Pantai Tersembunyi di Lampung yang Masih Perawan

Lampung ternyata memiliki beberapa pantai tersembunyi yang sangat indah. Pantai-pantai tersebut beberapa sudah dikenal oleh wisatawan namun belum begitu banyak yang datang. Bagi yang ingin pergi ke pantai menawan yang masih tenang maka pantai-pantai berikut ini bisa menjadi pilihan. Berikut ini pantai tersembunyi di Lampung yang wajib dikunjungi.

1. Teluk Kiluan

Eksotisme Teluk Kiluan
Eksotisme Teluk Kiluan. Sumber foto: wisatatelukkiluan.com dan piknikasik.com

Teluk Kiluan merupakan salah satu pantai tersembunyi di Lampung. Salah satu spot menariknya yaitu adanya lumba-lumba yang sering bermunculan di sekitar Teluk Kiluan. Para wisatawan bisa dengan mudah melihat lumba-lumba yang berenang di tengah laut.

Pengunjung perlu naik perahu yang disebut jukung, biasanya untuk 2 penumpang. Tur melihat lumba-lumba ini biasanya dimulai pada 6.30 pagi. Perlu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke area tempat lumba-lumba bermunculan. Tur yang berlangsung sekitar 2 jam ini berbiaya 300 ribu rupiah per jukung.

Snorkeling merupakan salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan jika berada di Teluk Kiluan. Pemandangan indah terumbu karang serta variasi ikan memberikan kepuasan tersendiri. Meskipun demikian, kita perlu melihat cuaca apakah bersahabat atau tidak karena air lautnya yang kadang cukup berombak.

Pengunjung dapat melakukan aktivitas lain seperti bersantai di pinggir pantai atau membakar ikan. Tersedia penginapan berupa bungalow yang bisa dimanfaatkan pengunjung yang ingin bermalam di tempat ini.

2. Pantai Gigi Hiu

Pantai Gigi Hiu memberi gambaran alam bak lukisan
Pantai Gigi Hiu memberi gambaran alam bak lukisan. Sumber foto: lihat.co.id

Seluruh area pantai berupa karang-karang berbatu tajam
Seluruh area pantai berupa karang-karang berbatu tajam. Sumber foto: lihat.co.id

Pantai Gigi Hiu yang ada di Lampung menyajikan pemandangan yang berbeda dari pantai lainnya. Di bibir pantainya tersebar gugusan batu karang yang berbentuk lancip. Pemandangan ombak yang menghempas ke batuan karang tampak sangat indah dan bisa jadi obyek untuk videografi ataupun fotografi yang apik.

Pengunjung ada baiknya datang menjelang matahari terbenam atau matahari terbit karena pemandangan yang luar biasa. Selain warna langit dan lautan yang berubah karena sinar matahari yang akan terbit atau tenggelam, adanya batuan karang juga memberikan tambahan keindahan.

Pengunjung yang ingin berlama-lama bisa menginap dengan berkemah di sekitar pantai. Berkemah menjadi pilihan utama karena tidak ada penginapan yang tersedia di dekat sana. Fotografi menjadi kegiatan yang paling menarik untuk dilakukan karena pemandangan yang dimiliki pantai ini. Karena tempatnya yang sedikit terpencil dan tidak ada warung makanan maka sebaiknya membawa makanan terlebih dahulu atau mengisi perut sebelum datang ke tempat ini.

3. Pantai Laguna

Pantai Laguna dengan latar belakang Gunung Anak Krakatau
Pantai Laguna dengan latar belakang Gunung Anak Krakatau. Sumber foto: mengenalwisatabudayalampung.blogspot.co.id

Sunset di Pantai Laguna
Sunset di Pantai Laguna. Sumber foto: mengenalwisatabudayalampung.blogspot.co.id

Laguna Beach atau Pantai Laguna Kalianda menjadi daya tarik wisata di Desa Ketapang, Kalianda, Lampung Selatan. Keindahan pantai di Lampung ini bisa dilihat dari perpaduan warna pasir putihnya dan warna air laut yang membiru. Pengunjung tak perlu khawatir untuk masalah penginapan ataupun makanan.

Di sini tersedia sebuah resort yang memiliki fasilitas lengkap. Dahulu tempat ini bernama Laguna Helau Resort yang kemudian berganti menjadi Alau-Alau Boutique Resort. Di sini terdapat delapan cottage yang memiliki gaya tradisional, terbuat dari kayu dengan bentuk rumah panggung khas Lampung Selatan.

Penginapan di resort sudah cukup bagus layaknya hotel dengan fasilitas lengkap ditambah lagi letaknya di tepi pantai. Para tamu resort bisa langsung menikmati keindahan pantai dari cottage mereka masing-masing. Terdapat pilihan cottage dengan harga mulai dari 250 ribu rupiah per malam sampai 800 ribu rupiah per malam.

Berjalan-jalan di pantai bisa dilakukan dengan membayar tiket masuk sebesar sepuluh ribu rupiah. Jika beruntung, pengunjung dapat membeli ikan segar dari nelayan yang habis melaut. Bagi yang membawa anak-anak, maka mereka juga bisa bermain pasir pantai sambil bermain air. Orang dewasa dapat memilih untuk bersantai saja atau melakukan aktivitas seperti memancing ataupun snorkeling. Ikan dari hasil memancing ataupun membeli dari pengelola/nelayan bisa dibakar dengan menggunakan peralatan yang ada.

4. Pulau Pisang

Keindahan Pulau Pisang dari berbagai sisi
Keindahan Pulau Pisang dari berbagai sisi. Sumber foto: lihat.co.id, travelerien.com, kelilinglampung.wordpress.com

Pulau Pisang yang berada di Lampung merupakan pulau paling barat. Pulau ini menghadap ke Samudra Hindia. Namanya sendiri berasal dari bentuk pulau yang menyerupai buah pisang. Untuk menuju Pulau Pisang, pengunjung bisa menyewa kapal nelayan melalui Dermaga Krui. Saat hampir mencapai tujuan, wisatawan bisa menikmati pemandangan ikan lumba-lumba yang berloncatan. Pemandangan langka tersebut menjadi salah satu penyambut yang unik.

Di pulau terdapat pantai tersembunyi di Lampung yang sangat indah. Hamparan pasir serta beningnya air laut membuat hati menjadi tenteram. Perkampungan di kawasan tersebut juga memiliki daya tariknya tersendir i karena masih berupa rumah adat khas Lampung. Warga pulau ini sebagian besar beprofesi sebagai nelayan. Pengunjung juga dapat memancing bersama warga setempat atau menyewa kapal nelayan.

Berada di lokasi yang masih tradisional, tak ada penginapan khusus untuk para wisatawan. Jadi pengunjung yang ingin menginap bisa berkemah atau meminta izin menumpang di rumah warga sekitar yang mau menampung.

5. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang, objek wisata bahari yang paling terkenal di provinsi Bandar Lampung
Jembatan alami yang menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil. Sumber foto: http://terselubung.in

Pulau Pahawang Kecil
Pulau Pahawang Kecil. Sumber foto: indonesiana.co.id

Pantai tersembunyi di Lampung yang akan kita bahas kali ini adalah Pulau Pahawang. Pulau ini disebut sebagai surga tersembunyi karena memiliki area snorkeling yang indah namun belum banyak dijamah oleh orang luar. Selain menikmati keindahan bawah lautnya, pulau ini juga memiliki suasana alam yang indah. Nikmati pemandangan pasir pantai serta flora dan fauna di hutan mangrove.

Pulau Pahawang sendiri terdiri dari dua buah pulau yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Besar adalah pulau utama yang lebih lengkap fasilitasnya. Di sini ada penginapan serta pemukiman penduduk. Para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini akan lebih memilih ke Pahawang besar, karena Pahawang Kecil dikelola oleh warga asing dan tidak bebas dikunjungi wisatawan.

Facebook Comment

Related Post

Read previous post:
Makanan Pesawat Ala 3 Maskapai Indonesia

Makanan di dalam pesawat yang bisa dinikmati selama penerbangan ternyata tak kalah enak daripada makanan di restoran. Maskapai-maskapai penerbangan di...

Close