Surga tersembunyi Pulau Wakatobi

WAKATOBI, pernahkah kalian mendengar nama pulau ini? Wakatobi adalah bagian pulau dan surga yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara. Pertama saya pikir Akan membutuhkan usaha yang cukup sulilt untuk mencapai pulau surga Wakatobi ini. Tetapi ternyata saya salah, akses menuju pulau Wakatobi kini cukup mudah. Oh Ya Guys, sebelum kalian berpetualang ke pulau Wakatobi, kalian harus tau, Wakatobi itu adalah gabungan nama dari 4 pulau yang ada di Sulawesi tenggara yaitu pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Rute Transportasi

1) Rute Penerbangan

Berikut Rute Penerbangan menggunakan transportasi udara yang bisa kalian pilih:

  • JAKARTA-MAKASSAR–WAKATOBI Untuk keberangkatan dengan pesawat, kalian dapat terbang ke Makassar dengan pesawat paling pagi dari Jakarta atau Kota lainnya, kemudian transit di Makassar, dan melanjutkan penerbangan kalian menggunakan Lion Wings Air menuju Bandara Matahora di Wakatobi Pulau Wangi Wangi dengan jadwal keberangkat setiap hari.

  • JAKARTA – KENDARI – WAKATOBI Rute lain yang dapat kalian pilih adalah melaui Kendari. Penerbangan dari Kendari menuju wakatobi juga tersedia dengan keberangkatan setiap Hari.

2) Rute Laut

Berikut Rute perairan menggunakan transportasi laut yang bisa kalian pilih:

  • Untuk menggunakan jalur laut, kalian dapat menggunakan kapal Pelni dari Jakarta ke Bau-Bau. Moda transportasi ini relatif lebih murah, namun memang makan waktu lebih lama. Setelah kapal sandar di Bau-Bau, Kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Wangi-Wangi dengan menggunakan kapal cepat yang hanya memakan waktu 3-4 jam.

Pulau Wangi – Wangi

Ibu Kota Wakatobi adalah Wanci yang ada di pulau Wangi-Wangi. Untuk kalian yang mau bermain dan berpetualang di pulau ini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada disini. Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di Kota Wanci seperti hotel, rumah sakit, dan juga ATM. Fasilitas di pulau ini lebih lengkap dibandingkan dengan ke 3 pulau lainnya yang ada di Wakatobi yaitu Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Wanci merupakan ibukota yang cukup ramai dan aktif dengan kegiatan masyarakatnya. Untuk kalian yang berencana untuk menginap di Wangi Wangi, ada beragram pilihan penginapan. Selain penginapan untuk backpacker dengan harga yang cukup terjangkau, ada juga pilihan menginap di resort. Salah satu resort yang ada disana yaitu Ressort Patuno. Ressort Patuno ini memiliki fasilitas yang memuaskan dan pemandangan disekitar resort yang luar biasa indah. Ressort Patuno ini dekat dengan laut, Bayangkan saja ketika kalian bangun dari tempat tidur dan langsung melihat pemandangan laut yang tenang dan jernih didepan mata kalian. Ressort Patuno hanya berjarak sekitar 15 menit dari bandara dengan menggunakan kendaraan. Di Patuno Resort Wakatobi harga per malam berkisar antara Rp. 575.000 hingga Rp. 1.750.000. Harga ini sepadan dengan segala fasilitas yang di sediakan oleh Patuno Resort Wakatobi. Tapi buat kalian yang mau backpacker atau kondisi buget yang pas-pasan, kalian bisa juga menginap dirumah penduduk dengan harga yang lebih terjangkau dan bersahabat. Satu lagi yang kalian harus tau, penduduk asli dan pemuda lokal disini semuanya ramah dan baik hati.

Patuno Resort

Bangunan Patuno Resort
Bangunan Patuno Resort. Sumber foto: Reagen Nc
Suasana di Patuno Resort
Suasana di Patuno Resort. Sumber foto: Reagen Nc
Indahnya sunset yang bisa kita lihat di Patuno Resort
Indahnya sunset yang bisa kita lihat di Patuno Resort. Sumber foto: Reagen Nc

Berikut adalah beberapa photo pemandangan dan bentuk kamar di Ressort Patuno. Patuno Resort Wakatobi memiliki bangunan yang berbeda dari yang lainnya. Jika resort yang lain mengunggulkan kemewahan dan bangunan yang modern, Patuno justru menawarkan penginapan dengan suasana sangat membumi namun tetap nyaman. Patuno Resort Wakatobi, juga telah melengkapi fasilitas-fasilitas modern seperti wifi, televisi dan juga pendingin ruangan untuk memaksimalkan kenyamanan pengunjung.

Pemandian Kontamale

Jernihnya air di Pemandian Kontamale
Jernihnya air di Pemandian Kontamale. Sumber foto: Instagram @her_journeys

Kalian harus tau di pulau ini terdapat Pemandian yang luar biasa unik dan airnya jernih sekali yaitu pemandian Kontamale. Pemandian ini termasuk salah satu destinasi wisata yang terkenal di Pulau Wangi Wangi. Pemandian Kontamale berasal dari kata Konta yang artinya Pegang dan Male yang berarti Luntur. Jadi maksudnya adalah siapa yang ingin berbuat jahat di Gua ini, maka niatnya Akan luntur.

Salah satu keistimewaan pemandian Kontamale ini adalah letaknya yang cukup strategis. Jarak pemandian Kontamale dari jalan raya hanya sekitar 100 meter saja, sehingga wisatawan tak perlu jauh-jauh melewati perjalanan yang jauh dan melelahkan. Pemandian Kontamale ini terbentuk di antara ceruk Goa Karang Wanci dan Sombu, kondisi air nya sangat jernih dan berwarna biru khas seperti halnya keindahan bawah laut Wakatobi.

Masuk ke dalam, terihat beberapa bagian gua yang asri dan rindang dinaungi oleh pohon-pohon yang besar sehingga membuat Gua ini menjadi teduh. Hal inilah yang membuat setiap pengunjung betah berlama-lama dan menikmati suasana di Gua ini. Untuk memasuki pemandian umum kontamale ini, kalian tidak akan dipungut biaya.

Keindahan coral di bawah laut Sombu Dive

Keindahan coral di bawah laut Sombu Dive. Sumber foto:

Snorkling di Sombu Dive
Snorkling di Sombu Dive. Sumber foto: Instagram @amalhermawan27

Restoran Sombu Dive ini sangat unik dan keren banget. Posisi restoran ini ada diatas laut. Jadi bayangkan saja ketika Kalian makan ditemani oleh hamparan laut yang tenang dan sangat jernih di depan mata kalian.

Di sini kalian bisa harus mencoba makan khas wakatobi yaitu Kasuami, makanan pokok pengganti nasi. Bentuknya menarik, seperti tumpeng, tapi dalam bentuk mini dan terbuat dari ubi jalar yang diparut. Rasanya gurih dan padat di mulut. Dan jangan lupa juga untuk mencoba Ikan Parende. Ikan yang digunakan sebagai bahan dasar adalah ikan Pelagis, Kakap, atau Tenggiri Makanan ini adalah makanan khas Wakatobi, rasanya luar biasa enak dan unik!! Sebagai makanan penutup kalian bisa mencoba es kacang merah. Keunikan dari es kacang merah ini adalah tambahan kayu manis untuk menambah aroma dan rasa menjadi lebih nikmat. Kalian wajib mencobanya!! Restaurant Sombu Dive ini wajib kalian datangi ketika kalian tiba di Wangi Wangi, selain karena pemandangan dan masakannya yang sangat enak, pelayanan disini pun sangat memuaskan.

Ini dia, setelah kalian kenyang menyantap nikmatnya makanan direstoran ini, kalian bisa langsung snorkeling disini guys. Kalian bisa bermain air di jembatan Sombu Dive ini juga.

Pantai Cemara

Panorama Pantai Cemara
Panorama Pantai Cemara. Sumber foto: Reagen Nc

Setelah selesai makan di restoran Sombu Dive kini kalian bisa langsung menuju pantai Cemara. Pemandangan pantai ini sungguh luar biasa, kalian bisa terkagum – kagum melihat indah dan jernihnya air laut di pantai ini.

Lokasi Pantai Cemara ini dekat dengan desa Waha dan estimasi jaraknya sekitar 7 km dari pusat kota Wanci. Oh ya guys kalian harus tau asal usul kenapa pantai ini namanya pantai cemara yaitu karena disekitar pantai ada pohon cemaranya. Biasanya pantai dipenuhi oleh pohon kelapa, nah di pantai ini ada pohon cemara meskipun jumlah pohon cemara tidak terlalu banyak. Di pantai cemara ini selain kalian bisa duduk santay di pasir putih sambil memandangi deburan ombak dan lautannya yang lepas, kalian bisa snorkling dan diving juga lho, disini kita bisa menyewa alat snorkeling  lengkap dengan harga Rp. 100.000 ( Gogle, Fins, dan Swimsuit ) dan diving di dive center. Kalau kalian ga mau snorkeling, kalian bisa juga kok duduk santai di tepi pantai sambil menikmati kelapa muda yang baru dipetik dari pohonnya langsung ke bapak-bapak penunggu disana seharga Rp. 5.000 per butir kelapa.

Pasar Malam Wanci

Suasana Pasar Malam Wanci
Suasana Pasar Malam Wanci. Sumber foto: Reagen Nc
Sate ikan Cakalang
Sate ikan Cakalang. Sumber foto: Reagen Nc
Sate ikan Cakalang
Sate ikan Cakalang. Sumber foto: Reagen Nc
Sate ikan Cakalang
Sate ikan Cakalang. Sumber foto: Reagen Nc

Sate ikan Cakalang. Sumber foto: [/caption]

Di pulau ini bukan hanya lautnya yang sangat indah tetapi aktivitas Kota di malam harinya juga yang harus kalian kunjungi. Akitivitas malam hari ini adalah sebuah pasar malam yang sangat menarik di Kota Wangi Wangi, pasar ini berada di dekat alun-alun kota.

Kondisi lingkungan pasar malam Wanci lumayan bersih dan yang dijual di pasar ini kebanyakan adalah hasil laut. Kuliner yang ditawarkan tentunya makanan khas Wakatobi, seperti kasuami, sate ikan cakalang, kerang, belut, bulu babi dan berbagai jenis jajanan pasar yang unik dan lezat. Harga makanan di pasar ini semuanya sangat terjangkau.

Salah satu makanan yang harus kalian coba adalah Sate ikan Cakalang, kalian hanya perlu merogoh kocek Rp 7.000 / tusuk. Satu tusuk terdiri dari banyak potongan ikan yang segar. Jangan lupa juga kalian mencicipi nasi bambu atau luluta. Luluta memiliki rasa yang gurih, karena dibuat dari beras putih atau beras merah dan santan yang dimasukan ke dalam bambu, kemudian dibakar hingga matang.

Nah Buat kalian yang ingin berpetualang ke pulau Wakatobi tapi masih bingung dan butuh informasi yang lebih jelas mengenai pulau ini, kalian bisa langsung hubungi kita melalui nomor / WA di 085956757456.

Dan buat kalian para Travelers yuu sharing pengalaman petualangan kalian ke akun instragram kita @travemate.co dengan hastag #travemate, dan jangan lupa untuk follow kita TravemateJ. Kita sebar luaskan seluruh Surga indah yang ada di Indonesia kepada seluruh Warga Indonesia tercinta ini.

One Comment

Comments are closed.