5 Punthuk Dekat Candi Borobudur untuk Menikmati Sunrise

Melancong ke Jogja tak lengkap rasanya bila tak meluangkan waktu untuk singgah di Magelang dan berkunjung ke Candi Borobudur. Rasanya siapa yang tak tahu candi yang menjadi ikon wisata pulau Jawa ini. Pamornya sudah mendunia dan menjadi salah satu keajaiban dunia. Arsitekturnya yang indah pasti membuat sepasang mata yang melihat menjadi terkagum. Terlebih lokasinya berada di kawasan perbukitan yang masih asri. Membahas keindahan Candi Borobudur, pernahkah Anda menyaksikan indahnya  Candi Borobudur saat sunrise?

punthuk dekat candi borobudur
Sunrise di Candi Borobudur (wikimedia)

Menjelang matahari terbit disebut-sebut sebagai salah satu waktu terbaik untuk menikmati keindahan Candi Borobudur dan alam sekitarnya. Maka wajar bila pengelola Candi Borobudur menyediakan tiket khusus bagi Anda yang ingin menikmati indahnya sunrise di Candi Borobudur. Sayangnya, harga tiket untuk menikmati sunrise langsung dari Candi Borobudur cukup menguras kocek. Kabar baiknya, ada banyak alternatif tempat untuk menikmati keindahan sunrise dan alam sekitar Candi Borobudur. Anda bisa menikmati sunrise dari beberapa punthuk (dalam bahasa jawa artinya gundukan tanah/bukit yang tidak begitu tinggi) dekat Candi Borobudur. Pemandangannya tak kalah epic lho!

1. Punthuk Setumbu

Bukit-bukit di sekitar Borobudur lebih familiar dengan sebutan punthuk. Salah satunya adalah Punthuk Setumbu yang disebut pula Borobudur Nirvana Sunrise. Pemandangan dari bukit ini memang tak cukup diungkapkan dengan kata indah. Anda bisa menikmati matahari terbit dari balik Gunung Merapi lengkap dengan pemandangan Candi Borobudur yang berselimut kabut. Seperti negeri di atas awan! 

punthuk dekat candi borobudur

Punthuk Setumbu juga menjadi bagian dari perjalanan romantis Cinta dan Rangga menjelajah Jogja di film AADC 2. Tapi, jauh sebelum diekspos di film tersebut, Punthuk Setumbu telah cukup punya nama di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Apalagi kalau bukan karena pemandangan alam yang disuguhkannya. Berada pada ketinggian 400 mdpl, bukit ini merupakan bagian dari gugusan Pegunungan Menoreh, tepatnya di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Lokasinya cukup dekat dengan Gereja Ayam yang juga merupakan spot populer untuk menikmati sunrise di sekitar Candi Borobudur.

2. Punthuk Purwosari

Punthuk Purwosari lebih familiar dengan sebutan Purwosari Hill. Lokasi punthuk yang terletak di barat daya Candi Borobudur ini cukup dekat dengan Punthuk Setumbu. Pemandangan yang ditawarkan Bukit Purwosari memang tak jauh beda dengan Punthuk Setumbu. Tapi, punthuk yang dulunya bernama Bukit Cemuris ini bisa menjadi alternatif Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam yang biasanya ramai di akhir pekan. Untuk sampai ke bukit ini, Anda hanya perlu menyusuri jalan setapak selama sekitar 30 menit dari Punthuk Setumbu atau Gereja Ayam.

punthuk dekat candi borobudur
Purwosari Hill. Foto: IG @kharismahfudz

3. Punthuk Kendil

Punthuk Kendil terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Punthuk yang disebut pula Punthuk Gupakan ini memang belum setenar Punthuk Setumbu. Tapi, pemandangan yang terlihat dari sini juga tak kalah mengagumkan. Dari punthuk dekat Candi Borobudur ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sebelah timur, serta Gunung Sumbing yang bertetangga dengan Gunung Sindoro di sebelah barat. Dari Punthuk Kendil, Anda bisa menikmati sunrise dan panorama pegunungan ditambah lautan kabut yang menawan. Pemandangan saat sunset pun dijamin tak akan mengecewakan. Punthuk ini dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat. Sudah tersedia gazebo bambu, gardu pandang dan toilet.

punthuk dekat candi borobudur
Punthuk Kendil. Foto: IG @ardianugra

4. Punthuk Mongkrong

Sama-sama terletak di Desa Giritengah, Punthuk Mongkrong juga sayang untuk dilewatkan ketika mencari spot menikmati sunrise dekat Candi Borobudur. Foto-foto cantik berlaut kabut ber-caption Punthuk Mongkrong pun mulai menjamur di media sosial belakangan ini. Ya, bisa dibilang punthuk dekat Candi Borobudur ini memang sedang hits. Yang membuat Punthuk Mongkrong ini menyedot perhatian banyak wisatawan adalah adanya jembatan kayu berbentuk V yang instagenic. Dari jembatan ini, Anda bisa menikmati sunrise yang makin elok dengan suguhan pemandangan pegunungan dan siluet Candi Borobudur berselimut kabut. Kalaupun tak keburu menikmati sunrise, Anda bisa mengagendakan perjalanan ke Punthuk Mongkrong ketika sore untuk menikmati pemandangan di kala sunset yang tak kalah epic.

punthuk dekat candi borobudur
Punthuk Mongkrong. Foto: IG @iecuskyana

5. Punthuk Sukmojoyo

Punthuk dekat Candi Borobudur selanjutnya adalah Punthuk Sukmojoyo. Di punthuk yang juga dikenal dengan sebutan Sukmojoyo Hill ini terdapat spot khsusus untuk foto di atas pohon mirip Kalibiru Kulon Progo. Dari tempat ini, Anda bisa melihat lanskap Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Sumbing, serta Candi Borobudur yang indah berselimut kabut. Letak punthuk ini berjarak sekitar 2 km dari Punthuk Mongkrong, tepatnya di Dusun Krinjing, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

punthuk dekat candi borobudur
Punthuk Sukmojoyo. Foto: sukmojoyohill.com

Klikers, itulah 5 punthuk dekat Candi Borobudur yang dapat jadi opsi untuk menikmati sunrise. Retribusi untuk setiap tempat di atas sangatlah murah, berkisar 3 ribu sampai 15 ribu rupiah. Tak seberapa bila dibandingkan dengan suguhan alam yang bisa kita saksikan. Disarankan untuk membawa alat penerangan dan memakai sepatu yang nyaman karena nanti Anda harus trekking dulu untuk sampai ke puncak punthuk.

Untuk Anda yang suka wisata petualangan, yuk eksplor punthuk-punthuk dekat Candi Borobudur!