Serunya Berburu Penang Mural!

Selain banyak obyek wisata yang menarik, yang bisa anda baca di sini, Penang juga terkenal dengan Penang Mural.

Apakah itu Mural?
Mural adalah Street Art alias lukisan di dinding, dan kita bisa menemukan banyak sekali Mural menarik di Penang. Salah satu keseruan wisata di Penang adalah berburu Mural, menjadi kesenangan tersendiri bagi para wisatawan, untuk foto-foto dalam berbagai gaya menyesuaikan dengan lukisan mural yang ada.

Seniman Mural yang banyak melukis dinding di Penang adalah Ernest Zacharevic, seniman muda asal Lithuania ini punya seabrek karya Mural yang bisa kita temukan di George Town, Penang. Idenya yang kreatif dan karyanya yang indah membuat Mural milik Ernest Zacharevic jadi spot favorit untuk berfoto ria. Jadi kalau sedang jalan-jalan di Penang lalu menemukan kerumunan orang dan antrian tidak jelas, hhhmmm.. sepertinya ada Mural di sana!

Mural 01
Little Children on a Bicycle

Salah satu Mural di Penang yang paling terkenal milik Ernest Zacharevic, berjudul “Little Children On a Bicycle” yang terletak di Armenian Street. Mural yang satu ini memadukan antara lukisan dinding dengan sepeda antik betulan. Banyak wisatawan yang senang berfoto di sini, dengan pose pura-pura mendorong sepeda, ikutan duduk di sepeda, bahkan tertabrak sepeda. Seru sekali!

boy on a bike
Boy on a Bike

Mural milik Ernest Zacharevic yang tidak kalah menarik adalah “Boy on a Bike” yang terletak di Ah Quee Street, tidak jauh dari mural pertama tadi. Mural yang satu ini digambar di pintu kayu lama, lengkap dengan motor jadoel beneran, boleh lho foto sambil numpang duduk di atas motornya.

Lihat penampakan monster kartun lucu di Mural di atas?
Ternyata itu adalah bagian dari mural lain yang berjudul “Little Boy with Pet Dinosaur” hehehe… asik banget yak, di sana sini ada Mural!

Little Boy with Pet Dinosaur
Little Boy with Pet Dinosaur

Keunikan Penang Mural bisa kita lihat dari media gambarnya, jadi street art ini bukan dilukis di atas dinding yang mulus putih bersih, melainkan di dinding yang relatif tua dan rusak. Di sanalah terletak nilai artistik dan estetika dari Mural di Penang yang mungkin tidak bisa kita temukan di tempat lain.

Children in a Boat
Children in a Boat

Nah, untuk rumah yang terletak di Chew Jetty daerah pinggir laut, Ernest Zacharevic punya tema yang sesuai, “Children in a Boat”, lukisan 2 orang anak kecil yang sedang bermain di atas sampan plus seekor kucing peliharaan mereka, ciamik!

Mural 07
Brother & Sister on the Swing

Mau main ayunan sama kakak beradik yang lucu ini? Silahkan mampir deh ke Step by Step Lane, temukan Mural “Brother and Sister on the Swing” karya Louis Gan. Yuk maen ayunan sambil foto-foto sepuasnya!

i want bao
I want Bao

Saking nge-trend nya Mural, toko-toko setempat juga melukis Mural di dinding toko, seperti mural cantik berjudul “I Want Bao” yang terdapat di Pastry Shop Ming Xiang Tai. Tentunya ini juga merupakan salah satu strategi marketing toko untuk menarik wisatawan berfoto sekaligus belanja di tokonya.

the lucky cat
Love Me Like Your Fortune Cat

Dan kita juga bakal nemuin banyak mural bergambar kucing di seantero Penang, diantaranya ada Mural “Love Me Like Your Fortune Cat” di Armenian Street dan Mural “Cat Procession” di Cheah Kongsi , yang merupakan bagian dari 101 Lost Kittens project yang digadangkan oleh seniman lokal yang tergabung dalam ASA (Artists for Stray Animals).

cats procession
Cats Procession

Ini hanyalah sebagian kecil dari begitu banyak mural cantik dan fenomenal di Penang, masih ada seabrek Mural lain yang tidak kalah menarik? Ayo.. jadi penasaran kan?

Buruan book tiket pesawat dan hotel anda di sini!
Mari kita berburu Mural di Penang!

 

(helenysm ~ helen yang suka makan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *