Sendang Ayu Kalasan, Cantik Pemandangannya, Sedap Menu-menunya

Wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja banyak ditemui di Jogja. Tak cukup sehari untuk menjelajahinya, kecuali tak sampai semenit singgah di masing-asing obyek. Kali ini saya membagikan pengalaman menjelajahi wisata kuliner di Kota Gudeg tersebut, yakni di rumah makan apung Sendang Ayu Kalasan.

Saya memilih mampir di rumah makan ini bukan tak lain karena lokasinya mudah dijangkau wisatawan dari luar kota seperti saya. Selain letaknya di jalan utama, warung ini juga mudah dijangkau oleh transportasi umum dari arah Solo maupun dari Jakarta dan Jawa Barat, bahkan dari luar negeri sekalipun.

Bagi Klikers yang berangkat dari arah Solo, warung ini letaknya tak kurang dari 1 kilometer dari Candi Prambanan, tepatnya di Jalan Jogja-Solo Km.15, Prambanan, Sleman. Tak hanya itu, di sekitar rumah makan ini juga bertengger beberapa hotel-hotel mentereng di Jogja.

Adapun letak rumah makan ini di sebelah kanan jalan kalau dari Prambanan, saya harus memotong jalan untuk balik kanan. Sedangkan bagi yang naik transportasi umum bus bisa langsung turun di sekitar lokasi atau jika dari Prambanan, bisa naik trans Jogja arah Stasiun Maguwo atau Bandara Adi Sucipto. Sebaliknya bagi yang datang dari arah barat, bisa turun di Stasiun Tugu maupun Maguwo kemudian oper Trans Jogja tujuan Prambanan, demikian pula yang turun di Bandara Adi Sucipto.

Letak rumah makan ini juga lebih rendah dari badan jalan. Tak mengherankan jika dari jalan sudah terlihat keunikan Rumah Makan Sendang Ayu ini. Nampak dari atas, gazebo-gazebo yang terbuat dari bambu dengan atap ala bangunan khas Joglo berjajar rapih di antara air dan rerimbun pepohonan. Bisa dibayangkan bakal nyaman kalau mampir di sini, apalagi kalau Klikers mengajak keluarga.

Rumah Makan apung Sendang Ayu kalasan

Sabar dulu, untuk menuju gazebo-gazebo yang nyaman itu Klikers harus menyeberangi sungai dengan perahu. Wajarlah, namanya juga warung apung. Hanya dua perahu disediakan di sini, maka pengunjung memang harus sabar. Tak hanya mengantri, Anda pun boleh menjalankan sendiri perahu itu dengan cara menarik tali tambang yang dikaitkan.

Kalau enggak mau repot sih bisa berjalan memutar. Tapi enggak asyik dong kalau enggak naik perahu, apalagi jika Klikers mengajak anak-anak. Pasti suka dehhh..dan tidak bakalan bosan karena bukan hanya perahu, melainkan juga ada playground, lata pancing, serta banyaknya pepohonan.

Rumah makan apung Sendang Ayu Kalasan

rumah makan apung sendang ayu kalasan jogja

Sebelum memilih menu-menu apa saja yang bakal disantap sekenyang-kenyangnya, saya sekeluarga memilih dulu, gazebo mana yang paling pas dan nyaman kami singgahi karena ada berbagai ukuran yang disesuaikan dengan jumlah rombongan. Ada gazebo untuk perorangan, keluarga kecil, keluarga besar hingga rombongan satu bus.

Sendang Ayu tak melulu menyajikan menu ikan, meskipun termasuk restoran apung. Di antaranya adalah sayur asem, oseng-oseng tempe lombok ijo, tempe penyet, ca kangkung, serta varian minuman seperti es degan, es kopyor dan es teler.

Nah, khusus untuk menu ikan, yang menjadi favorit adalah gurami goreng asam manis serta gurami bakarnya. Tapi soal makanan, semuanya serba subyektif alias tergantung selera. Kami waktu itu memilih gurami goreng, sup ikan patin, sayur asem, ca kangkung serta ayam goreng. Kebetulan kami sekeluarga penggemar berat makanan pedas, tak lengkap rasanya kalau si ikan ini tidak ditemani sambal. Ada berbagai sambal pilihan di rumah makan ini, kami memilih sambal terasi, sambal bawang dan sambal tomat.

rumah makan sendang ayu kalasan jogja

Dari beberapa menu yang kami pesan tersebut, saya paling suka dengan sup ikan patin. Selain segar, bumbu menu ini sangat meresap hingga ke tulang-tulang. Jangankan dagingnya, kuahnya saja sangat aduhai jika diseruput sampai habis dan menyisakan tulang-tulangnya. Tak hanya sup patin, gurami goreng yang kami pilih pun ternyata juga tak kalah dahsyatnya karena lezatnya juga sampai ke tulang-tulang.

Salah satu hal yang menyebalkan usai bersantap ria bagi saya adalah rasa kenyang. Saat makan, terlintas dalam benak saya untuk tidak lekas kenyang. Maka saya pun tak banyak-banyak menaruh nasi di piring saya. Nah, setelah nasi habis bersama ca kangkung dan sup patin, saya pun melahap sayur asem. Suegarrr rasanya ditambah lagi dengan es degan.

gurami goreng

sup ikan patin

tahu goreng

pengunjung rumah makan apung sendang ayu kalasan jogja

Untuk makan di warung ini, jangan terlalu khawatir soal harga. Setelah menuju kasir untuk membayar, kami pun sepakat menilai bahwa harga-harga menu di rumah makan ini tidaklah terlalu mahal.

Seperti saya gambarkan di atas, bahwa berwisata kuliner tak melulu soal perut kenyang dan makanan enak, tetapi juga suasana. Rumah makan ini tepat jadi pilihan keluarga karena pada siangnya terasa sejuk. Nah, bagi Klikers yang mau makan malam bersama pasangan, tempat ini lumayan romantis dan artistik dengan rangkaian lampu penerang bak karya instalasi cahaya di atas air, hingga pukul 22.00 WIB. Lantas, kenapa hanya sampai pukul 22.00 WIB???

Ya, karena sudah tutup..

 

(joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *