Sudah ke 6 Tempat Wisata Baru di Bandung Ini?

Tak dapat dipungkiri bila Kota Bandung adalah salah satu daerah wisata terbaik di Jawa Barat. Tak hanya terkenal dengan wisata kulinernya, Bandung pun memiliki banyak tempat rekreasi yang mampu menyedot wisatawan dari berbagai kota. Bagi Anda yang sedang mencari referensi tempat rekreasi baru di Bandung untuk dinikmati bersama keluarga, berikut 6 tempat wisata baru di Bandung yang bisa menjadi pilihan Anda:

1.    Pramestha Bird & Bromelia Pavilion

Bird & Bromelia Pavilion

Bagi Anda yang ingin mengajak putra/putri Anda untuk mempelajari kehidupan satwa, maka Anda wajib untuk mengunjungi tempat wisata baru di Bandung yang satu ini. Bird & Bromelia Pavilion adalah tempat wisata edukasi dengan konsep bird park.

Bird & Bromelia Pavilion ini berada di dalam kawasan Pramestha Resort Town yang merupakan kawasan resort terpadu di Bandung Utara. Bird & Bromelia Pavilion ini memiliki sekitar 600 ekor burung. Burung-burung ini tentunya tidak ditempatkan dalam sangkar, namun dalam aviari sehingga mereka dapat terbang bebas. Bird & Bromelia Pavilion ini juga terbagi dalam 5 zona, yaitu: zona burung parkit, zona burung nuri, zona burung darat, zona unggas air, dan zona burung kicau. Para pengunjung tentunya dapat berinteraksi, memberi makan, dan berfoto bersama burung-burung ini.

Day n Nite Eatery & Groceries

Anda juga dapat menikmati keindahan alam dan taman-taman dengan aneka tanaman yang cantik. Anda juga dapat menikmati wisata kuliner di “Day n Nite Eatery and Grocery” dan di “Buffy Drink n Fun”. Pramestha Bird & Bromelia Pavilion ini berlokasi di Jalan Akaza Utama no. 9 Pramestha Resort Town Dago Giri, Bandung. Buka setiap hari pukul 09.00 – 17.00.

2.    Dago Dream Park

(pic: @dagodreampark)

Satu lagi tempat wisata baru di Bandung yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Dago Dream Park berlokasi di Jl Dago Giri Km 2,2, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Mekarwangi, Lembang. Posisinya adalah sebelum Lawangwangi Creative Art Space.

(@dagodreampark)

Di Dago Dream Park ini, Anda dan keluarga dapat menikmati berbagai wahana permainan. Ada permainan perahu kora-kora seperti di Dufan, berkuda, memancing, perahu dayung, cho cho train, pine house (arena bermain anak), Geared Up (arena bersepeda), perahu tangan, dan juga flying fox. Di Dago Dream Park ini, Anda dapat menikmati panorama pohon-pohon pinus di kawasan perbukitan dan juga menikmati sejuknya hawa khas pegunungan. Anda juga dapat melihat patung Sangkuriang dan Dayang Sumbi yang menjadi salah satu ikon dari Dago Dream Park. Ada juga rumah-rumah joglo yang akan membuat Anda merasa sedang berada di Jogjakarta dan jembatan besar dari kayu dengan patung-patung yang mengingatkan Anda akan Bali.

(@dagodreampark)

Anda pun tak perlu repot-repot membawa bekal karena terdapat banyak jajanan di Dago Dream Park ini. Untuk dapat bersenang-senang di Dago Dream Park, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang. Tiket parkir mobil adalah Rp 10.000,00 sementara motor sebesar Rp 5.000. Karena masih dalam tahap pembangunan, untuk sementara Dago Dream Park ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu.

3.    Wot Batu

Wot Batu

Inilah tempat wisata baru di Bandung yang sangat digemari pencinta seni dan penikmat fotografi. Klikers pastilah sudah mengenal Selasar Sunaryo Art Space. Nah, Wot Batu (Jembatan Batu) ini adalah instalasi seni berupa taman batu ala Stonehenge yang juga merupakan karya seniman Sunaryo.

(pic: sikucingmanis.wordpress.com)

Para pencinta seni (dan juga seniman) dapat menikmati dan merenungkan setiap makna yang terkandung dalam setiap tumpukan batu yang tertata dengan artistik di Wot Batu ini. Menurut perupanya, Wot Batu ini memiliki makna spiritual “jembatan menuju kehidupan”. Batu tak hanya sekedar material bumi, namun juga sebagai alat spiritual manusia dan alat mediasi. Bagi mereka yang tidak paham seni, tempat ini asyik banget untuk foto-foto. Hahaha. Di Wot Batu ini, Anda juga akan disuguhi pemandangan Kota Bandung nan indah.

Untuk menikmati keindahan Wot Batu ini, Anda perlu membayar tiket seharga Rp 50.000,00. Anda juga harnya boleh berfoto dengan menggunakan kamera handphone. Anda juga wajib untuk melepas sepatu jika ingin menginjak rumput. Di Wot Batu ini tidak ada cafe, namun jika Anda lapar atau haus, Anda tinggal melenggang menuju kafe yang terletak di Selasar Sunaryo Art Space yang letaknya berdekatan dengan Wot Batu. Wot Batu ini berlokasi di Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Buka pukul 10.00-18.00 (tutup setiap Senin).

Baca juga: Kulineran di 7 Art Gallery Cafe di Bandung

4.    Upside Down World Bandung

Upside Down World Bandung

Tak mau ketinggalan dengan Bali dan Jogjakarta, Bandung pun kini punya Upside Down World. Tempat wisata baru di Bandung ini buka pada Oktober 2016 dan langsung menjadi favorit para penggila foto. Upside Down World ini merupakan obyek wisata foto dengan konsep rumah terbalik. Furniture yang seharusnya berada di lantai kini menempel di langit-langit. Lebih uniknya lagi, Upside Down World ini menggunakan furniture dan alat-alat rumah tangga sungguhan, lho! Anda bisa menghasilkan foto-foto di mana Anda kelihatan seolah melayang atau jungkir balik. Tak perlu khawatir Anda akan mengalami kebingungan mengambil best angle foto karena staff Upside Down World selalu siap membantu Anda untuk mengambil foto terbaik.

Upside Down World Bandung ini berlokasi di Jalan H.Wasid No 31, Lebakgede, Coblong Kota Bandung. Lokasinya dekat dengan Jl Dipati Ukur. Upside Down World Bandung ini buka setiap hari pukul 10.00 – 20.00. Tiket masuk untuk orang dewasa adalah Rp 100.000,00 dan untuk anak-anak (di bawah 120 cm) sebesar Rp 50.000,00.

5.    Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata

Nama tempat wisata baru di Bandung yang satu ini tentunya mengingatkan kita akan Pulau Dewata alias Bali. Tapi, Taman Lembah Dewata ini sungguh ada di Bandung, lho! Nama Lembah Dewata ini diberikan karena konon tempat ini menjadi persemayaman dewa-dewa yang menyuburkan tanah di daerah itu. Taman Lembah Dewata ini berada di area lembah di kawasan Lembang, tepatnya di Jl Raya Tangkuban Perahu Km 3,7, Kabupaten Bandung Barat. Taman Lembah Dewata ini bisa menjadi alternative wisata bagi Anda. Tempat ini merupakan sebuah lembah besar di antara pegunungan hijau, perkebunan, dan hutan. Di sini terdapat sebuah telaga dengan air yang jernih. Sangat asyik untuk menenangkan pikiran dan menyejukkan hati dari berbagai kepenatan.

6.    Amazing Art World Bandung

Amazing Art World Bandung (@amazingartworld.bandung(

Inilah tempat wisata baru di Bandung yang lagi nge-hits banget di media sosial! Amazing Art World merupakan tempat wisata foto unik dengan konsep museum 3D. Di sini, kita dapat berfoto dengan ratusan lukisan 3D. Amazing Art World cabang Bandung yang memiliki luas 15.500m2 ini diklaim sebagai museum 3D terbesar di Indonesia.

(@amazingartworld.bandung)

Amazing Art World ini terbagi menjadi delapan zona, yaitu: History Zone, Aqua Zone, Dinosaurus, Zone, Animal Zone, Artistic Zone, Living Zone, Media Zone, Main Hall, Fantasy Zone, Love Zone dan Winter Zone. Museum 3D ini melibatkan 15 pelukis di mana 10 di antaranya adalah para pelukis Braga dan 5 pelukis lainnya didatangkan langsung dari Korea. Selama berfoto-foto di Amazing Art World Bandung ini, para pengunjung tidak boleh menggunakan alas kaki. Sedikit tips: pamerkan ekspresi dramatismu untuk menghasilkan foto-foto terbaik!

(@amazingartworld.bandung(

Amazing Art World Bandung berlokasi di Jalan Setiabudi No 293, Bandung. Buka setiap hari pukul 09.00 – 21.00. Harga tiket Rp 130.000 (umum), Rp 100.000 (pelajar) dan Rp 80.000 (anak). Sementara harga tiket masuk untuk Sabtu dan Minggu adalah Rp 170.000 (umum), Rp 130.000 (pelajar) dan anak-anak Rp 100.000 (anak).