Variasi Seblak Kekinian yang Wajib Dicoba

Seblak merupakan makanan yang berbahan utama kerupuk basah dan diberi bumbu khas. Makanan ini baru populer sekitar tahun 2000-an. Jajanan khas Bandung ini kemudian banyak dikreasikan menjadi beragam makanan yang unik. Banyak warung yang kemudian membuat seblak dengan cita rasa berbeda namun tetap lezat. Berikut ini beberapa variasi seblak kekinian yang patut untuk dicoba.

1. Seblak Jeletet Murni

Seblak jeletet murni yang sedang ngehits di Jakarta
Seblak jeletet murni yang sedang ngehits di Jakarta. Sumber foto: borukaro.com

Seblak dengan aneka isian di Seblak Jeletet Murni
Seblak dengan aneka isian di Seblak Jeletet Murni. Sumber foto: Instagram @viigeee

Seblak Jeletet Murni merupakan sebuah warung seblak kekinian yang berada di Pademangan, Jakarta. Banyaknya orang yang mengantre untuk membeli seblak di warung ini menandakan memang rasanya sudah tak diragukan lagi. Seblak yang disajikan memiliki pilihan tingkat kepedaasan dari level 0 sampai dengan 5. Selain tingkat kepedasan, seblak di warung makan ini memiliki kuah yang cukup banyak.

Tak hanya berbahan kerupuk biasa, di sini juga terdapat pilihan isian yang beragam. Isian yang dapat dipilih antara lain kerupuk, kwetiau, makaroni, kikil, bakso, tulang, ceker, dan mie. Tak hanya itu terdapat pula pilihan topping sayap ayam dan telur. Melihat isiannya, seblak yang tadinya jadi makanan ringan bisa jadi makanan yang berat jika menggunakan banyak isian.

Seblak Jeletet Murni sangat cocok bagi pecinta seblak sekaligus makanan pedas. Bagi yang ingin mencoba tapi takut kepedasan maka bisa mencoba yang level 1 terlebih dahulu.

2. Seblak Mozarella

Yuk cicipi kelezatan seblak goreng mozzarella di Bandung!
Yuk cicipi kelezatan seblak goreng mozzarella di Bandung!. Sumber foto: Instagram @genkichu

Seblak Goreng Mozzarella
Seblak Goreng Mozzarella. Sumber foto:Instagram @greenteaholic

Keju mozarella memang saat ini banyak diaplikasikan dengan berbagai makanan. Greente Holic yang berada di Jalan Ternate 5 Bandung ternyata juga menggunakan tambahan mozarella untuk hidangan sebalknya. Seblak yang awalnya merupakan makanan daerah bisa menjadi makanan yang lebih internasional dengan tambahan lelehan keju mozarella di atasnya.

Seblak Mozarella mengunakan bahan seblak pada umumnya namun diberi keju mozarella di atasnya. Sebelum disajikan, bagian atas keju dipanaskan sehingga meleleh. Variasi topping di atasnya seperti sosis, bakso, serta makaroni semakin menambah kelezatan makanan ini. Menu seblak di tempat ini juga dapat diatur tingkat kepedasannya sesuai selera, yaitu dari level satu sampai dengan level dua belas.

Tak hanya seblak mozarella, terdapat pilihan menu seblak lainnya. Menu seblak di resto ini antara lain seblak goreng saus telur asin, seblak sambal matah, seblak goreng rawit, seblak kuah jeruk nipis, dan lain-lain. Tak hanya makanan yang enak, interior restoran ini juga tak kalah menawan.

3. Nasi Seblak, Warung UpNormal

Nasi Seblak Momi
Nasi Seblak Momi. Sumber foto:  Twitter @warunk_upnormal/

Warung UpNormal yang terletak di Cempaka Putih memiliki menu seblak kekinian istimewa, yaitu Nasi Seblak Momi Original. Seblak yang biasanya dimakan langsung kali dimakan bersama dengan nasi putih. Rasa seblak memang cukup cocok disandingkan dengan nasi putih. Apalagi di sini diberi tambahan telur mata sapi serta topping lainnya.

Warung UpNormal sudah dikenal menyajikan makanan-makanan biasa menjadi luar biasa. Tak hanya nasi seblak, ada berbagai menu lainnya yang bisa dicoba di tempat ini. Menu lainnya antara lain Nasi Tongkol Balado, Nasi Bakso Sambal Konslet + Telur, Nasi Gokil Abnormal, dan lain-lain.

Warung UpNormal sendiri memiliki beberapa cabang di berbagai tempat yang bisa dikunjungi. Bagi yang ingin mencicipi nasi seblak tapi tak bisa pergi ke Warung Upnomal sebenarnya bisa diakali sendiri. Caranya yaitu dengan membeli seblak biasa dari tempat lain lalu memakannya dengan menggunakan nasi dan telur mata sapi yang dibuat sendiri.

4. Seblak Basah Instan Mommy

Seblak Basah Instan Mommy
Seblak Basah Instan Mommy. Sumber foto: Twitter @dsmommy_smg

Saat ini seblak tidak hanya bisa dinikmati dari warung seblak, namun tersedia juga seblak instan yang lebih praktis. Seblak instan bisa dipakai kapanpun dimanapun asalkan ada air  panas untuk menyeduh. Salah satu produk seblak instan adalah Seblak Basah Instan Mommyindo. Ini merupakan produk unggulan dari Mommyindo yang hadir dalam kemasan cup serta memiliki topping yang berbeda sesuai dengan varian rasanya.

Varian rasa yang dihadirkan adalah rasa khas Nusantara yaitu Rasa Original dan Rasa Redang. Seblak instan ini dapat dibeli online dengan harga 11 ribu rupiah per cup untuk Pulau Jawa. Jika belum yakin dengan produk instan, maka produk ini sebenarnya tak jauh berbeda dari produk mie instan dalam cup. Produk seblak instan ini hanya perlu dipanaskan menggunakan air panas secukupnya. Setelah ditunggu selama beberapa menit, seblak instan dapat segera dimakan.

Jika kita buka kemasankan maka kita dapat melihat bahan utama seblak yaitu kerupuk beserta bumbu-bumbu di dalamnya. Bumbunya dibungkus seperti bumbu pada mie instan, terdapat serbuk bumbu perasa sesuai varian, serbuk cabai, minyak, serta pelengkapnya seperti sayuran dan bakso kering.

5. Seblok (Seblak Cilok)

Seblok (Seblak Cilok)
Seblok (Seblak Cilok)

Salah satu inovasi seblak kekinian adalah seblok yaitu seblak cilok. Paduan keduanya ternyata sangat cocok untuk dijadikan santapan. Seblok bisa kita beli dalam bentuk setengah instan jadi tidak perlu repot-repot menyiapkan bumbunya. Kita hanya perlu memasak seblak dengan bumbu yang telah disediakan. Ada beragam varian yang ditawarkan, antara lain seblok siomay batagor, seblok tulang rangu sapi, seblok ceker, seblok iga, seblok jadul, seblok hejo, dan cilok doang. Harganya sendiri tergolong murah yaitu berkisar antara 11 ribu rupiah sampai dengan 27 ribu rupiah.

Selain membeli seblok dengan bumbu instan, sebenarnya kita juga bisa membuatnya sendiri. Atau misalnya kita membeli ciloknya saja tanpa bumbu lalu membuat bumbu seblak sendiri. Bumbu seblak sebenarnya tidak sulit untuk dibuat apalagi bahan-bahannya juga umum ditemukan. Bahan-bahan untuk bumbu seblak antara lain bawang merah, bawang putih, kencur, cabai rawit, cabai merah, garam, serta penyedap rasa. Bumbu tersebut dihaluskan, lalu ditumis sampai mengental.

Facebook Comment

Related Post

Read previous post:
Mau Ikutan Trend Melayang di Langit? Ini Wisata Adrenalin di Bandung

Melayang-layang di udara bisa jadi salah satu keingginan manusia yang sulit terwujud. Meskipun sudah ada pesawat terbang, namun sensasi melayang...

Close