GRATIS Voucher KlikHotel Rp 50.000!


Kalau gratis, saya tidak mau

Pantai Ora, Tak Kalah Indah dari Maldives

Pantai Ora
Pantai Ora
Maldives (atau Maladewa). Terkenal karena keindahannya yang membuat para wanita berangan-angan ingin melewatkan honeymoon di sana. Terpaksa saya katakan “angan-angan” karena dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk berlibur ke Maldives yang terletak di sebelah selatan-barat daya India, 700 km dari sebelah barat daya Sri Lanka. Wow, jauh sekali, ya! Begitu hebohnya orang-orang dengan Maldives, sampai terlewatkanlah sebuah pantai di Timur Indonesia. Keindahan pantai tersebut tak kalah dengan Kepulauan Maldives. Namanya Pantai Ora.

Pantai Ora (Ora Beach) merupakan salah satu surga dunia yang terletak di utara Pulau Seram, Maluku Tengah, tepatnya di Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara. Eksotisme dan keindahannya membuat Pantai Ora ini disejajarkan dengan Maldives atau Pantai Bora-bora. Salah satu keunikan yang ditawarkan Pantai Ora ini adalah rumah penginapannya yang berbentuk rumah panggung di atas laut. Adapun Ora Beach Resort adalah satu-satunya resort yang berada di Pantai Ora ini, bahkan tepatnya hanya ada tujuh buah kamar laut, sebuah rumah laut yang seluruhnya berada di atas air, empat kamar pantai, kamar, dan sebuah restoran.

Ora Beach Resort
Ora Beach Resort
Pantai-Ora-Maluku-06 (1)
Pantai Ora

Dengan latar belakang Perbukitan Taman Nasional Manusela, dan birunya air laut yang hanya sejengkal dari lantai resort, dan pemandangan laut lepas, Ora Beach Resort ini dijamin akan berhasil membuat Anda menghela nafas tertahan. Keindahan ini masih dipadukan dengan pasir putih di sepanjang pantai dan keindahan bawah laut yang dapat Anda lihat dengan mata telanjang berkat jernihnya perairan Pantai Ora. Suasana pantainya begitu tenang, jauh dari hiruk-pikuk kota besar dan yang terdengar hanyalah suara deburan ombak.

Hmmm, ingin rasanya menghabiskan berjam-jam hanya dengan duduk-duduk di tempat seindah ini.

Baca Juga:  Jawa Banget! Inilah 5 Wisata Kuliner Yogyakarta yang Terbaik!

Namun, tentu saja ada berbagai hal menyenangkan lainnya yang dapat Anda lakukan saat berlibur ke Pantai Ora ini. Salah satunya tentu saja adalah snorkeling dan diving. Tak perlu menyelam terlalu dalam, bahkan di kedalaman 2-3 meter pun Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Pantai Ora. Kita dapat menikmati keindahan berbagai macam terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang berseliweran.

Sungai Salawar
Sungai Salawar
Air Belanda
Air Belanda

Selain snorkeling, masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di Pantai Ora.  Di pagi hari, kita dapat berkunjung ke Taman Nasional Manusela yang terletak di belakang Ora Beach Resort. Di Taman Nasional Manusela terdapat sekitar 117 spesies burung, di mana 14 di antaranya merupakan spesies endemik, seperti nuri bayan, kasturi tengkuk-ungu, raja udang, dan kakatua maluku. Kita dapat menggunakan perahu bermotor atau kapal nelayan untuk menikmati pemandangan di sekitar Taman Nasional Manusela. Kita juga dapat berkeliling ke beberapa pulau kecil di Teluk Saleman dengan menggunakan perahu. Ada Pulau Sawai, Pulau Raja, Pulau Kelelawar, Pulau Tujuh, Pulau Tengah, dan Pulau Sapalewa. Untuk mengelilingi pulau-pulau ini diperlukan waktu hanya sekitar 30 menit saja. Kita juga dapat melihat Air Belanda, yaitu sebuah sungai kecil yang mengalir dari gunung dan bermuara di pantai Teluk Saleman. Dinamakan Air Belanda karena dulu Belanda menemukan sumber mata air di tepi pantai yang airnya dingin dan rasanya tawar. Lalu bila kita berperahu menyusuri Sungai Salawar, kita dapat melihat proses pembuatan sagu.

Senja di Pantai Ora
Senja di Pantai Ora

Keindahan Pantai Ora ini tak terbatas hanya selama matahari bersinar. Selepas matahari terbenam dan gelap turun, atmosfer akan kian bertambah romantis. Nikmatilah nada-nada ritmis dari ombak yang berdebur sembari menatap langit yang berhiaskan kerlip seribu bintang.

Baca Juga:  4 Tempat Makan Ini Menyajikan Kuliner Jengkol Popular yang Anti Mainstream

Waw! Saran saya, kunjungilah Pantai Ora ini berduaan saja dengan pasangan Anda. Namun, pastinya akan tetap seru jika Anda mengunjunginya bersama para sahabat.

Tertarik untuk  berlibur ke Pantai Ora? Sebaiknya Anda menyiapkan waktu berlibur minimal 5 hari karena perjalanannya pun sudah memakan waktu hampir satu hari. Pertama-tama, Anda harus terbang menuju Bandara Pattimura, Ambon. Dari Bandara Pattimura,  Anda dapat menggunakan angkutan umum atau taxi menuju ke Pelabuhan Tulehu. Dari Pelabuhan Tulehu, Anda dapat menggunakan kapal cepat selama sekitar 2 jam (tergantung kondisi cuaca) menuju Pelabuhan Amahai, Pulau Seram. Dari Pelabuhan Amahai perjalanan dilanjutkan ke Desa Sawai dengan menggunakan angkutan umum atau menyewa mobil selama sekitar dua jam.

Desa Sawai
Desa Sawai

Di Desa Sawai ini terdapat perkampungan nelayan di atas air dan juga penginapan. Penginapan di Desa Sawai ini dapat menjadi alternatif untuk menginap selain di Ora Beach Resort. Harganya pun sudah tentu lebih murah (karena terus terang kualitasnya masih kalah dengan Ora Beach Resort). Bolehlah bila Anda ingin menekan budget. Desa Sawai ini sudah dekat sekali dengan Pantai Ora, kira-kira hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit menyebrang dengan kapal motor.

Hihihi… bagaimana Klikers? Masih tergila-gila dengan Maldives? Maldives boleh jadi sangat mengagumkan, namun Indonesia pun punya Pantai Ora yang tak kalah mempesona. Sebelum Anda berencana untuk berlibur ke Maldives, bagaimana kalau Anda ke Pantai Ora terlebih dahulu? Dengan derajat keindahan yang setara, budgetnya lebih terjangkau, sekaligus Anda mendukung pariwisata Indonesia. Wisatawan mancanegara pun banyak yang berlibur ke Pantai Ora, lho! Yuk, jangan mau kalah! Pantai Ora, aku dataaaang…

 

(Marchaela)

Facebook Comment

Related Post

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *