padi Padi Restaurant
Cold pasta salad with pesto sauce – Padi Padi Restaurant

Saya jarang makan makanan yang manis, jadi saya hanya melewati hidangan roti dengan aneka warna selai di sampingnya. Namun, rupanya sahabat saya yang juga terampil membuat hidangan roti maupun cake ini, punya pengamatan dan pandangan yang jauh lebih jeli. Dia mengambil beberapa potong cake, croissant dan roti lengkap dengan selainya. Rupanya ada keunikan yang saya lewatkan dari selai warna warni yang awalnya nampak biasa saja bagi saya. Pengalaman yang cukup lama di dunia kuliner negeri kincir angin membuat sahabat saya jauh lebih peka untuk mengenali bahwa selai ini istimewa. Selainya segar, karena baru saja diolah dan terbuat dari buah asli yang segar dengan kualitas tinggi. Selai hijau dari kiwi, merah dari stroberi, dan kuning dari nanas.

padi padi restaurant
Roti, cakes, selai – breakfast menu at Padi Padi Restaurant

Karena penasaran, saya pun langsung mencicipi dan ternyata rasanya memang berbeda dari selai biasa. Citarasa buah aslinya mengingatkan pada fresh homemade jam, yang pernah saya cicipi beberapa tahun lalu di sebuah pertanian di Austria. Dan saking penasarannya, saya coba bertanya langsung kepada chef Padi Padi Restaurant tentang selai istimewa ini. Rupanya pengamatan dan analisa teman saya tepat sekali, menurut sang chef, bahkan banyak tamu yang minta resepnya setelah mencicipi selai-selai ini.

padi-padi restaurant
Cakes – breakfast menu at Padi Padi Restaurant

Selain itu, homemade cake dan croissant-nya juga layak untuk dicicipi. Kue-kue yang lembut dan fresh from the oven ini pas bagi penggemar pastry dan roti serta makanan manis, dan tersaji bersebelahan dengan beragam minuman buah segar, susu, juga air mineral dingin yang tertata dengan rapi dan bersih. Tak ketinggalan, di sisi lain terhidang kopi dan teh panas untuk mood booster jalani aktivitas pagi.

padi padi restaurant
Kopi dan teh – Padi Padi Restaurant

Sahabat saya penggemar teh dan makanan manis, sedangkan saya penggemar makanan yang berbahan dasar telur. Jadi sebelum duduk, pada saat pertama masuk restoran, sering kali saya langsung melayangkan pandang mencari egg corner. Hari itu setelah puas dengan salad dan mencicipi selai istimewa, saya menuju ke tempat dimana aneka hidangan telur, mulai dari omelet, egg scrumble, boiled egg dan telur mata sapi. Pilihan saya adalah menikmati omelet telur yang lembut dan light spicy.

padi padi restaurant
Omelet – breakfast menu at Padi Padi Restaurant
Omelet – breakfast menu at Padi Padi Restaurant[/caption]

Saya lihat sekeliling di sini juga tersedia aneka menu Asia, termasuk masakan Indonesia lengkap dengan nasi putih. Bagi yang terbiasa sarapan makanan rumahan tidak perlu khawatir, di sini tersedia lengkap dengan lauk pauknya. Pagi itu ada bihun putih, tempe manis, dan ayam goreng. Menurut sahabat saya, racikan bumbunya ringan sehingga pas untuk disantap di pagi hari. Menu Western lainnya juga tersedia, mulai dari red bean stew, potato wedges, dan yang saya suka adalah mushroom stew, yang ternyata rahasianya ada pada cara dan waktu memasaknya, sehingga aroma langunya hilang dan bumbunya meresap namun tidak lembek.

padi padi restaurant bali
Red bean stew, potato, mushroom

Selain itu, ada beberapa menu pilihan yang berganti setiap hari sehingga setiap pagi para tamu dapat menikmati beragam santapan. Pelayanan staf yang sabar dan ramah pada setiap tamunya, baik dari mancanegara yang kala itu saya lihat cukup banyak jumlahnya maupun wisatawan lokal seperti saya, juga menjadi nilai lebih dari Padi Padi Restaurant. Udaranya pun bebas asap rokok. Penciuman saya yang agak sensitif terhadap aroma yang satu ini. Saya acungi jempol tinggi-tinggi untuk kebijakan berani yang satu ini, bahwa seluruh area di Hotel Park Regis Kuta ini adalah non-smoking area. Great! Tak perlu khawatir lagi kalau bawa anak-anak dan orangtua untuk beristirahat di hotel ini.

Tak terasa pagi hampir menjelang siang, ngobrol ringan dengan sahabat yang lama tak bersua seraya menikmati sarapan istimewa membuat waktu cepat berlalu. Kami pun beranjak menuju lobby untuk menikmati fasilitas free shuttle dari hotel untuk jelajah Kuta.

Terima kasih untuk Park Regis Kuta untuk pengalaman yang menyenangkan!. Till we meet again!

Reviewed by: Yena