Mengintip Eksotisme Hewan Laut di SEA Aquarium

Kalau kamu pecinta wisata bahari, rasanya tempat wisata yang satu ini cocok buat kamu kunjungi: SEA Aquarium.

Tempat ini semacam Sea World di Ancol, Jakarta lah, tapi jauh lebih gede. Well, SEA di sini singkatan dari South East Asia (Asia Tenggara) ya, bukan SEA bahasa Inggris yang artinya laut.

SEA Aquarium merupakan salah tempat yang bisa kamu temukan kalau kamu main-main ke Resorts World Sentosa (RWS), di Sentosa Island, Singapura. Ini juga artinya kalau di Sentosa Island gak cuma ada Universal Studios Singapore ya!

Maritime Museum di SEA Aquarium

Sebelum masuk ke Aquarium raksasa, kamu bakal disuguhi Maritime Museum terlebih dahulu. Di sini, kamu bisa menambah pengetahuan sejarah soal Palembang, Vietnam, Malaka, dan Kamboja yang ternyata punya hubungan loh.

Maritime Museum, katanya, merupakan satu-satunya museum di Singapura, di mana para pengunjungnya dapat menyelami sejarah maritim Asia dan menemukan sejarah Singapura sebagai bandar perdagangan.

Menariknya, di sini ada juga Typhoon Theatre multimedia 360 derajat. Di sini para pengunjung akan dibuat seolah-olah sedang "menaiki" sebuah kapal layar dan menghadapi badai berbahaya.

Miniatur Kapal Laksamana Cheng-Ho di SEA Aquarium
Miniatur Kapal Laksamana Cheng-Ho di SEA Aquarium

By the way, ada satu model kapal gede banget yang katanya punya Laksamana Cheng-Ho. Tahu Laksamana Cheng-Ho, kan? Yang paling menarik perhatian saya, di kapal itu ada model sepasang binatang dari berbagai spesies, yang konon dibawa oleh Laksamana Cheng-Ho selama ia melaut dan singgah di satu tempat ke tempat lainnya.

Model Kapal Laksamana Cheng-Ho di SEA Aquarium
Model Kapal Laksamana Cheng-Ho di SEA Aquarium

Hewan-hewan di SEA Aquarium

Dari namanya sudah pasti bisa ditebak kalau hewan-hewan di SEA Aquarium ini pasti semuanya hewan laut. Jadi di sini gak akan ada hewan kaya kucing, ayam, gajah, ataupun kuda. Eh, kalau kuda sih ada, tapi kuda laut hehe.

Hewan laut di SEA Aquarium ada lebih dari 800 spesies. Mulai dari ikan-ikan kecil, sampai ikan hiu, bisa kamu lihat di sana. Tapi secara garis besar, terdapat 10 kategori atau kelompok hewan laut yang menjadi penghuni SEA Aquarium, yaitu:

1. Hewan laut khas Selat Karimata & Laut Jawa
2. Hewan laut khas Selat Malaka dan Laut Andaman
3. Hewan laut khas Teluk Benggala & Laut Lakhadweep
4. Hewan laut khas Journey Ocean
5. Hewan laut khas Samudera Terbuka
6. Hewan laut khas Teluk Persia & Laut Arab
7. Hewan laut khas Laut Merah
8. Hewan laut khas Afrika Timur
9. Hewan laut khas Laut Tiongkok Selatan
10. Hiu

Nih beberapa foto hewan hasil jepretan saya. Harap maklum ya kalau fotonya kurang bagus. Saya cuma jepret pakai kamera ponsel dan pencahayaan di sana terbilang minim.

Ikan Hiu di SEA Aquarium
Ikan Hiu di SEA Aquarium

Duh, saya lupa ini ikan hiu spesies apa. Soalnya di sana ada beberapa spesies ikan hiu.

Ikan Pari di SEA Aquarium
Ikan Pari di SEA Aquarium

Kalau ini ikan pari. Ekornya panjang ya. Tapi ada yang jauh lebih panjang dari ini loh ekornya. Jadi ingat layangan hias yang ekornya panjang kalau liat ikan ini.

Ubur-ubur di SEA Aquarium
Ubur-ubur di SEA Aquarium

Ubur-uburnya lucu banget. Warnanya berubah-ubah. Merah, kuning, biru.

Kuda Laut di SEA Aquarium
Kuda Laut di SEA Aquarium

Nah, ini kuda laut yang tadi saya sebutin di atas. Saya masih belum tahu pasti kenapa hewan ini disebut kuda laut. Ada yang tahu kenapa?

Hewan Laut di SEA Aquarium
Hewan Laut di SEA Aquarium

Kalau yang ini apa ya? Bentuknya sih mirip jamur. Saya lupa lagi apa namanya, haha.

Ikan Gigi Tajam di SEA Aquarium
Ikan Gigi Tajam di SEA Aquarium

Nah, kalau ikan ini serem banget loh mukanya. Kalau diliat dari depan, giginya keliatan gede-gede dan tajam. O ya, saya gak berhasil motret dia dari depan soalnya gak mau diem banget nih ikan. Agresif banget. Tapi yang jelas ini bukan Piranha ya, saya juga lupa namanya.

 

Fasilitas lain

Ocean Restaurant by Cat Cora
Ocean Restaurant by Cat Cora adalah restoran yang dikembangkan oleh Resorts World Sentosa dan Cat Cora–celebrity chef terkenal dan Iron Chef wanita pertama di Singapura.

Karakter dari restoran ini adalah hidangan ringan dan sehat dengan menggunakan produk segar dari berbagai wilayah. Di sini pengunjung dapat berharap untuk bisa mencicipi makanan khas Cat Cora seperti Smoked Eel dan 42° C Sous Vide Salmon.

Ocean Restaurant buka setiap hari untuk makan siang dari pukul 11:30 hingga 02:30 (pesanan terakhir jam 02:15) dan untuk makan malam dari 18:00 hingga 22:30 (pesanan terakhir jam 22.00).

 

Tiket, Hari dan Jam Buka

Untuk orang dewasa, tiketnya dibanderol S$32, sedangkan untuk anak-anak berusia 4 sampai 12 tahun dan pengunjung berusia lanjut (60 tahun ke atas) dibanderol S$22. Nah, kalau tiket Typhoon Theatre, banderolnya cuma S$3 doang.

SEA Aquarium buka dari hari Senin-Minggu, mulai jam 10.00 sampai jam 19.00. Tapi sewaktu-waktu bisa berubah. Sebaiknya cek di website resminya.

 

Pendapat pribadi

Selama saya jalan-jalan di SEA Aquarium sekitar 90 menit, saya merasa nyaman dan cukup terhibur. Hewan-hewan laut yang biasanya saya lihat di National Geographic, bisa saya lihat langsung dalam jarak yang sangat dekat, hanya terhalang dinding kaca. Takjub banget lah.

Koleksi hewan laut yang sangat banyak, lokasinya yang strategis (di RSW dan hampir berhadapan dengan Universal Studios), serta kehadiran Maritime Museum, membuat SEA Aquarium patut dipertimbangkan saat kamu jalan-jalan ke Singapura. Apalagi kalau mau bawa anak-anak, tempat ini cocok banget lah untuk menambah pengetahuan mereka dengan cara yang fun.

Lalu soal tiket masuk, kalau dibandingkan dengan SEA World di Ancol, Jakarta yang dibanderol Rp 160.000, tiket S$32 saya rasa tidaklah terlalu mahal. Well, karena itu, tidak ada salahnya kalau SEA Aquarium masuk ke wishlist tempat wisata berikutnya yang mungkin perlu kamu kunjungi!

 

(wahyu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *