Pasar Minggon, Pasar Segala Ada di Punclut

Punclut? Hmm.. yang teringat pasti kulinernya kan? Kawasan konservasi alam yang sebenarnya bernama Puncak Ciumbuleuit ini memang terkenal sebagai tempat wisata kuliner khas Sunda. Sebagai kawasan dataran tinggi terdekat dari pusat Bandung, Punclut juga kerap jadi pilihan warga Bandung ataupun luar kota sebagai pelarian untuk melepaskan penat karena beban pekerjaan.

Tengok saja akhir pekan atau hari libur, Punclut pasti ramai pengunjung. Apalagi kalau malam minggu, banyak anak muda yang menghabiskan malamnya di sana untuk santap kuliner sambil menikmati eksotisme Bandung dari ketinggian. Di hari minggu, jalanan punclut akan dipenuhi pejalan kaki yang olahraga pagi, dan pasar kaget pun semakin meramaikan suasana Punclut di kala minggu pagi. Fyi, disebut pasar kaget karena pasarnya cuma ada di hari tertentu saja. 

Pasar kaget di Punclut diberi nama Pasar Minggon. Pasar di sini 'nggak pake kios. Pedagang menjajakan dagangannya di atas meja atau bahkan lapak "lesehan" pinggir jalan. Di sini segala ada, 'nggak jauh beda kayak di pasar kaget Monju (Monumen Perjuangan). Mulai dari aneka jajanan pasar, buah-buahan, sandal, baju, sepatu, peralatan rumah tangga, tanaman hingga binatang peliharaan. Pasar ini bisa jadi altenatif kalau bosan ke Car Free Day di Dago atau Gasibu

pasar punclut
Pasar Punclut (source: http://v-recipes.blogspot.co.id/)

Di pasar kaget Punclut, tersedia aneka kuliner yang 'nggak selalu bisa kita temui di pasar biasa. Salah satu yang menarik perhatian adalah ketan bakar. Hmm… rasanya ketan bakar memang jadi padanan yang pas dengan udara pagi di Punclut. Harganya juga murah meriah cuma 5000 rupiah. Ketan bakar dimakan sama sangrai kelapa yang gurih, pedas dan ada manis-manisnya gitu. Di sini ada juga ketan bakar yang warnanya merah lho! Kalau main ke pasar kaget Punclut, dan kepengen ketan bakar ini, datangnya pagi-pagi ya biar 'nggak kehabisan!

pasar punclut
Ketan bakar (Instagram @bandungdiary)

Pasar Punclut bisa dikatakan sebagai pasarnya kuliner Sunda, mulai dari yang populer hingga yang semakin langka

pasar punclut
Kelepon dan serabi (The Samperuru on Flickr)

pasar punclut
Cilok dan sate kulit (The Samperuru on Flickr)

pasar punclut
Ikan dan tutut (The Samperuru on Flickr)

pasar punclut
Belut goreng (The Samperuru on Flickr)

Aneka bahan makanan segar terlihat begitu menggoda…

pasar punclut
Telur dan sayuran (The Samperuru on Flickr)

pasar punclut
Sayuran (The Samperuru on Flickr)

pasar punclut
Buah buni dan pepaya (The Samperuru on Flickr)

Lapak peralatan rumah tangga…

pasar punclut
Peralatan rumah tangga (The Samperuru on Flickr)

Olahraga sambil belanja? Pasar Punclut saja! Lokasinya pun dijangkau angkutan umum. Anda bisa naik angkot jurusan Ciumbuleuit dan turun di RS Dr Salamun. Kalau ke Punclut, fokusnya 'nggak akan cuma belanja. Bakal kerasa pegel karena jalannya didominasi tanjakan, mau 'nggak mau kaki "terolahragakan" 😀 Sebelum pulang, isi perut dulu sama makanan berat di saung lesehan khas Punclut. Hari minggu jadi menyenangkan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *