Aneka Jajanan Mantap di Pasar Kuliner Malam Semawis

Pasar Semawis, Surga kuliner di pecinan Semarang
Pasar Semawis, Surga kuliner di pecinan Semarang. Sumber foto: http://hellosemarang.com

Warung Semawis adalah pasar kuliner malam di Semarang, letaknya di Gang Warung. Di jalan sepanjang 200 meter ini berderet panjang sekitar 120 tenda kerucut penjual aneka makanan dan minuman, dari yang tradisonal hingga internasional. Dari camilan ringan hingga makanan berat. Ada yang halal, juga yang non-halal. Pasar kuliner malam Semawis ini digelar setiap hari Jum’at – Minggu, pukul 18.00 – 23.00. Selama pasar digelar, kendaraan dilarang masuk atau parkir. Parkir kendaraan bisa di gang-gang sekitarnya, seperti di Gang Besen, Gang Pinggir, Gang Belakang, Gang Tengah, Gang Baru, dan Gambiran.  

Pasar kuliner Semawis tidak pernah sepi pengunjung. Lonjakan sering terjadi pada malam Minggu. Pengunjung yang datang tidak hanya masyarakat sekitar, tapi juga wisatawan dari luar Semarang.  Gang selebar sekitar 6 meter ini disesaki pengunjung yang antri mencoba kuliner khasnya.

Untuk kamu yang senang keramaian dan rela antri berdesak-desakan, datanglah pada malam Minggu. Tapi jika ingin lebih leluasa menikmati suasana dan kulinernya, cobalah datang malam Sabtu di mana jumlah pengunjung relatif lebih sedikit. Atau, datanglah pada awal jam buka, yaitu sekitar pukul 18.00. Pengunjung belum banyak yang datang, jadi kita tidak perlu antri dan berebut tempat duduk dengan pengunjung lainnya. Tapi, harus bersabar juga karena ada beberapa stand yang jam segini baru siap-siap buka.

Catatan penting untuk pengunjung muslim, jangan sungkan untuk bertanya kepada pedagang tentang kehalalan makanan yang dipesan. Di pasar ini, banyak dijual makanan non-halal seperti olahan daging babi atau masakan yang mengandung minyak babi.

Ada jajanan apa sajakah di pasar kuliner malam Semawis ini? Berikut ini beberapa pilihan menu yang paling laris diserbu pengunjung.

1. Makanan Berat

Menu Nasi Gudeg
Menu Nasi Gudeg. Sumber foto: http://agungmumpuni.blogspot.co.id

Nasi Ayam
Nasi Ayam. Sumber foto: http://agungmumpuni.blogspot.co.id

Menu Kerang
Menu Kerang. Sumber foto: https://letsescape.me

Pasar kuliner malam Semawis menyediakan aneka makanan berat bagi kamu yang datang untuk makan malam. Pilihannya sangat beragam. Ada nasi ayam, nasi gudeg, nasi pecel, nasi gandul pati, nasi goreng babat, babat gongso, soto sapi, sate sapi, bakmie Jawa, dan masih banyak lagi.

Harganya variatif dan tergolong menengah, tidak bisa dikatakan murah namun tetap terjangkau. Misalnya satu porsi gudeg komplit dijual seharga Rp 20 ribu. Seekor cumi bakar ukuran besar atau 2 ekor ukuran sedang dijual seharga Rp 35 ribu.

2. Makanan Ringan

Pisang Plenet
Pisang Plenet. Sumber foto: http://masgembul.com

Tahu Pong
Tahu Pong. Sumber foto: https://awesomelifejournal.files.wordpress.com

Macam-macam jajanan yang dijual di Pasar Semawis Semarang
Macam-macam jajanan yang dijual di Pasar Semawis Semarang. Sumber foto: http://www.travelid.net

Aneka makanan ringan tradisonal khas Semarang tersedia melimpah di sini. Ada serabi kalicari yang terkenal enaknya. Ukuran serabi ini lebih kecil dari serabi pada umumnya. Disajikan dengan bubur sumsum, candil, dan kue klepon dengan siraman kuah santan dan gula merah cair. Seporsi serabi kalicari dijual seharga Rp 5 ribu.

Ada juga tahu pong, yaitu tahu kopong atau dalamnya kosong melompong. Tahu yang berasa gurih disajikan dengan kuah petis dan acar lobak. Jadinya perpaduan rasa gurih, asam, pedas yang menyegarkan. Tahu pong bisa dibeli dengan harga Rp 10 ribu – Rp 20 ribu.

Camilan sehat khas Semarang pisang plenet juga ada di sini. Pisang dipencet menjadi pipih, kemudian dibakar di atas bara api. Diolesi mentega dan ditaburi aneka toping, seperti cokelat, keju, selai nanas, dan gula bubuk. Satu porsinya ijual seharga Rp 10 ribu.

Bagi yang ingin mencoba kue kekinian, ada kue churros khas Spanyol, zupa soup, gelato ice cream, hotteok, dan masih banyak lagi. Pecinta permen sempatkan mampir ke Cotton Candy Art untuk mencoba arumanis berbentuk wajah-wajah lucu seharga Rp 25 ribu.

3. Minuman Khas

Es Cong Lik, es puter favorit di Semarang
Es Cong Lik, es puter favorit di Semarang. Sumber foto: http://hellosemarang.com

Mie cool
Mie cool. Sumber foto: http://www.imgrum.org/user/nidamillaty/529110410

Jamu Jun
Jamu Jun. Sumber foto: http://www.pictaram.com/tag/jamujun

Salah satu minuman populer di pasar kuliner malam Semawis adalah es puter di stand es Cong Lik. Es ini bisa dikatakan legendaris karena telah ada sejak tahun 1944. Es puter dibuat dengan cara diputer atau diputar-putar. Bahan utamanya santan dimasukan ke dalam tabung logam, lalu direndam dalam ember besar berisi es batu. Tabung ini kemudian diputar-putar dengan kecepatan tinggi hingga santan di dalamnya membeku.

Ada banyak pilihan rasa es puter Cong Lik: kopyor, kelapa muda, durian, cokelat, leci, sirsak, klengkeng, alpukat, blewah, sawo, dan kacang hijau. Yang terlaris adalah rasa durian karena rasa buah asli duriannya begitu manis dan wangi. Toping yang tersedia adalah kelapa muda serut, roti tawar, jeli, dan pacar cina. Seporsi es puter Cong Lik dalam mangkok kecil bisa didapat dengan membayar Rp 8 ribu – Rp 13 ribu.

Ada es unik bernama Es Mie Cool, yaitu es serut rasa leci dangan tambahan mie. Bukan mie biasa, tapi jeli yang dibentuk menyerupai mie. Bagi yang suka minuman penghangat badan, ada berbagai macam wedang di sini. Ada wedang jahe kacang tanah, wedang kacang hijau, wedang tahu, dan lain-lain.

Ingin minum jamu dengan cara asyik tak pakai pahit? Datanglah ke stand Jamu Jun, jajanan tradisional kuno. Jamu ini unik karena berbentuk bubur. Dibuat dari tepung beras, gula merah, dan ramuan jamu yang terbuat dari 21 rempah Jawa. Bubur ini memiliki khasiat yang sama dengan jamu umumnya. Menyantap semangkuk Jamu Jun sama seperti menyantap enaknya bubur dan mendapat manfaat jamu bagi kesehatan tubuh. Harganya Rp 5 ribu.

4. Makanan Non-Halal

Sate Babi Cik Lian (Sate Babi ala Sate Kambing) Pasar Semawis
Sate Babi Cik Lian (Sate Babi ala Sate Kambing) Pasar Semawis. Sumber foto: http://www.imgrum.org/user/akucintamakanansemarang/1477720416

Sate Babi ala Cik Lian di kawasan Semawis
Sate Babi ala Cik Lian di kawasan Semawis. Sumber foto: http://www.imgrum.org/user/innath/5876653

Di pasar kuliner malam semawis tersedia banyak olahan daging babi. Ada sate babi, sosis babi, bacang isi daging babi, dimsum babi, dan lain-lain. Salah satu olahan babi yang banyak dipesan adalah sate babi Cik Lian. Disajikan dalam piring seperti sate kambing dengan tambahan irisan bawang merah. Sepiring sate babi ini dijual seharga Rp35 ribu – Rp 55 ribu.