Pulau Bintan: 6 Alasan Mengapa Anda Harus Berkunjung ke Pulau Sejuta Pesona Ini

Pulau Bintan merupakan pulau terbesar dari gugusan pulau yang tersebar di Provinsi Kepulauan Riau, dengan Tanjung Pinang sebagai Ibu Kota Provinsinya. Nama pulau yang menyimpan pesona keindahan alam serta tempat wisata menarik ini memang masih sedikit asing di telinga sebagian orang. Maka dari itu, kali ini Klikhotel.com mau ngasih 6 alasan buat Anda berkunjung ke Pulau Bintan. Siapa tau bisa jadi referensi destinasi liburan selanjutnya, simak yukk 🙂

1. Pesona Pantai Yang Indah

trikora

“Pulau Bintan ala sayang lautnya biru alahai adik”, sepenggal lirik lagu tersebut menggambarkan betapa indahnya pesona pantai di Pulau Bintan, sehingga diabadikan dalam sebuah lirik lagu. Keindahan wisata pantai di Pulau Bintan ini memang bisa disandingkan dengan keindahan wisata pantai yang bisa Anda temui juga di Lombok, Aceh Besar ataupun Papua. Salah satu wisata pantai di Pulau Bintan yang menyimpan sejuta pesona keindahan alam adalah Pantai Trikora. Pantai yang terbagi menjadi 5 kawasan ini menyajikan pesona keindahan pantai dengan hamparan pasir putih yang lembut serta tumpukan batuan granit beraneka bentuk yang menambah keunikan pantai ini. Ombak di Pantai Trikora ini cenderung tenang, sehingga pantai ini sangat cocok bagi Anda yang berkunjung karena ingin bermain pasir, berenang atau menikmati berbagai fasilitas olahraga air yang disediakan. Jika air sedang surut, Anda juga bisa berjalan kaki menuju pulau kecil yang terletak tidak jauh dari bibir pantai untuk sekedar berfoto ria atau menikmati pemandangan pantai dengan lebih leluasa.

2. Resort dan Pulau Pribadi Dengan Standar Internasional

Ingin sesekali menikmati liburan mewah sambil menikmati fasilitas terbaik dengan standar internasional? Kami sarankan Anda berkunjung ke Lagoi atau Pulau Nikoi.

lagoi

Lagoi adalah sebuah kawasan wisata dengan resor mewah dan fasilitas terbaik yang terletak di Kecamatan Bintan Utara. Jangan kaget jika Anda diperiksa dengan detail dan teliti ketika memasuki kawasan wisata ini, karena Lagoi sudah menjadi kawasan wisata internasional sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung sangat terjaga disini. Untuk bisa menikmati semua fasilitas dan layanan terbaik di Lagoi, Anda harus menginap di salah satu resort yang disediakan. Jika hanya berkunjung, maka Anda hanya bisa  mengunjungi salah satu kawasan Lagoi, yaitu Nirwana Garden Resort. Bagi Anda yang suka bermain Golf, disini tersedia lapangan golf bertaraf internasional dan sudah diakui sebagai lapangan golf terbaik kedua se-Asia Tenggara. Keunikan lapangan golf ini terletak dipinggir hutan dengan pemandangan laut lepas yang terhampar luas didepan mata. Jika Anda sedang berkunjung ke Lagoi, namun tidak ingin menginap di salah satu resort yang disediakan, Anda boleh mencoba menginap di Swiss-Belhotel Lagoi Bay Bintan yang masih berada di kawasan Lagoi sebagai alternatif pilihan menginap Anda.

nikoi

Sedangkan Pulau Nikoi adalah sebuah nama untuk pulau pribadi seluas 15 Hektar yang terletak di pantai timur Pulau Bintan dan berjarak hanya sekitar 85 KM dari Singapura. Untuk menikmati keindahan dan fasilitas terbaik di pulau yang sangat menjaga lingkungannya ini, Anda harus menginap di salah satu pondok yang tersedia. Namun Anda harus melakukan reservasi dari jauh-jauh hari sebelumnya, karena pulau ini hanya mengizinkan 42 orang setiap harinya untuk datang berkunjung. Uniknya, selain pulau ini bisa disewa secara keseluruhan untuk keperluan pribadi Anda, di pulau ini juga tersedia Apartment Nyamuk yang berfungsi untuk memotong siklus populasi nyamuk yang ada di pulau tersebut. Jika ingin melihat seperti apa Apartment Nyamuk itu, tentunya Anda harus berkunjung ke Pulau Nikoi dan siap-siap merogoh kocek sedikit agak dalam 🙂

3. Peninggalan Sejarah

penyengat

Ketika Anda berkunjung ke suatu tempat wisata, tentunya akan semakin lengkap jika Anda pun sedikit menambah pengetahuan mengenai sejarah daerah tersebut. Begitu pula jika Anda berkunjung ke Pulau Bintan, ada beberapa tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi, salah satunya yang paling terkenal adalah Pulau Penyengat. Pulau yang terletak tidak jauh dari Kota Tanjung Pinang ini menyimpan bukti sejarah perjuangan Kerajaan Kesultanan Riau ketika melawan Penjajah pada abad ke-18. Tertulis dalam sebuah riwayat yang ditulis oleh Raja Ali Haji, Pulau Penyengat yang indah ini pernah dijadikan mahar oleh Sultan Mahmud III ketika mempersunting Engku Putri atau Raja Hamidah. Di pulau ini pun menyimpan sebuah keunikan yang luar biasa, yaitu Masjid Sultan Riau yang konon terbuat dari putih telur. Masjid berwarna kuning ini terlihat kokoh berdiri bahkan dari kejauhan, dan sudah menjadi ikon bagi Pulau Penyengat. Untuk berkunjung ke pulau ini, Anda harus menyebrang menggunakan transportasi air unik bernama, Pompong. Dan bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi pulau ini, jangan khawatir, karena begitu Anda sampai di dermaga akan banyak warga setempat yang menawarkan jasanya untuk mengantar Anda menikmati keindahan serta sejarah yang tersimpan baik di pulau ini.

4. Wisata Religi

Sebagian besar warga yang bermukim di Pulau Bintan adalah warga keturunan Tiong Hoa, sehingga banyak unsur seni budaya Cina yang bisa kita temukan di setiap sudut pulau ini. Salah satu daerah yang menjadi perkampungan warga keturunan Tionghoa di Pulau Bintan adalah Senggarang. Daerah yang terletak tidak jauh dari kota Tanjung Pinang ini sudah ratusan tahun menjadi pusat pemukiman warga keturunan Tiong Hoa, sehingga tidak heran jika disini terdapat beberapa Vihara yang dianggap suci dan keramat, serta selalu dikunjungi oleh para umat Buddha baik dari dalam maupun luar negeri.

banyan tree

Salah satu Vihara yang terkenal di Senggarang adalah Vihara Tien Shiang Mao atau Vihara Banyan Tree yang sudah berusia kurang lebih 300 tahun. Sesuai namanya, dinding Vihara ini seperti dililit akar pohon beringin yang besar, sehingga menimbulkan aura keramat yang sangat kental. Awalnya Vihara ini adalah rumah tinggal seorang Kapiten dari Cina yang bernama Chia Ch’en, dan setelah ditinggalkan oleh beliau barulah rumah tinggal ini dijadikan Vihara.

Guan Sheng Di Jun

Satu lagi Vihara yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Senggarang, yaitu Vihara Guan Sheng Di Jun. Vihara ini memang terlihat biasa saja jika terlihat dari luar, namun siapa sangka didalam Vihara ini terdapat patung Guan Sheng Di Jun setinggi 16 meter dan merupakan patung Guan Sheng Di Jun tertinggi di Asia Tenggara. Guan Sheng Di Jun adalah seorang Jenderal asal Tiongkok yang dihormati umat Buddha sebagai Bodhisattva Satyakalam. Patung ini didirikan khusus untuk mengenang Sang Jenderal dan dipercaya juga oleh umat Buddha sebagai penjaga Vihara.

5. Event Tahunan

event

Setiap tahunnya, Dinas Pariwisata bekerjasama dengan pihak swasta menyelenggarakan beberapa acara hebat untuk semakin menarik minat para wisatawan lokal maupun luar negeri berkunjung ke Pulau Bintan. Acara tersebut antara lain Tour D’Bintan, yang merupakan perlombaan mengelilingi Pulau Bintan menggunakan sepeda, dengan 3 kategori jarak tempuh yang berbeda-beda untuk setiap peserta. Dan Bintan International Kite Festival, yang merupakan perlombaan layang-layang dengan 2 kategori perlombaan, layang-layang tradisional dan layang-layang modern. Acara ini biasanya diselenggarakan di Pantai Lancang Kuning, Nirwana Garden Resort, Lagoi. Tidak hanya peserta dari dalam negeri saja yang antusias mengikuti acara ini, tetapi peserta dari luar negeri pun selalu terlihat antusias ikut serta meramaikan kedua acara ini. Bagi Anda yang ingin menyaksikan kedua acara ini, atau ingin ikut berpartisipasi di salah satu acara tersebut, silahkan cek informasi detailnya di website Dinas Pariwisata Pulau Bintan yahh 🙂

6. Kuliner Khas Bintan

gonggong

Setelah seharian menikmati keindahan Pulau Bintan, saatnya untuk mengisi kosongnya perut dengan aneka kuliner khas yang tersedia di pulau ini. Seperti daerah kepulauan lainnya, Pulau Bintan pun diberkati dengan sajian boga bahari yang melimpah. Salah satu sajian boga bahari yang bisa Anda nikmati dan hanya tersedia di perairan Kepulauan Riau adalah Gonggong. Sajian yang satu ini memang memiliki nama yang unik, namun soal rasa dijamin belum ada yang bisa menandingi. Gonggong adalah sejenis siput laut, yang disajikan dengan cara sederhana. Gonggong hanya perlu direbus sebentar bersama garam, sereh dan jahe untuk menghilangkan baunya, kemudian dimakan dengan cocolan sambal. Untuk sambal yang digunakan tergantung dari penjualnya, ada yang menyajikan gonggong dengan sambal cuka, sambal tauco ataupun sambal kecap. Satu lagi makanan khas Pulau Bintan yang harus Anda cicipi selagi berada di pulau ini, yaitu Otak-otak. Sayangnya tebakan Anda salah jika Anda menebak sajian ini terbuat dari olahan otak sapi. Sajian ini sebenarnya terbuat dari olahan ikan tenggiri atau cumi-cumi yang digiling halus dengan aneka bumbu, kemudian dibungkus dengan daun kelapa dan dibakar hingga matang. Otak-otak ini dijual dengan 2 rasa yang berbeda, rasa original dan pedas. Otak-otak ini banyak dijual didekat pelabuhan, atau disepanjang jalan menuju arah Pantai Trikora.

Gimana, mulai tertarik buat berkunjung ke Pulau Bintan kan? Untuk berkunjung ke Pulau Bintan tidak terlalu sulit kok, karena sekarang sudah tersedia penerbangan langsung dari Jakarta ke Tanjung Pinang setiap harinya, dengan maskapai dan tarif penerbangan yang bisa disesuaikan dengan budget liburan Anda. Untuk informasi detail jadwal penerbangan, maskapai serta tarifnya, boleh dicek di sini yahh.  Atau ingin informasi tempat menginap lainnya di sekitar Tanjung Pinang juga boleh cek di sini. Jadi tunggu apalagi, ayoo rencanakan liburan Anda selanjutnya ke pulau yang menyimpan sejuta pesona keindahan ini yahh 🙂

One Comment

  • […] Memiliki bentang alam yang beragam, bicara keindahan alam Indonesia tak akan pernah ada habisnya. Tak cuma pantai, hutan dan pegunungan yang memukau, Indonesia juga memiliki memiliki gurun pasir. Eits… tebakan Anda salah jika mengira gurun pasir ini adalah Gumuk Pasir Parangkusumo yang ada di Yogyakarta. Kali ini, Klikhotel akan sedikit mengulas wisata ala gurun pasir baru yang belakangan hits di media sosial, yakni gurun pasir di pulau Bintan yang diberinama Gurun Pasir Busung. Ya, pulau Bintan, Kepulauan Riau! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *